Pertanyaan: Mengapa Pada Awalnya Nenek Moyang Bangsa Indonesia Memilih Tinggal Di Gua Pinggir Sungai Dan Pantai?

Karena dengan tinggal di gua mereka dapat memperoleh tempat yang aman dari serangan binatang buas dan dari hujan maupun panas matahari. Alasan mereka tinggal di pinggir sungai adalah untuk memenuhi kebutuhan akan makanan, karena di sungai banyak terdapat ikan.

Kenapa nenek moyang kita memilih tinggal di gua?

Pada awalnya, teknologi yang dikuasai masyarakatnya masih sangat terbatas dan belum mampu mendirikan tempat tinggal atau rumah, sehingga tinggal di gua menjadi pilihan. Selain itu, alasan manusia purba memilih gua sebagai tempat tinggalnya adalah untuk menghindari cuaca buruk, seperti hujan dan badai.

Apakah nenek moyang bangsa Indonesia lebih memilih tinggal di daerah pantai dan muara sungai?

ya, karena pantai atau daerah sungai banyak memuat manfaat yang banyak. karena untuk kehidupan sehari hari lebih mudah dijalani saat dekat pantai atau sungai.

You might be interested:  FAQ: Barang Yang Perlu Dibawa Saat Ke Pantai?

Mengapa nenek moyang bangsa Indonesia pada awalnya tinggal di tepi tepi sungai ataupun di ceruk ceruk gua?

Jawaban pendek: Manusia purba memilih gua sebagai tempat tinggal karena gua memberikan perlindungan bagi manusia purba dari cuaca dan juga dari binatang buas. Manusia purba lebih banyak memilih tinggal di tepi sungai karena tepian sungai menyediakan air untuk minum dan sumber makanan bagi manusia purba.

Kenapa mereka lebih memilih tempat tinggal di dataran rendah dan dekat dengan sumber air?

Manusia praaksara memilih tempat tinggal di daerah dataran rendah karena mudah mencari makanan, mudah mencari air, dan suhunya tidak terlalu tinggi sehingga nyaman untuk menjadi tempat tinggal.

Dari mana asal usul nenek moyang bangsa Indonesia?

Nenek moyang Indonesia berasal dari daerah Campa, Cochin China, Kamboja, dan Tiongkok Selatan. Mereka termasuk rumpun bangsa Austronesia yang terdiri dari ras Mongoloid dan ras Austro Melanosoid.

Apa motif utama manusia purba tinggal di gua gua dekat sumber air?

Manusia purba, utamanya yang hidup pada masa berburu, menjadikan gua sebagai tempat tinggal karena beberapa alasan di antaranya untuk melindungi diri dari serangan hewan buas, melindungi diri dari hujan, badai dan petir.

Mengapa manusia purba tinggal dekat dengan sumber air?

binatang binatang buruan selalu berkumpul dekat sumber air. banyak terdapat tumbuhan dan tanaman yang dapat dimakan. meraka hidup tergantung pada ikan di sungai.

Bagaimana nenek moyang bangsa Indonesia pada masa praaksara memilih tempat tinggal mereka?

Pertama, mereka memilih tinggal dekat dengan sumber air karena air merupakan kebutuhan manusia yang amat sangat penting, mulai dari sebagai kebutuhan jasmani hingga mobilitas dari satu tempat ke tempat lain. Kedua, mereka lebih memilih hidup di alam terbuka.

You might be interested:  Tanya pembaca: Yang Biasa Dilakukan Di Pantai?

Pola kehidupan dimana manusia sudah terorganisir dan berkelompok menetap di suatu wilayah disebut?

Sedenter adalah pola hidup menetap, yaitu pola kehidupan di mana manusia sudah terorganisir dan berkelompok serta menetap di suatu tempat. Mata pencahariannya bercocok tanam serta sudah mulai mengenal norma dan adat yang bersumber pada kebiasaan-kebiasaan.

Periode zaman praaksara dimana masyarakatnya bertahan hidup dengan berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana dikenal dengan istilah?

Sesuai zamannya, kehidupan zaman ini masih sederhana. Zaman ini dikenal istilah kehidupan nomaden atau berpindah – pindah tergantung dimana sumber makanan atau buruan berada, sehingga cara hidup manusia pada zaman itu hanya berburu dan mengumpulkan makanan (food gathering).

Pada zaman apa manusia memiliki tradisi hidup berpindah-pindah?

Masa berburu dan mengumpulkan makanan Manusia purba pada masa ini selalu berpindah – pindah (nomaden) karena tidak punya tempat tinggal tetap. Untuk mencari tempat-tempat yang menyediakan banyak bahan makanan. Manusia purba mengumpulkan makanan yang tersedia di alam, tanpa mengolah atau menanam lebih dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Tanya pembaca: Baju Yang Pantas Untuk Ke Pantai?

Contents1 Baju apa yang pantas untuk ke pantai?2 Hari apa yang bagus untuk ke pantai?3 Apa saja yang dibawa untuk ke pantai?4 Apakah jumpsuit cocok untuk ke pantai?5 Apakah ke pantai tidak boleh memakai baju hijau?6 Apa saja yang harus dibawa saat liburan ke pulau?7 Mengapa sebaiknya pergi ke pantai dilakukan saat cuaca cerah?8 Apa […]

Jawaban Cepat: Yang Harus Dibawa Ke Pantai?

Berikut barang yang wajib dibawa saat liburan ke pantai. Bawa Krim Pelindung Kulit. Source: flickr.com. 2. Topi dan Sunglasses. Source: pxhere.com. Perlengkapan Renang. source: pxfuel.com. Perlengkapan Mandi. source: simplybodysoapnet.com. Gunakan Pakaian Berbahan Tipis. 6. Sandal Jepit. 7. Kain Pantai. 8. Dry Bag. • Contents1 Apa saja yang dibawa ke pantai?2 Bulan apa yang cocok untuk […]

Adblock
detector