Tanya pembaca: Mengapa Air Laut Bisa Menghantarkan Listrik?

Hal ini disebabkan karena air laut merupakan larutan penghantar listrik. Air laut bisa menghantarkan arus listrik karena didalamnya mengandung ion-ion kayak Na plus, Cl min, Mg 2+, dan ion-ion lain.

Mengapa air dapat menghantarkan listrik dengan baik?

Sebab, air murni tersebut kekurangan elektron bebas, partikel subatomik yang memiliki muatan negatif. Namun begitu, kenyataan di alam bebas, kebanyakan air telah bercampur dengan sedimen dan mineral, yang membuat molekul air mengalami ionisasi lalu menjadikan air tersebut dapat menghantarkan arus listrik.

Apakah air murni dapat menghantarkan arus listrik?

Dalam air sulingan atau air murni, tidak ada kandungan seperti air biasa sehingga tidak ada ion di dalamnya. Dalam air sulingan hanya ada molekul netral yang tidak punya muatan apapun. Makanya, air murni atau air sulingan tidak bisa menghantarkan listrik.

You might be interested:  FAQ: Keadaan Permukaan Air Laut Yang Naik Disebut?

Apa yang harus di lakukan agar air murni dapat menghantarkan arus listrik?

Dgn melarutkan senyawa elektrolit ke dalam air murni tsb. Contoh: Garam NaCl, akan terionisasi menjadi ion Na+ dan Cl- dlm air sehingga air memiliki ion-ion terlarut yg dpt menghantarkan arus listrik.

Mengapa air sungai dapat menghantarkan arus listrik?

Air sungai dapat menyetrum ikan sebab air sungai mengandung banyak ion bermuatan terlarut, yang dapat menghantarkan arus listrik ketika ada arus listrik mengalir, seperti dari penyetrum ikan.

Mengapa air hujan dapat menghantarkan arus listrik?

bisa karena air hujan mengandung elektrolit (ion listrik ) yang dapat menghantarkan listrik..

Mengapa h2o dapat menghantarkan listrik?

Senyawa kovalen polar dalam bentuk larutan (aq) molekul – molekulnya dapat terhidrolisis menjadi ion – ion yang dapat bergerak bebas. Sehingga H₂O (air) merupakan larutan elektrolit.

Kenapa air termasuk non elektrolit?

Air minum aquades tergolong kedalam larutan non elektrolit. Alasan air minum aquades tergolong kedalam larutan non elektrolit adalah karena derajar ionisasi adalah nol dan juga termasuk kedalam larutan yang tidak dapat menghantarkan listrrik.

Apakah plastik dapat menghantarkan listrik?

Botol plastik tidak dapat menghantarkan listrik karena plastik merupakan salah satu isolator:benda yang tidak dapat menghantarkan arus listrik /panas.

Apakah PVC dapat menghantarkan listrik?

sebagai isolataor (tidak dapat menghantarkan aliran listrik ).

3 Apakah air sungai merupakan penghantar listrik yang baik?

Air adalah penghantar listrik yang baik. Sedangkan pada air ledeng, air sungai dan air laut memiliki jauh lebih banyak ion ion sehingga kemampuannya pun jauh lebih baik sebagai penghantar listrik..

Mengapa tangan yang basah lebih mudah kesetrum listrik?

Karna air merupakan penghantar listrik yang baik, kondisi tangan yang basah ketika menyentuh peralatan yang sedang dialiri listrik akan jauh lebih mudah tersengat listrik alias kesetrum.

You might be interested:  FAQ: Apa Saja Kriteria Gempa Bumi Di Laut Yang Dapat Menyebabkan Tsunami?

Mengapa tangan basah tidak boleh menyentuh peralatan listrik?

Lalu mengapa selama ini kita tidak boleh memegang listrik dengan tangan basah kita? Karena meskipun air murni tidak menghantarkan listrik, nyatanya tidak ada air yang murni. Di dalam air ada mineral, kotoran, dan zat-zat lainnya yang mampu menghantarkan listrik sehingga kita bisa kesetrum.

Apa yang menyebabkan larutan elektrolit dapat menghantarkan arus listrik?

Menurut Svante August Arrhenius, ilmuwan asal Swedia, larutan elektrolit bisa menghantarkan listrik karena mengandung ion-ion yang bergerak bebas. Ion-ion itulah yang menghantarkan listrik lewat larutan. Tapi, tidak semua zat bisa menghasilkan ion. Bisa tidaknya suatu zat menghasilkan ion dilihat dari jenis ikatannya.

Larutan apa saja yang dapat menghantarkan listrik dan tidak dapat menghantarkan listrik?

Larutan elektrolit itu larutan yang pelarutnya air dan bisa menghantarkan arus listrik, contohnya air laut tadi. Sedangkan larutan nonelektrolit itu larutan yang tidak bisa menghantarkan arus listrik. Salah satu contohnya, larutan gula.

Mengapa senyawa kovalen polar dalam bentuk padatan maupun lelehan tidak dapat menghantarkan arus listrik?

Ini karena molekul kovalen polar merupakan partikel netral. Namun, apabila dilarutkan dalam air, maka dapat menghantarkan arus listrik. Jadi, senyawa kovalen dapat menghantarkan arus listrik jika dilarutkan dengan air atau pelarut yang benar. Dalam bentuk padat maupun lelehan bersifat nonkonduktor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sering ditanyakan: Apa Arti Dari Biota Laut?

Secara sederhana, semua makhluk yang hidup di dalam laut dapat disebut sebagai biota laut. Apa yang dimaksud dengan biota laut? Contents1 Apa arti istilah biota laut?2 Apa itu biota laut brainly?3 Apa kata arti biota?4 Apa saja yang termasuk biota laut berdasarkan sifatnya?5 Apa saja yg termasuk biota laut?6 Apakah plankton termasuk biota laut?7 Apa […]

Sering ditanyakan: Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri Tinggi?

Beberapa ikan yang tinggi merkuri termasuk hiu, ikan todak, marlin, king mackerel, tilefish, tuna. Pastikan untuk memilih berbagai ikan yang lebih rendah merkuri, seperti salmon, nila, udang, ikan cod, ikan lele, dan ikan patin. Contents1 Ikan apa saja yang mengandung merkuri?2 Ikan apa saja yang tidak mengandung merkuri?3 Ikan belanak apakah mengandung merkuri?4 Apakah ikan […]

Adblock
detector