Kuda Laut Berkembang Biak Dengan Cara Apa?

Kuda laut adalah hewan ovovivipar yang unik hal ini dikarenakan setelah melakukan pembuahan sel telur betina, betina akan memindahkan sel telur yang telah dibuahi ke dalam tubuh jantan. Setelah itu jantan menyimpan telur-telur tersebut ke dalam kantongnya hingga menetas.

Apakah kuda laut berkembang biak dengan cara ovovivipar?

Kuda laut berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan ( ovovivipar ). Menariknya, kuda laut jantan adalah yang bertugas menjaga telur dalam tubuhnya hingga saat melahirkan tiba.

Apakah kuda laut berkembang biak dengan cara vegetatif?

Tidak seperti pada ikan lain yang berkembang biak dengan bertelur (ovipar) dengan pembuahan di luar tubuh (fertilisasi eksternal), kuda laut berkembang biak dengan bertelur, namun telur berkembang dalam tubuh kuda laut jantang hingga melahirkan (ovovivipar) dengan pembuahan di dalam tubuh (fertilisasi internal).

Apakah benar kuda laut jantan melahirkan?

Mengutip National Geographic, kuda laut memang berbeda dengan manusia dan makhluk hidup pada umumnya. Hal itu karena kuda laut jantanlah yang mengandung anak dari pasangannya, sekaligus melahirkannya. Kuda laut jantan memiliki kantong di perutnya unuk membawa bayi hingga 2.000 bayi sekaligus.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Zat Yang Terkandung Pada Ikan Laut?

Apakah kuda laut bertelur dan melahirkan?

Kuda laut adalah hewan ovovivipar yang unik. Setelah pembuahan sel telur betina, betina akan memindahkan sel telur yang dibuahi ke dalam tubuh jantan. Jantan kemudian menyimpan telur – telur tersebut dalam kantungnya hingga menetas.

Hewan ovovivipar apa saja?

Sementara itu, hewan ovovivipar menyimpan telur di dalam tubuh betina. Telur tersebut akan menetas di dalam dan betina akan melahirkan bayinya yang telah menetas tersebut. Beberapa contoh hewan ovovivipar adalah platipus, kuda laut, hiu putih, vipera aspis, dan cacing lamban.

Apa yang dimaksud dengan ovovivipar dan contohnya?

Ovovivipar adalah noda satu cara berkembang biaknya hewan adalah dengan cara bertelur dan beranak, embrionya berkembang di dalam telur, dan telur tetap berada di dalam tubuh induknya hingga telur menetas. Sebagian contoh hewan ovovivipar adalah hiu, ikan pari, dan sebagian jenis ular.

Apakah kuda laut itu bertelur?

Jakarta – Kuda laut dan kadal termasuk hewan ovovivipar yang punya ciri khas dalam berkembang biak. Hewan ovovivipar memperbanyak diri dengan bertelur dan melahirkan, tidak seperti hewan lain yang menggunakan salah satunya. Zigot tumbuh menjadi embrio di dalam telur, seperti yang terjadi pada kadal dan kuda laut.

Apa yang dimaksud dengan ovipar vivipar dan ovovivipar?

Dari buku “Asyik Mengerjakan PR Sains SD Kelas 6” oleh Alfarian, ovipar merupakan cara hewan berkembang hidup dengan cara bertelur, sedangkan vivipar adalah dengan cara melahirkan. Sementara ovovivipar adalah berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus melahirkan.

Bintang laut berkembang biak dengan cara apa?

Bintang laut dapat bereproduksi secara seksual (secara kawin) dan aseksual (secara tak kawin). Dalam reproduksi seksual, pembuahan terjadi di air dengan bintang laut jantan melepaskan sel sperma dan bintang laut betina melepaskan sel telur ke perairan. Bagian tubuh di bintang laut yang lepas ini kemudian tumbuh lagi.

You might be interested:  Pertanyaan: Hewan Laut Yang Bernapas Dengan Paru-paru?

Apakah kuda laut betina melahirkan?

Sang kuda laut jantan yang melahirkan anaknya. Kuda laut adalah hewan ovovivipar yang memilki keunikan setelah melakukan pembuahan sel telur betina, si betina akan memindahkan sel telur yang telah dibuahi ke dalam tubuh jantan.

Mengapa kuda laut jantan yang mengerami telurnya?

Teori lainnya yang menjelaskan mengapa pejantan yang mengandung adalah agar kuda laut lebih cepat membuat bayi. Sang betina mendepostikan telurnya yang siap dibuahi ketika kawin dengan pejantan sehingga mereka bisa membuat lebih banyak telur.

Bagaimana cara reproduksi kuda laut jantan?

Kuda laut jantan memiliki kantong perut. Saat kawin, kuda laut betina menaruh hingga 1500 telur ke dalam kantong tersebut. Proses pembuahan terjadi secara internal. Lapisan dalam kantong perut dipenuhi oleh pembuluh darah, lalu kuda laut jantan membuahi telur-telurnya menjadi embrio.

Apakah ular itu bertelur atau beranak?

Sementara itu, ular yang bertelur dan melahirkan (ovovivipar) terlebih dulu membentuk telur di dalam rahim ular betina. Kemudian, bayi ular akan menetas dan dilahirkan hidup-hidup. Contoh spesies ular yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah ular boa dan ular derik.

Apakah bintang laut bertelur dan melahirkan?

Setelah cukup umur, embrio akan menetas dan keluar dari tubuh induknya seperti proses melahirkan. Bintang laut melakukan perkawinan secara eksternal, artinya telur atau ovum dibuahi diluar tubuh induknya, seperti pada kelas Pisces (ikan).

Hewan apa yang melahirkan dan bertelur?

Binatang yang berkembangbiak secara melahirkan disebut vivipar. Lalu, beberapa binatang yang berkembangbiak secara melahirkan anatara lain kucing, kijang, gajah, sapi, kerbau, harimau, dll. Sedangkan binatang yang berkembangbiak secara bertelur melahirkan disebut ovovivipar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sering ditanyakan: Apa Arti Dari Biota Laut?

Secara sederhana, semua makhluk yang hidup di dalam laut dapat disebut sebagai biota laut. Apa yang dimaksud dengan biota laut? Contents1 Apa arti istilah biota laut?2 Apa itu biota laut brainly?3 Apa kata arti biota?4 Apa saja yang termasuk biota laut berdasarkan sifatnya?5 Apa saja yg termasuk biota laut?6 Apakah plankton termasuk biota laut?7 Apa […]

Sering ditanyakan: Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri Tinggi?

Beberapa ikan yang tinggi merkuri termasuk hiu, ikan todak, marlin, king mackerel, tilefish, tuna. Pastikan untuk memilih berbagai ikan yang lebih rendah merkuri, seperti salmon, nila, udang, ikan cod, ikan lele, dan ikan patin. Contents1 Ikan apa saja yang mengandung merkuri?2 Ikan apa saja yang tidak mengandung merkuri?3 Ikan belanak apakah mengandung merkuri?4 Apakah ikan […]

Adblock
detector