Sering ditanyakan: Apa Itu Sumber Daya Laut?

Sumber daya laut adalah sumber daya yang meliputi, ruang lingkup yang luas yang mencankup kehidupan laut (flora dan fauna, mulai dari organisme mikroskopis hingga paus pembunuh dan habitat laut) mulai dari perairan dalam sampai ke daerah pasang surut dipantai dataran tinggi dan daerah muara yang luas.

Pemanfaatan sumber daya laut apa saja?

Pemanfaatan Sumber Daya Laut

  1. Sebagai Sumber Mineral. Garam untuk dapat digunakan untuk keperluan seperti bahan masakan. Karbonat diambil dari sebangsa lumut ( potash )
  2. 2. Sebagai Sumber Daya Nabati. Rumput laut yang dibudidayakan di wilayah lautan dangkal bisa digunakan untuk bahan pembuatan agar-agar.

Apa saja potensi sumber daya laut Indonesia?

Laut Indonesia memiliki sekitar 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut dan 950 biota terumbu karang. Sumber daya ikan di laut Indonesia meliputi 37 persen dari spesies ikan di dunia. Perairan laut Indonesia juga menyimpan potensi sumber daya non hayati yang melimpah.

You might be interested:  Hasil Laut Yang Diekspor?

Apa itu sumber daya laut hayati?

Sumber daya hayati antara lain ikan, rumput laut, padanglamun, hutan mangrove, dan terumbu karang, biota perairan; sedangkan sumber daya non hayati terdiri dari lahan pasir, permukaan air, sumber daya di airnya, dan di dasar laut seperti minyak dan gas, pasir, timah, dan mineral lainnya.

Bagaimana cara pengelolaan sumber daya laut?

Jawaban

  1. cara pengelolaan sumber daya kelautan di Indonesia adalah dengan mengelola potensi kelautan dengan basis pengelolaan berkelanjutan.
  2. pengelolaan yang harus dilakukan membutuhkan keterkaitan dengan konsep pembangunan berkelanjutan.

Pekerjaan di laut apa saja?

Jenis-jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut

  • Nelayan.
  • Petani Garam.
  • Pemandu wisata.
  • Penambang minyak bumi di laut lepas.
  • Penyelam (Pencari) teripang laut.
  • Pelayaran.
  • Petani budidaya Kerang dan Mutiara.
  • Pengrajin kayu yang memanfaatkan hutan rotan.

Apa jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut brainly?

•Nelayan. •Pedagang ikan. •Petani garam. •Petani rumput laut.

Mengapa Indonesia memiliki potensi sumber daya laut yang tinggi?

Kamu pasti sudah sering dengar kalau Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah laut paling luas, karena ternyata 2/3 wilayah Indonesia merupakan laut, sehingga Indonesia memiliki potensi sumber daya laut yang tinggi.

Apa yang dimaksud dengan potensi sumber daya kelautan?

potensi sumber daya laut (kemaritiman) adalah sumber daya laut yg menghasilkan flora ataupun fauna yg berada di laut, sehingga bisa menjadi sumber daya, sumber penghasilan dan sumber kekayaan.

Apa saja potensi yang ada di Indonesia?

Potensi sumber daya alam Indonesia

  • Hutan.
  • Lautan.
  • Minyak bumi.
  • Gas alam.
  • Batu bara.

Apa yang dimaksud dengan sumber daya laut nonhayati?

Sumber daya non-hayati laut (SDNHL) memiliki cakupan luas yang tersusun dari material abiotik di bawah laut (underwater), perairan dangkal (shallow-waters), daratan pasang surut pantai (coastal-tidal plain), hingga sumber daya yang terkandung di dalam kerak bumi atau perlapisan sedimen dasar laut (subsurface-seabed).

You might be interested:  FAQ: Makhluk Apa Sajakah Yang Hidup Di Dalam Laut?

Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam non hayati?

Sumber daya alam nonhayati adalah sumber daya alam yang dapat diusahakan kembali keberadaannya dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus, contohnya: air, angin, sinar matahari, dan hasil tambang. Air merupakan salah satu kebutuhan utama makhluk hidup dan bumi sendiri didominasi oleh wilayah perairan.

Apa itu sumber daya alam pesisir?

Sumber daya alam utama di kawasan pesisir meliputi hutan mangrove, pandang lamun dan terumbu karang beserta ekosistemnya. Sumber daya perikanan, rumput laut, energy dan mineral serta jasa lingkungan dan pariwisata dapat dimanfaatkan menjadi sumber penghidupan bagi penduduk.

Apakah pengelolaan sumber daya kelautan di Indonesia sudah optimal?

Besarnya wilayah lautan di Indonesia yang mencapai 70 persen, dapat dimanfaatkan. Salah satunya, untuk segi pangan. Namun, pemanfaatan sumber daya kelautan Indonesia hingga saat ini oleh banyak kalangan dianggap belum optimal.

Bagaimana upaya mengatasi permasalahan yang terjadi di laut Indonesia?

Jawaban

  • Tidak membuang sampah pada sungai maupun laut yang ada disekitar.
  • nelayan atau penangkap ikan yang menangkap ikan menggunakan bahan peledak sebaiknya jangan karna itu sangat berbahaya.
  • mematuhi peraturan yang ada dan slalu menjaganya agar tetap nyaman dan indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sering ditanyakan: Apa Arti Dari Biota Laut?

Secara sederhana, semua makhluk yang hidup di dalam laut dapat disebut sebagai biota laut. Apa yang dimaksud dengan biota laut? Contents1 Apa arti istilah biota laut?2 Apa itu biota laut brainly?3 Apa kata arti biota?4 Apa saja yang termasuk biota laut berdasarkan sifatnya?5 Apa saja yg termasuk biota laut?6 Apakah plankton termasuk biota laut?7 Apa […]

Sering ditanyakan: Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri Tinggi?

Beberapa ikan yang tinggi merkuri termasuk hiu, ikan todak, marlin, king mackerel, tilefish, tuna. Pastikan untuk memilih berbagai ikan yang lebih rendah merkuri, seperti salmon, nila, udang, ikan cod, ikan lele, dan ikan patin. Contents1 Ikan apa saja yang mengandung merkuri?2 Ikan apa saja yang tidak mengandung merkuri?3 Ikan belanak apakah mengandung merkuri?4 Apakah ikan […]

Adblock
detector