Sering ditanyakan: Tokoh Yang Gugur Dalam Pertempuran Laut Aru?

Dari 74 awak KRI Matjan Tutul, 21 awak kapal gugur (tenggelam) di lokasi perang tersebut, termasuk Komodor Yos Sudarso, Kapten Wiratno (Kapten kapal RI Matjan Tutul), Kapten Memet Sastrawiria (Ajudan Komodor Yos Sudarso), dan Kapten Tjiptadi.

Siapa yang gugur dalam pertempuran Laut Aru?

Sejarah mencatat, pertempuran Laut Aru antara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) melawan Belanda terjadi di perairan Maluku pada 15 Januari 1962. Dalam peristiwa yang kini diperingati sebagai Hari Dharma Samudera tersebut, Yos Sudarso gugur sebagai pahlawan bangsa.

Jelaskan apa yang kamu ketahui mengenai tentang pertempuran Laut Aru pada saat perebutan Irian Barat?

KOMPAS.com – Pertempuran Laut Aru adalah pertempuran yang terjadi di Laut Aru, Maluku pada 15 Januari 1962 antara Indonesia dengan Belanda. Pertempuran terjadi ketika dua kapal jenis destroyer, pesawat jenis Neptune dan Firefly milik Belanda menyerang RI Macan Tutul (650), RI Matjan Kumbang (653), dan RI Harimau (654).

You might be interested:  Tanya pembaca: Penangkapan Ikan Yang Merusak Ekosistem Laut?

Kenapa KRI Macan Tutul tenggelam?

KRI Matjan Tutul yang ditumpangi Komodor Jos Soedarso dibombardir oleh armada laut Belanda yang didukung pesawat terbang Neptune dan Firefly. Hal inilah yang menyebabkan tenggelamnya KRI Mactjan Tutul, dan gugurnya Komodor Josaphat (Jos) Soedarso bersama 28 anak buahnya, sementara dua kapal lainnya selamat.

Kapan pertempuran Laut Aru?

JAKARTA, KOMPAS.com – TNI Angkatan Laut segera membuat film sejarah mengenai pertempuran Laut Arafuru yang terjadi di Laut Aru, Maluku, pada 15 Januari 1962 antara Indonesia dan Belanda.

Apa nama kapal perang yang tidak ikut pada peristiwa pertempuran di Laut Arafura pada tanggal 15 Januari 1962?

Tanggal 15 Januari 1962, KRl Matjan Tutul terlibat pertempuran di Laut Aru dengan kapal milik Belanda, yang akhirnya gugurlah Komodor Yos Sudarso beserta awak kapal Rl Matjan Tutul. Peristiwa Laut Aru dengan heroisme, 15 Januari 1962 diperingati sebagai Hari Dharma Samudera.

Laut Arafura terletak dimana?

Laut Arafura yang terletak di bagian timur Indonesia merupakan bagian laut Indonesia yang sangat dinamis dengan kedalaman sekitar 50 sampai dengan 80 meter dan merupakan kawasan laut Indonesia yang sangat berpotensi untuk sumberdaya ikan, seperti jenis ikan demersal dan beberapa jenis udang-udang –an.

Siapa yang memimpin operasi militer di Irian Barat dan siapa yang gugur sebagai pahlawan kusuma bangsa di Laut Aru?

Komodor Yos Sudarso gugur pada pertempuran ini setelah menyerukan pesan terakhirnya yang terkenal, “Kobarkan semangat pertempuran”.

Siapa yang memimpin operasi militer di Irian Barat dan siapa yg gugur sebagai pahlawan kusuma bangsa di Laut Aru ☝?

TRIBUNNEWSWIKI.COM – Pertempuran Laut Aru terjadi pada 15 Januari 1962, di Laut Aru, Maluku antara Indonesia dan Belanda. Dalam pertempuran ini Komodor Yos Sudarso gugur sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. Pengingkaran janji Belanda pada Konferensi Meja Bundar (KMB) adalah latar dari dari peristiwa ini.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Air Laut Berwarna Biru?

Kapan Yos Sudarso dianugerahi sebagai pahlawan nasional?

Pemerintah RI menaikkan pangkatnya menjadi Laksamana Muda TNI AL Anumerta. Yos Sudarso diberi gelar Pahlawan Nasional dengan Surat Keputusan Presiden No. 088/TK/Th. 1973. Tanggal 6 November 1973.

Mengapa Komodor Yos Sudarso memerintahkan KRI Macan Tutul untuk melakukan manuver?

Komodor Yos Sudarso memerintahkan KRI Macan Tutul untuk melakukan manuver supaya mengalihkan perhatian lawan sehingga hanya memusatkan penyerangan ke KRI Macan Tutul. Tujuannya adalah memberikan peluang kepada 2 kapal lainnya untuk mundur dari medan perang.

Mengapa Yos Sudarso gugur?

Admiral Madya Yosaphat Soedarso (lahir di Salatiga, Jawa Tengah, 24 November 1925 – meninggal di Laut Aru, 15 Januari 1962 pada umur 36 tahun) adalah seorang pahlawan nasional Indonesia. Dia gugur di atas KRI Macan Tutul dalam peristiwa pertempuran Laut Aru setelah ditembak oleh kapal patroli Hr.

Apa latar belakang pertempuran di Laut Aru dan pembebasan Irian Barat oleh Indonesia?

TRIBUNNEWSWIKI.COM – Pertempuran Laut Aru terjadi pada 15 Januari 1962, di Laut Aru, Maluku antara Indonesia dan Belanda. Dalam pertempuran ini Komodor Yos Sudarso gugur sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. Pengingkaran janji Belanda pada Konferensi Meja Bundar (KMB) adalah latar dari dari peristiwa ini.

Apa yang dimaksud dengan Laut Arafuru?

Laut Arafura atau Laut Arafuru adalah wilayah perairan yang berada di antara Australia dan Pulau Papua, di Samudra Pasifik. Luasnya adalah 650.000 km² dan kedalaman maksimalnya adalah 3,68 km.

Siapakah pahlawan Yos Sudarso?

KOMPAS.com – Yos Sudarso adalah perwira angkatan laut yang tewas dalam Pertempuran Laut Arafura. Saat kematiannya, Yos tengah menjabat sebagai wakil kepala staf Angkatan Laut Indonesia. Yos rela mengorbankan dirinya dalam Operasi Laut Aru untuk bisa menyelamatkan dua kapal republik Indonesia yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Pertanyaan: Ikan Hias Air Laut Yang Dibudidayakan?

Jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara Ikan Hias Air Laut Botana Blue Tang. 2. Ikan Hias Air Laut Yellow Tang. 3. Ikan Hias Air Laut Butterfly Fish. 4. Ikan Hias Air Laut Blue Devil. Ikan Hias Air Laut Angelfish. 6. Ikan Hias Air Laut Watchman Gobies. 7. Ikan Hias Air Laut Clownfish. Ikan […]

Jawaban Cepat: Mengapa Air Laut Pasang Surut?

Pasang surut atau istilah ocean tide merupakan kondisi naik turunnya permukaan air laut secara berkala. Kondisi tersebut disebabkan oleh gaya gravitasi dari benda-benda langit, khususnya bulan dan matahari. Adanya gaya gravitasi bulan atau matahari terhadap massa air laut akan menimbulkan gelombang laut. Contents1 Mengapa air laut surut?2 Pasang surut air laut terjadi bulan apa?3 Faktor […]