Pertanyaan: Rantai Makanan Yang Ada Di Laut?

Jaring-Jaring Makanan di Laut

  • Fitoplankton – cacing laut – ikan kecil –ikan besar.
  • Fitoplankon – udang – ikan kecil – ikan besar – anjing laut – paus pembunuh.
  • Fitoplankton – larva ikan – ikan besar – hiu.
  • Alga – zooplankton – ikan kecil – ikan besar.
  • Alga – zooplankton – ubur-ubur – penyu laut.

Rantai makanan di laut apa saja?

Jaring-jaring Makanan di Laut Lengkap

  • Energi matahari → alga → ikan kecil → ikan besar → hiu → dekomposer.
  • Energi matahari → fitoplankton → ikan kecil → burung bangau → ular laut → dekomposer.
  • Energi matahari → fitoplankton → udang → ikan → singa laut → hiu → dekomposer.

Apa yang dimakan plankton?

Zooplankton Terdapat dua jenis zooplankton yaitu zooplankton pemakan fitoplankton (konsumen I) dan zooplankton pemakan zooplankton yang lebih kecil (konsumen II dan III).

Zooplankton merupakan konsumen tingkat berapa?

Konsumen tingkat pertama ( konsumen primer), adalah konsumen yang memakan tumbuhan secara langsung, misalnya, hewan pemakan tumbuhan (herbivora), seperti zooplankton, ulat, belalang, tikus, sapi, kerbau, kambing, dan kuda. Konsumen tingkat kedua ( konsumen sekunder), adalah konsumen yang memakan konsumen tingkat pertama.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Ikan Yang Bisa Hidup Di Air Tawar Dan Air Laut?

Siapa yang menjadi produsen dalam rantai makanan di lautan?

Berikut adalah salah satu contoh rantai makanan yang ada di laut. Berdasarkan skema rantai makanan tersebut, dapat dijelaskan bahwa alga memiliki peran sebagai produsen karena menjadi sumber makanan bagi organisme laut lainnya.

Bagaimana rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem laut brainly?

Jawaban: rantai makanan yg terjadi di ekosistem laut: -Energi matahari → alga → ikan kecil → ikan besar → hiu → pengurai. -Energi matahari → fitoplankton → ikan kecil → burung bangau → ular laut → pengurai.

Apakah plankton dimakan ikan?

Bagi kebanyakan makhluk laut, plankton adalah makanan utama mereka. Plankton terdiri dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut. Beberapa makhluk laut yang memakan plankton adalah seperti batu karang, kerang, dan ikan paus.

Apa yang dimaksud dengan fitoplankton dan zooplankton?

Fitoplankton (plankton tumbuhan) merupakan produsen dalam rantai makanan sehingga sangat penting untuk mendukung kehidupan biota laut, sedangkan zooplankton (plankton hewan) merupakan konsumen pertama sehingga sangat penting sebagai penghubung antara produsen dengan hewan – hewan pada tingkat tropik yang lebih tinggi.

Apa perbedaan antara fitoplankton dan zooplankton?

Plankton dapat dibedakan menjadi dua golongan besar yaitu fitoplankton (plankton nabati) yaitu plankton yang menyerupai tumbuhan karena dapat melakukan fotosintesis sehingga disebut produsen primer dalam ekosistem air dan zooplankton (plankton hewani) yaitu plankton yang menyerupai hewan karena memiliki alat gerak

Mengapa fitoplankton dianggap penting dalam dunia tumbuhan laut?

1.1 Latar Belakang Fitoplankton merupakan organisme penting di laut karena menjadi organisme dasar dalam menyusun rantai makanan dalam suatu ekosistem. Fitoplankton disebut juga sebagai “padang rumput di laut ” atau produsen yang menghasilkan sumber makanan dari bahan anorganik (Webber dan Thurman, 1991).

You might be interested:  Jawaban Cepat: Jenis Kabel Yang Digunakan Untuk Kabel Bawah Laut?

Apakah zooplankton termasuk konsumen 1?

Organisme pemakan tumbuhan, atau yang biasa dikenal dengan herbivora merupakan konsumen tingkat I, karena organisme ini memakan tumbuhan yang berlaku sebagai produsen. Jika di ekosistem laut, yang menjadi konsumen tingkat I adalah zooplankton, yang memanfaatkan fitoplankton sebagai sumber makanan.

Apakah fitoplankton termasuk konsumen?

Plankton terbagi atas dua kelompok, fitoplankton dan zooplankton. Plankton merupakan komponen utama dalam rantai makanan ekosistem perairan. Fitoplankton berperan sebagai produsen primer dan zooplankton sebagai konsumen pertama yang menghubungkan dengan biota pada tingkat trofik yang lebih tinggi.

Dalam rantai makanan tikus termasuk konsumen nomor berapa?

Tikus, dalam siklus ini tikus merupakan konsumen primer. Hal ini dikarenakan tikus sebagai hewan pemakan tumbuhan. Di mana pada siklus di atas tikus akan memakan padi untuk kelangsungan hidupnya.

Jika didalam sebuah ekosistem populasi konsumen lebih banyak daripada jumlah produsen maka apa yang akan terjadi?

karena produsen yang menghasilkan makanan bagi konsumen. jika konsumen lebih banyak dari pada produsen maka ketersediaan produsen akan habis dan konsumen kehilangan sumber makanannya.

Siapakah yang menjadi produsen di ekosistem sungai?

Pada ekosistem sungai, yang berperan sebagai produsen yaitu Fitoplankton dan tumbuhan air seperti Alga, lumut. Fitoplankton mempunyai klorofil sehingga melakukan fotosintesis. Dalam rantai makanan produsen berada pada tingkat trofik pertama. Konsumen I adalah makhluk hidup yang memakan produsen secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Bagaimana Penentuan Wilayah Laut Teritorial Yang Lebar Laut Kurang Dari 24 Mil?

Apabila laut yang lebarnya kurang dari 24 mil dikuasai oleh dua negara, maka penentuan wilayah laut teritorial tiap-tiap negara dilakukan dengan cara menarik garis yang sama jauhnya dari garis pantai terluar. Contents1 Jika terdapat dua negara atau lebih yang menguasai lautan yang kurang dari 24 mil Bagaimanakah negara tersebut untuk menentukan batas teritorialnya?2 Bagaimana penentuan […]

Sering ditanyakan: Bagaimana Cara Membuat Air Laut Buatan?

Contents1 Apakah ikan air laut bisa hidup di air garam?2 Bagaimana cara memelihara ikan air laut di akuarium?3 Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat aquarium air laut?4 Berapa lama ganti air laut Aquarium?5 Ikan apakah yang hidup di air asin?6 Apakah ikan air tawar dapat hidup lama di air laut demikian juga sebaliknya?7 Gimana cara […]

Adblock
detector