Proses Pengikisan Pantai Oleh Tenaga Gelombang Laut Dan Arus Laut Yang Bersifat Merusak Disebut?

Secara umum, pengertian abrasi adalah suatu proses alam berupa pengikisan tanah pada daerah pesisir pantai yang diakibatkan oleh ombak dan arus laut yang sifatnya merusak terkadang juga disebut dengan erosi pantai.

Apa akibat pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut?

Abrasi merupakan anggota pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan aliran laut yang bersifat merusak. Abrasi biasanya dinamakan juga erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan dunia kawasan pantai tersebut.

Apa yang dimaksud dengan abrasi dan erosi?

Abrasi adalah suatu proses pengikisan pantai yang diakibatkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut atau pasang surut arus laut yang bersifat merusak. Abrasi biasanya disebut juga erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut.

Mengapa angin dapat menyebabkan abrasi?

Sederhananya abrasi adalah pengikisan di daerah pantai akibat gelombang dan arus laut yang sifatnya destruktif atau merusak. Karena pada suatu periode tertentu angin akan bertiup sangat kencang sehingga menghasilkan gelombang dan arus laut yang besar pula yang dapat menyebabkan pengikisan pantai.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Permasalahan Yang Terjadi Di Laut Indonesia?

Mengapa aktivitas manusia dapat meningkatkan resiko abrasi?

Lalu apa saja aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya abrasi pantai? Abrasi pantai karena aktivitas manusia bisa terjadi karena adanya penambangan pasir yang berlebihan. Hal ini menyebabkan pantai yang tadinya landai menjadi curam dan mengurangi pasokan pasir di pantai.

Bagaimana cara mencegah agar abrasi yang terjadi di pantai atau bibir pantai tidak semakin parah?

Cara mencegah terjadinya abrasi adalah dengan:

  1. Menanam tanaman bakau. Abrasi dapat diatasi dengan adanya mangrove atau tanaman bakau.
  2. Menjaga kelestarian terumbu karang. Terumbu karang membentuk pembatas alami yang dapat menahan dan memecah gelombang.
  3. Membangun penahan gelombang.

Mengapa suatu daerah disebut pantai?

Pantai atau pesisir adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir, dan terdapat di daerah pesisir laut. Daerah pantai menjadi batas antara daratan dan perairan laut. Panjang garis pantai ini diukur mengeliling seluruh pantai yang merupakan daerah teritorial suatu negara.

Ok Google Apa yang dimaksud dengan erosi?

Kata erosi berasal dari bahasa Latin erosionem yang berarti menggerogoti. Secara umum erosi adalah proses alami pengikisan tanah lapisan atas oleh air, angin atau es. Erosi memang membentuk banyak penampakan alam menarik seperti puncak gunung, lembah dan garis pantai.

Apa istilah Korasi?

Korasi /deflasi merupakan erosi yang disebabkan oleh angin. Biasanya, korasi dan deflasi ini terjadi di daerah gurun.

Apa yang dimaksud dengan erosi dan sebutkan dampaknya?

Erosi adalah peristiwa pengikisan padatan seperti tanah, sedimen, bebatuan, dan lainnya. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh transportasi angin ataupun es, creep pada tanah, serta material lain yang dipengaruhi oleh gravitasi, dan karakteristik hujan.

Apa yang menyebabkan terjadinya erosi?

Penyebab erosi dibagi menjadi dua faktor yakni faktor alam dan faktor non alam. Faktor alam adalah faktor yang alamiah yang terjadi bukan karena campur tangan manusia seperti iklim, kemiringan, panjang lereng, sifat fisik tanah, dan vegetasi. Intensitas curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan erosi.

You might be interested:  Tanya pembaca: Faktor Yang Mempengaruhi Salinitas Atau Kadar Garam Laut Adalah?

Sebutkan apa saja jenis jenis erosi dan fenomena alam yang terjadi akibat erosi?

Jenis – jenis erosi

  1. Erosi percikan. Erosi percikan (splash erosion) adalah proses terkelupasnya partikel-partikel tanah bagian atas oleh tenaga kinetik air hujan bebas atau air lolos.
  2. Erosi kulit atau lembar.
  3. Erosi alur.
  4. Erosi parit.
  5. Erosi tebing sungai.
  6. Erosi internal sungai.
  7. Tanah longsor.

Mengapa erosi di Indonesia sangat tinggi?

Rata-rata intensitas curah hujan yang relatif tinggi dan didukung kondisi topografi yang berbukit-bukit di sebagian besar daerah di Indonesia menjadi salah satu pemicu timbulnya proses erosi.

Apa saja aktivitas manusia yang bisa menyebabkan terjadinya abrasi pantai?

Sementara itu kalau dilihat dari penyebab abrasi pantai, penyebab utama terjadinya abrasi pantai adalah tidak optimalnya penahan gelombang dan banyaknya aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab, seperti perusakan karang pantai, penebangan bakau, penambangan pasir, serta bangunan yang melewati garis pantai.

Apakah ulah manusia dapat menyebabkan abrasi?

Abrasi dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain faktor alam dan faktor ulah manusia. Faktor ulah manusia yang dapat mengakibatkan terjadinya abrasi antara lain eksploitasi yang berlebihan terhadap kekayaan laut seperti ikan dan terumbu karang sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan ekosistem laut.

Apa dampak dari abrasi?

Abrasi dapat menyebabkan hilangnya wilayah daratan, dan kerusakan bangunan di pinggir pantai. Akibat gerusan ombak yang kuat menyebabkan daerah pesisir tergerus. Cara mencegah terjadinya abrasi adalah dengan: Menanam tanaman bakau, karena akar tanaman bakau dapat memecah gelombang dan memperkuat tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Bagaimana Penentuan Wilayah Laut Teritorial Yang Lebar Laut Kurang Dari 24 Mil?

Apabila laut yang lebarnya kurang dari 24 mil dikuasai oleh dua negara, maka penentuan wilayah laut teritorial tiap-tiap negara dilakukan dengan cara menarik garis yang sama jauhnya dari garis pantai terluar. Contents1 Jika terdapat dua negara atau lebih yang menguasai lautan yang kurang dari 24 mil Bagaimanakah negara tersebut untuk menentukan batas teritorialnya?2 Bagaimana penentuan […]

Sering ditanyakan: Bagaimana Cara Membuat Air Laut Buatan?

Contents1 Apakah ikan air laut bisa hidup di air garam?2 Bagaimana cara memelihara ikan air laut di akuarium?3 Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat aquarium air laut?4 Berapa lama ganti air laut Aquarium?5 Ikan apakah yang hidup di air asin?6 Apakah ikan air tawar dapat hidup lama di air laut demikian juga sebaliknya?7 Gimana cara […]

Adblock
detector