Pertanyaan: Rantai Makanan Yang Terjadi Pada Ekosistem Laut Adalah?

Sebagai kesimpulan, contoh rantai makanan di ekosistem laut bisa digambarkan sebagai berikut: Fitoplankton – zooplankton – ikan kecil – paus pembunuh – pengurai.

Bagaimana rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem laut brainly?

Jawaban: rantai makanan yg terjadi di ekosistem laut: -Energi matahari → alga → ikan kecil → ikan besar → hiu → pengurai. -Energi matahari → fitoplankton → ikan kecil → burung bangau → ular laut → pengurai.

Apa saja rantai makanan ekosistem laut?

Jaring-jaring Makanan di Laut Lengkap

  • Energi matahari → alga → ikan kecil → ikan besar → hiu → dekomposer.
  • Energi matahari → fitoplankton → ikan kecil → burung bangau → ular laut → dekomposer.
  • Energi matahari → fitoplankton → udang → ikan → singa laut → hiu → dekomposer.

Siapa yang disebut produsen pada rantai makanan ekosistem laut?

Fitoplankton disebut sebagai produsen karena memiliki klorofil untuk berfotosintesis. Mikroorganisme di wilayah laut memang dapat membuat makanan sendiri seperti halnya di daratan. Selagi masih ada sinar matahari, maka proses fotosintesis di darat maupun lautan dapat dilakukan.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Berikut Yang Membedakan Antara Air Laut Dan Air Tawar Adalah?

Apa yang dimakan plankton?

Zooplankton Terdapat dua jenis zooplankton yaitu zooplankton pemakan fitoplankton (konsumen I) dan zooplankton pemakan zooplankton yang lebih kecil (konsumen II dan III).

Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut apa?

KOMPAS.com – Jaring-jaring makanan merupakan kumpulan beberapa rantai makanan yang saling berkaitan. Di dalam ekosistem, rantai makanan saling berhubungan satu sama lain.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan rantai makanan?

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara sesama makhluk hidup dengan urutan tertentu. Dalam rantai makanan, ada organisme yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan dekomposer atau pengurai.

Ekosistem apa saja yang ada di sekitar kita?

Mengenal 3 Ekosistem Utama di Sekitar Kita dan Makhluk Hidup yang Ada di Dalamnya

  • Ekosistem air tawar. Kadar garam dalam ekosistem ini lebih rendah dibandingkan dengan ekosistem air lainnya.
  • Ekosistem laut.
  • Ekosistem estuari.
  • Ekosistem pantai.
  • Ekosistem terumbu karang.
  • Hutan hujan tropis.
  • Sabana.
  • Gurun.

Apa arti panah dalam rantai makanan?

Rantai makanan menunjukkan hubungan antara produsen, konsumen, dan pengurai, menunjukkan siapa yang memakan siapa dengan panah. Panah berfungsi untuk menunjukan pergerakan energi melalui rantai makanan. Sebagai contoh, perhatikan gambar rantai makanan di sawah berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan ekosistem laut?

Betul, semuanya terdapat di laut. Kita menyebutnya sebagai ekosistem laut. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, ekosistem laut adalah kompleks kehidupan di laut mencakup unsur biotik (hidup) dan unsur abiotik (tidak hidup). Unsur biotik ekosistem laut seperti ikan, kerang, ganggang, dan anemon.

Apakah rantai makanan itu Sebutkan dan jelaskan macam macam rantai makanan?

Dalam rantai makanan, terdapat dua tipe dasar rantai makanan berdasarkan tingkatan awal yang jadi produsen pertamanya. Dua jenis rantai makanan ini yakni rantai makanan rerumputan atau grazing food chain, serta rantai makanan sisa atau detritus food chain atau lebih mudahnya rantai makanan detritus.

You might be interested:  FAQ: Bagaimana Dampak Pemanasan Global Terhadap Ekosistem Laut?

Siapa yang berada di puncak rantai makanan?

Puncak dari rantai makanan adalah elang yang memakan ular. Saat elang mati, tubuhnya akan terurai oleh dekomposer yang ada di tanah. Dekomposer atau pengurai bisa berupa jamur dan bakteri. Zat-zat yang terurai menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh produsen.

Dalam rantai makanan siapakah yang berperan sebagai produsen?

Produsen merupakan penghasil. Dalam kehidupan di bumi yang berperan sebagai produsen adalah tumbuhan hijau karena tumbuhan hijau dapat membuat makanannya sendiri. Makluk hidup yang secara langsung tergantung pada produsen yaitu hewan pemakan tumbuhan, misalnya kerbau yang memakan rumput.

Apakah zooplankton memakan tumbuhan?

fitoplankton adalah plankton tumbuhan. Jadi kesimpulannya zooplankton memakan fitoplankton.

Apa yang dimaksud dengan fitoplankton dan zooplankton?

Fitoplankton (plankton tumbuhan) merupakan produsen dalam rantai makanan sehingga sangat penting untuk mendukung kehidupan biota laut, sedangkan zooplankton (plankton hewan) merupakan konsumen pertama sehingga sangat penting sebagai penghubung antara produsen dengan hewan – hewan pada tingkat tropik yang lebih tinggi.

Apa perbedaan antara fitoplankton dan zooplankton?

Plankton dapat dibedakan menjadi dua golongan besar yaitu fitoplankton (plankton nabati) yaitu plankton yang menyerupai tumbuhan karena dapat melakukan fotosintesis sehingga disebut produsen primer dalam ekosistem air dan zooplankton (plankton hewani) yaitu plankton yang menyerupai hewan karena memiliki alat gerak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sering ditanyakan: Apa Arti Dari Biota Laut?

Secara sederhana, semua makhluk yang hidup di dalam laut dapat disebut sebagai biota laut. Apa yang dimaksud dengan biota laut? Contents1 Apa arti istilah biota laut?2 Apa itu biota laut brainly?3 Apa kata arti biota?4 Apa saja yang termasuk biota laut berdasarkan sifatnya?5 Apa saja yg termasuk biota laut?6 Apakah plankton termasuk biota laut?7 Apa […]

Sering ditanyakan: Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri Tinggi?

Beberapa ikan yang tinggi merkuri termasuk hiu, ikan todak, marlin, king mackerel, tilefish, tuna. Pastikan untuk memilih berbagai ikan yang lebih rendah merkuri, seperti salmon, nila, udang, ikan cod, ikan lele, dan ikan patin. Contents1 Ikan apa saja yang mengandung merkuri?2 Ikan apa saja yang tidak mengandung merkuri?3 Ikan belanak apakah mengandung merkuri?4 Apakah ikan […]

Adblock
detector