Mengapa Memasak Air Di Pegunungan Lebih Cepat Mendidih Daripada Di Pantai?

Waktu yang diperlukan untuk memasak air hingga mendidih di dataran tinggi lebih cepat dibandingkan dengan mendidihkan air di daerah dataran rendah, karena titik didih air dipengaruhi oleh tekanan udara di atas permukaan zat cair.

Manakah lebih cepat mendidih memasak air di gunung atau di laut dengan asumsi menggunakan api atau kalor yang sama dan volume air yang sama?

Ans: Air lebih cepat mendidih di pegunungan yang tinggi.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Pantai Yang Ada Di Palembang?

Mengapa titik didih air di gunung berbeda dengan titik didih air di pantai?

Air yang dididihkan di daerah dataran tinggi atau pegunungan cenderung lebih cepat mendidih ketimbang air yang dididihkan di daerah dataran rendah atau daerah pantai karena adanya perbedaan tekanan udara luar antara kedua daerah tersebut.

Mengapa di daerah pegunungan air mendidih pada suhu kurang dari 100 derajat Celcius?

di daerah pegunungan air mendidih dengan suhu lebih kecil dari 100 derajat, karena tekanan udara didaerah pegunungan lebih kecil dari pada di daerah pantai. sehingga ada penurunan titik didih.

Jelaskan apa yang menyebabkan kalau memasak air di Kota Bandung akan mendidih dibawah suhu 100 derajat Celcius?

tekanan udara di pegunungan lebih rendah,Tekanan udara dipengaruhi oleh kerapatan udara. Jika tekanan udara besar maka kerapatan udara menjadi besar pula. Jadi air akan cepat mendidih di daerah pegunungan dikarenakan titik didih di pegunungan < 100 derajat Celcius.

Manakah yang lebih cepat merebus telur dalam panci terbuka berisi air mendidih a di puncak gunung yang tinggi atau b di pantai?

Jadi, jawabannya merebus telur di pantai lebih cepat matang karena pada tekanan 1 atm dan suhunya lebih tinggi.

Manakah yang memiliki titik didih lebih tinggi air murni atau air laut?

Air laut akan memiliki titik didih lebih tinggi dibanding air murni, karena kandungan garam terlarut di air laut menyebabkan kenaikan titik didih. Pendahuluan: Ketika suatu pelarut dimasuki oleh zat lain terlarut akan terjadi perubahan titik didih dan titik beku.

Mengapa titik didih air di puncak gunung lebih rendah jika dibandingkan dengan titik didih air didataran rendah?

Jawaban: Karena tekanan udara luar untuk daerah tinggi memang lebih rendah dibandingkan di daerah dataran rendah, sehingga molekul air lebih mudah terlepas ke udara menjadi uap (mendidih). Karena titik didih di dataran tinggi lebih rendah, maka air akan lebih cepat mendidih.

You might be interested:  FAQ: Yang Termasuk Pantai Selatan Jawa?

Apa yang dimaksud dengan titik didih?

Titik didih merupakan suhu (temperatur) dimana tekanan uap sebuah zat cair sama dengan tekanan external yang dialami oleh cairan. Sebuah cairan di dalam vacuum akan memiliki titik didih yang rendah dibandingkan bila cairan itu berada di dalam tekanan atmosphere.

Mengapa perbedaan ketinggian dari permukaan laut mempengaruhi titik didih air?

Semakin tinggi suatu tempat dari permukaan laut, maka tekanan udaranya semakin kecil. Semakin tinggi suatu tempat (seperti di pegunungan), maka tekanan udaranya pun semakin rendah, sehingga semakin mudah pula tekanan uapnya sama dengan tekanan udara luar. Akibatnya, titik didihnya pun semakin rendah.

Mengapa air mendidih pada suhu 100 derajat celcius dan membeku pada 0 derajat celcius?

jawaban: nah, ternyata pada suhu nol inilah air mulai tidak lagi mengalami pergerakan molekul secara bebas dan hanya melakukan gerakan di tempat,maka itu membeku pada suhu nol

Mengapa di permukaan laut air mendidih pada suhu 100 0c sedangkan di daerah pegunungan p air mendidih di bawah suhu 100 0c?

Di pesisir pantai, yang rendah ketinggiannya, tekanan udara sangat besar. Sedangkan di pegunungan dan dataran tinggi, memiliki tekanan udaranya rendah. Pada tempat bertekanan udara yang rendah, seperti ketika kita di pegunungan, air akan cepat mendidih. Ini karena, lebih sedikit tekanan pada molekul air dari udara.

Apakah air dapat menguap pada suhu 100 derajat Celcius?

Pada suhu 100 ° C, tekanan uap air sekitar 101,300 Pa atau 1 atm diatas permukaan laut. Penguapan pada permukaan laut dengan menggunakan suhu 100 o C.

Apakah pengaruh tekanan suatu zat terhadap titik didih?

Titik Didih suatu zat cair dipengaruhi oleh tekanan udara, artinya semakin besar tekanan udara maka semakin besar pula titik didih zat cair tersebut.

You might be interested:  Pantai Yang Tidak Boleh Pakai Baju Hijau?

Mengapa air mendidih pada 100 derajat Celcius?

Ikatan yang sangat kuat antara atom hidrogen dan oksigen menyebabkan air tetap berada dalam wujud cair pada kisaran suhu yang besar. Ikatan tersebut yang menyebabkan titik didih air mencapai 100 derajat Celcius.

Air mendidih pada tekanan berapa?

Air akan mendidih pada suhu 100 derajat C pada tekanan 1 atm atau 76 cm Hg. Karena nilai 100 derajat Celcius adalah titik didih air pada tekanan udara normal yaitu 1 atm (atmosfer).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sering ditanyakan: Pantai Yang Ada Di Palembang?

Jika berkunjung ke Kota Palembang, berikut deretan wisata pantai populer yang tak boleh dilewatkan dan bisa memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Pantai Pulau Maspari. Pantai Desa Sungsang. Pantai Bongen. Pantai Jodoh. Pantai Tanjung Menjangan. Pantai Dermaga Sungai Gerong. Pantai Pasir Payuputat. Contents1 Mengapa di Palembang tidak ada pantai?2 Apa yang ada di Palembang?3 Apakah […]

Adblock
detector