Tanya pembaca: Potensi Yang Dapat Dikembangkan Di Laut?

Apa potensi yang dapat dikembangkan di lautan?

Potensi perikanan, dengan adanya wilayah laut yang sangat luas, tentu banyak juga sumber daya alam yang dapat diperoleh. Salah satu hasil laut yang bisa dikelola adalah ikan. Dengan ditingkatkannya hasil tangakapan ikan maka akan memeberikan dampak positif bagi ekonomi nelayan dan negara.

Potensi apa saja yang mungkin dapat dioptimalkan dari laut Indonesia?

5 Potensi laut Indonesia adalah 1) penghasil ikan, udang, cumi-cumi, dan sebagainya; 2) penghasil energi dan juga bahan tambang; 3) jalur perhubungan laut; 4) aset pariwisata; dan 5) sumber daya alam laut seperti terumbu karang.

Mengapa perikanan merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan dari sumber daya laut?

Perikanan merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan dari sumber daya alam laut karena dengan perikanan akan dihasilkan jika mempunyai daerah lautan yang besar dari wilayah dataran sehingga akan menimbulkan potensi perikanan.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Tanaman Laut Yang Bisa Dimakan?

Apa potensi dari laut sebagai sumber daya alam?

Laut sebagai aset nasional, memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Beberapa jenis ikan di Indonesia mempunyai nilai ekonomis tinggi, seperti tuna, udang, lobster, ikan karang, berbagai jenis ikan hias, kerang, dan rumput laut. Perairan laut Indonesia juga menyimpan potensi sumber daya non hayati yang melimpah.

Apa potensi yang dapat dikembangkan dari daratan atau lahan?

Jawaban terverifikasi ahli Wilayah daratan dapat digunakan untuk pertanian misalnya padi, gandum dan jagung di dataran rendah, serta sayuran, kopi, teh dan karet di pegunungan. Wilayah daratan datar dapat digunakan untuk lahan berternak dan mengembala. Hewan ternak misalnya sapi, kambing dan kerbau.

Apa potensi yang dapat dikembangkan dari wilayah pantai Indonesia?

Pembahasan: Potensi yang dapat dikembangkan di daerah pantai diantaranya pariwisata kelautan, penangkaran ikan, dan pengelolaan terumbu karang serta rumput laut.

Penjelasan dan potensi apa yang dapat dihasilkan di laut Indonesia?

Laut Indonesia sangat kaya akan spesies ikan. Sebanyak 37% spesies ikan yang ada di dunia ada di laut Indonesia. Wilayah pesisr dan lepas pantai Indonesia menyimpan potensi minyak bumi dan juga gas bumi. Sedangkan wilayah laut Indonesia sangat kaya akan mineral emas, timah, bijih besi, perak, dan lain sebagainya.

Potensi Ekonomi Maritim apa saja yang dapat dikembangkan di Indonesia?

Indonesia memiliki potensi ekonomi kelautan yang dapat dikembangkan seperti perikanan tangkap, budidaya, industri bioteknologi kelautan, pertambangan dan energi, pariwisata bahari, transportasi laut, industri dan jasa maritim, beberapa pulau kecil, dan sumber daya konvensional.

Kendala apa yang dihadapi dalam pengelolaan potensi laut Indonesia?

Baru-baru ini, Menteri Eksplorasi Laut dan Perikanan Sarwono Kusumaatmadja mengakui, masih ada sejumlah kendala dalam mengembangkan potensi laut. Di antaranya, aturan hukum yang lemah, minimnya informasi kelautan, serta struktur permodalan yang bisa dimiliki seorang nelayan.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Dinamakan Laut Hitam?

Apa manfaat laut bagi sumber daya?

1.hasil dari laut dapat menghasilkan nilai jual yang tinggi. 2. sebagai alat transportasi antar pulau. 3. sebagai sumber air. 4. sebagai tempat hidup biota laut.

Apa saja yang dikategorikan sumber daya alam laut?

Berikut ini 8 sumber daya alam di laut.

  • Garam. Garam adalah salah satu bahan dapur yang wajib dipakai dalam memasak.
  • Ikan. Ikan adalah salah satu makhluk hidup yang ada di laut.
  • Tumbuhan.
  • Terumbu Karang.
  • 5.Fosfat.
  • Ombak.
  • Pasang Surut Air Laut.
  • Mutiara.

Bagaimana potensi sumber daya perikanan di Indonesia?

Secara potensi, perikanan Indonesia adalah yang terbesar di dunia, baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya. Sisanya, 56,8 juta ton/tahun adalah potensi perikanan budidaya, baik budidaya laut (mariculture), budidaya perairan payau (tambak), maupun budidaya perairan tawar (darat).

Apa saja sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia yang berasal dari laut?

Sumber daya hayati meliputi ikan, terumbu karang, padang lamun, mangrove dan biota laut lain. Sumber daya nonhayati meliputi pasir, air laut, mineral dasar laut.

Apa sumber daya alam tersebut?

KOMPAS.com – Sumber daya alam adalah semua yang berasal dari Bumi, biosfer, dan atmosfer. Sumber daya alam memiliki peranan penting bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, sumber daya alam juga penting sebagai tempat tinggal manusia.

Apa saja yang dapat merusak sumber daya alam laut?

Jawaban

  • menggunakan bahan peledak.
  • menggunakan pukat harimau.
  • membuang sampah ke laut.
  • menumpahkan oli ke laut.
  • merusak terumbu karang yg ada di laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sering ditanyakan: Apa Arti Dari Biota Laut?

Secara sederhana, semua makhluk yang hidup di dalam laut dapat disebut sebagai biota laut. Apa yang dimaksud dengan biota laut? Contents1 Apa arti istilah biota laut?2 Apa itu biota laut brainly?3 Apa kata arti biota?4 Apa saja yang termasuk biota laut berdasarkan sifatnya?5 Apa saja yg termasuk biota laut?6 Apakah plankton termasuk biota laut?7 Apa […]

Sering ditanyakan: Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri Tinggi?

Beberapa ikan yang tinggi merkuri termasuk hiu, ikan todak, marlin, king mackerel, tilefish, tuna. Pastikan untuk memilih berbagai ikan yang lebih rendah merkuri, seperti salmon, nila, udang, ikan cod, ikan lele, dan ikan patin. Contents1 Ikan apa saja yang mengandung merkuri?2 Ikan apa saja yang tidak mengandung merkuri?3 Ikan belanak apakah mengandung merkuri?4 Apakah ikan […]

Adblock
detector