Bagaimana Sifat Bandung Bondowoso Dalam Cerita Legenda Candi Prambanan?

Jawaban: Sifat / watak Bandung Bondowoso : Kuat, gagah, sakti, dan sombong. Kejam. Rakus atau semaunya.

Watak apa saja yang dimiliki oleh tokoh dalam legenda Candi Prambanan?

Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang, Raja Pengging, dan Prabu Baka.

Apa watak tokoh Roro Jonggrang?

6: Watak : – Roro Jonggrang : Licik, Tidak suka menepati janji. – Bandung Bondowoso : Kejam, Suka memerintah. Karena Roro Jonggrang tidak mencintai Bandung Bondowoso, ia memerintah para dayang untuk memakar jerami agar para jin mengira pagi sudah tiba.

Apa yang dilakukan Bandung Bondowoso terhadap Rara Jonggrang?

Karena tidak terima disebut kalah, Bandung Bondowoso lalu meminta Roro Jonggrang menjadi candi ke seribu. Dengan kesaktiannya, ia mengubah Roro Jonggrang menjadi patung batu. Patung Roro Jonggrang lalu melengkapi jumlah candi menjadi seribu buah.

Siapa Bapak Raden Bandung Bondowoso?

Sedangkan ayah Bandung Bondowoso adalah Raden Darmamaya, dan ibunya adalah Dewi Rarasati.

Apa watak Prabu Baka?

Seperti yang dihimpun Semarangpos.com dari Youtube channel Dongeng Kita, Senin (22/6/2020), Ada raja berwujud raksasa dengan nama Prabu Baka. Ia adalah pemimpin yang tamak, rakus, dan suka berlaku kasar kepada rakyatnya.

You might be interested:  Pertanyaan: Rs Di Surabaya Yang Menerima Bpjs?

Apa yang kamu ketahui tentang tokoh dalam cerita Candi Prambanan?

f. Tokoh utama cerita tersebut adalah Bandung Bondowoso, sedangkan tokoh pendukungnya adalah Roro Jonggrang, Raja Pengging, Prabu Baka, dan perempuan di sekitar Prambanan. g. Cerita tersebut berakhir dengan Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca dan perempuan di sekitar Prambanan menjadi prawan tua.

Bagaimana watak tokoh Bandung Bondowoso dalam cerita Roro Jonggrang?

Kutipan : “Bandung Bondowoso adalah seorang raja yang gagah, sakti, sombong, dan arogan.” Kutipan : “Dengan suara bergetar ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi yang ke- 1.000.”

Siapa tokoh tokoh yang terdapat dalam cerita Roro Jonggrang?

Tokoh dalam Cerita Roro Jonggrang

Setelah kamu membaca cerita di atas, kamu pasti bisa menebak tokoh utama pada bacaan berjudul Roro Jonggrang, yaitu Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Sementara itu, tokoh tambahan pada pada bacaan berjudul Roro Jonggrang adalah Bi Sumi, para dayang, dan pasukan jin.

Siapa tokoh tokoh dalam cerita Roro Jonggrang?

Tokoh utama pada cerita Roro Jonggrang adalah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Bi Sumi. Para dayang. Pasukan jin.

Apa yang dilakukan Bandung Bondowoso untuk membangun candi dalam waktu semalam?

Roro Jonggrang meminta untuk dibuatkan 1000 candi dalam waktu semalam saja. Tidak disangka, Bandung Bondowoso menyanggupi untuk membuatkan 1000 candi. Dengan kesaktiannya dan bantuan dari makhluk gaib dari bangsa Jin, Bandung Bondowoso hampir berhasil membangun 1000 candi sesuai permintaan Roro Jonggrang.

Apakah 2 permintaan Roro Jonggrang kepada Bandung Bondowoso?

Mulanya, Roro Jonggrang memberikan dua syarat kepada Bandung Bondowoso untuk bisa menikahinya. Syarat yang pertama, pemuda itu harus mendirikan Sumur Jalatunda dan yang terakhir harus membangun seribu candi dalam semalam.

You might be interested:  Fauna Yang Dimiliki Negara Malaysia Adalah?

Mengapa Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca?

Bandung Bondowoso sangat terkejut dan marah menyadari usahanya telah gagal. Dalam amarahnya, Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah arca untuk melengkapi sebuah buah candi yang belum selesai. Batu arca Roro Jonggrang diletakkan di dalam ruang candi yang besar.

Siapa nama ayah Roro Jonggrang?

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, nama ayah roro jonggrang adalah prabu baka.

Kenapa namanya Bandung Bondowoso?

Ilmu kanuragan keduanya sama-sama tinggi. Bondowoso akhirnya kalah dan terbunuh. Ia meminta izin agar rohnya menyatu dalam tubuh Joko Bandung dan menginginkan namanya digabung dengan Joko Bandung. Pemuda itu sepakat dengan nama barunya, Bandung Bondowoso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Jurusan Yang Sepi Peminat Di Uin Bandung?

Jurusan fisika dari fakultas sains dan teknologi merupakan jurusan UIN Bandung yang sepi peminat, sebab hanya memiliki sekitar 58 peminat. Tetapi, jurusan ini ternyata memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Perusahaan BUMN atau swasta selalu membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Contents1 Berapa biaya kuliah di UIN Bandung?2 Jurusan di UIN Bandung apa saja?3 Administrasi Publik UIN […]

Pasar Yang Ada Di Bandung?

Pasar di Bandung yang Disuplai 11 Provinsi Di Jalan Soekarno Hatta Bandung (Kopo) Bandung ada Pasar Induk Caringin. Pasar yang dibangun oleh pihak swasta ini adalah salah satu pasar terbesar di kota ini. Pedagang pasar di sini pindahan dari Pasar Ciroyom. Contents1 Berapa banyak pasar tradisional di Bandung?2 Bagaimana lokasi pasar malam dibandung?3 Apa saja […]

Adblock
detector