Tanya pembaca: Jelaskan Mengapa Perdagangan Lewat Jalur Laut Lebih Populer Dibandingkan Lewat Jalur Darat?

Karena jika melewati jalur perairan kebanyakan dari pedagang bisa singgah di pelabuhan sehingga bisa memperkenalkan dagangan mereka. Jalur perairan juga dinilai lebih cepat dan dapat mengangkut lebih banyak muatan. Sedangkan lewat jalur darat akan memakan waktu yang lama dan tidak bisa mengangkut banyak muatan.

Apa sebabnya jalur darat berubah menjadi jalur laut?

Kondisi alam di daratan pada saat itu yang masih berat dan tidak aman mendorong para pedagang dari Asia Barat dan India menuju China mengalihkan jalur perdagangan melalui lautan dengan menyusuri garis pantai.

Apa alasan jalur perdagangan beralih ke jalur perairan?

Karena dengan jalur laut, kapasitas angkut barang dagangan lebih banyak jumlahnya sehingga lebih menguntungkan dari segi waktu, modal, dan tenaga (lebih praktis dibandingkan dengan jalur darat).

You might be interested:  FAQ: Laut-laut Di Indonesia Yang Termasuk Dalam Laut Transgresi Adalah .......?

Kenapa jalur laut lebih efisien?

kapal laut (ilustrasi). Dengan kapal laut, volume barang yang diangkut lebih besar serta mampu melintasi pulau, negara bahkan benua. ” Efisiensi juga tercermin dari penggunaan bahan bakar minyak (BBM),” ujar dia.

Mengapa jalur perdagangan laut memberikan keuntungan bagi bangsa Indonesia?

Keuntungan yang diperoleh masyarakat di Indonesia dari perdagangan laut adalah dijadikannya Indonesia sebagai wilayah transit yang menyebabkan terjalinnya hubungan antara warga Indonesia dengan pedagang dari India dan China.

Apa yang menyebabkan jalur perdagangan menjadi ramai di Nusantara?

Karena Indonesia terdapat di garis X garis yg strategis. Di apit dua samudra dan benua, pusat transportasi dunia, banyak bangsa asing yg menyebrang melewati Indonesua. Di indonesia juga banyak hasil alam yg dapat di perjual belikan.

Mengapa Jalur Sutera dialihkan ke jalur laut terdekat dari India ke Cina melalui Selat Malaka?

Hubungan dagang antara India dan Cina semula dilakukan melalui jalur darat yg dikenal sebagai jalur sutera. akan tetapi sejak awal abad masehi jalur itu dialihkan melalui laut karena situasi jalan darat di Asia Tengah sudah tidak aman. Jalan laut yg terdekat dari India ke Cina, yaitu melalui Selat Malaka.

Mengapa para pedagang memilih jalur perairan atau laut untuk menyebarkan agama Islam?

Dikarenakan jalur laut adalah salah satu cara yang dapat dilakukan saat itu untuk mengarungi setiap wilayah dan mencakup wilayah yang lebih luas. dikarenakan banyaknya negara kepulauan sehingga jalur laut adalah satu-satunya cara untuk menempuhnya.

Apa dampak perkembangan Jalur Sutera?

Dampak pertama adalha munculnya pusat ekonomi di daerah-daerah yang dilewati oleh jalur tersebut. Seiring perkembangan zaman, pusat-pusat ekonomi tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi baik di wilayahnya maupun negaranya masing-masing yang kemudian akan berperan dalam kondisi ekonomi global.

You might be interested:  Pertanyaan: Jenis Rumput Laut Yang Dibudidayakan Di Indonesia?

Mengapa jalur laut dalam transportasi dan perdagangan sangat efisien?

kapal laut (ilustrasi). Dengan kapal laut, volume barang yang diangkut lebih besar serta mampu melintasi pulau, negara bahkan benua. ” Efisiensi juga tercermin dari penggunaan bahan bakar minyak (BBM),” ujar dia.

Mengapa jalur transportasi jalur laut lebih efisien dalam transportasi dan perdagangan?

lebih lanjut,Alfred mengklaim transportasi laut lebih efisien dibandingkan jalur darat dan udara.ia mengambil contoh pengiriman kargo/barang melalui kapal laut,volume barang yang diangkut lebih besar sehingga mampu melintasi pulau,negara ataupun benua.

Apa kaitannya dengan kegiatan perdagangan laut yang melewati wilayah perairan Indonesia?

Jawaban: Kaitannya adalah dengan dapat menambah devisa negara,karena setiap kapal atau pedagang dari negara lain yg melewati laut indonesia harus membayar pajak negara dan Indonesia akan rugi karena hewan laut di lautan indonesia diambil oleh negara lain.

Apa keuntungan yang diperoleh masyarakat di Indonesia dari perdagangan laut antara India dan China yang melewati wilayah perairan kepulauan Indonesia?

keuntungannya karena banyak para pedagang yang singgah sementara waktu untuk memenuhi kebutuhan selama pelayaran, maka dapat meningkatkan devisa, bea cukai, serta pertumbuhan ekonomi.

Apa peranan Jalur Sutera Bagi Nusantara?

Jalur ini menjadi tonggak awal bertemunya peradaban-peradaban maju yang hidup zaman tersebut. Sehingga keberadaan Jalur Sutera memiliki kejayaan pada masanya. Jalur Sutera tak hanya dikenal sebagai jalur perdagangan, melainkan juga dalam pertukaran budaya, agama, dan ilmu pengetahuan.

Apa saja keuntungan Indonesia yang berada di Selat Malaka?

Keuntungan indonesia yang letaknya berdekatan dengan selat malaka diantaranya adalah indonesia berada pada jalur perdagangan indonesia. Dimana pada zaman penjajahan dulu banyak pedagang dari arab yang singgah ke indonesia. Hal tersebut dipercaya sebagai awal mula masuknya agam islam ke indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sering ditanyakan: Apa Arti Dari Biota Laut?

Secara sederhana, semua makhluk yang hidup di dalam laut dapat disebut sebagai biota laut. Apa yang dimaksud dengan biota laut? Contents1 Apa arti istilah biota laut?2 Apa itu biota laut brainly?3 Apa kata arti biota?4 Apa saja yang termasuk biota laut berdasarkan sifatnya?5 Apa saja yg termasuk biota laut?6 Apakah plankton termasuk biota laut?7 Apa […]

Sering ditanyakan: Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri Tinggi?

Beberapa ikan yang tinggi merkuri termasuk hiu, ikan todak, marlin, king mackerel, tilefish, tuna. Pastikan untuk memilih berbagai ikan yang lebih rendah merkuri, seperti salmon, nila, udang, ikan cod, ikan lele, dan ikan patin. Contents1 Ikan apa saja yang mengandung merkuri?2 Ikan apa saja yang tidak mengandung merkuri?3 Ikan belanak apakah mengandung merkuri?4 Apakah ikan […]

Adblock
detector