Jawaban Cepat: Sebutkan Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Tinggi Rendahnya Kadar Garam Di Laut?

Faktorfaktor yang mempengaruhi tinggirendahnya kadar garam atau salinitas adalah sebagai berikut:

  • Penguapan, semakin tinggi penguapan kadar garam semakin tinggi seperti Laut Mati dan Laut merah.
  • Curah hujan, semakin tinggi curah hujan maka semakin rendah kadar garamnya seperti lautlaut di Indonesia.

Mengapa kadar garam air laut di setiap daerah tidak sama jelaskan?

Penguapan, makin besar tingkat penguapan air laut di suatu wilayah, maka salinitasnya tinggi dan sebaliknya pada daerah yang rendah tingkat penguapan air lautnya, maka daerah itu rendah kadar garamnya.

Mengapa perairan laut Indonesia memiliki kadar garam yang rendah?

Curah hujan yang tinggi inilah yang lalu turun kelaut dan berpengaruh secara langsung terhadap kadar garam air laut menjadi tidak tinggi lagi karena terkena air hujan yang rasanya neteral. Nah tadi merupakan salah satu faktor penyebab kadar garam atau salinitas laut Indonesia rendah.

You might be interested:  Tanya pembaca: Gunung Berapi Aktif Yang Terdapat Di Tengah Laut Yaitu?

Apakah arus laut mempengaruhi kadar garam?

Laut yang dipengaruhi arus panas, maka salinitasnya akan naik (tinggi). Hal ini berlaku pula sebaliknya, dimana laut yang dipengaruhi arus dingin, maka salinitasnya akan turun (rendah).

Apakah peningkatan curah hujan mempengaruhi kadar garam air laut?

Curah hujan, makin banyak curah hujan maka salinitas makin rendah, kebalikannya makin kecil curah hujan maka salinitasnya makin tinggi. Air sungai yang bermuara ke laut, makin banyak air sungai yang bermuara ke laut, maka salinitas air laut tersebut rendah.

Apa yang menyebabkan salinitas di laut jauh lebih besar dibandingkan dengan air danau?

Faktor Penyebab Salinitas Salinitas dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut: Penguapan – Tingkat penguapan yang semakin tinggi disuatu wilayah perairan akan menyebabkan salinitas semakin tinggi. Curah Hujan – Semakin tinggi intensistas curah hujan di suatu wilayah perairan, maka kadar garam akan semakin rendah.

Kenapa kadar garam di laut tinggi?

Apabila tingkat penguapan air laut semakin besar, maka kadar garamnya akan tinggi. Sebaliknya, Apabila tingkat penguapan air laut semakin semakin rendah, maka kadar garamnya akan semakin rendah. Apabila curah hujan yang turun di perairan laut semakin besar, maka kadar garamnya akan rendah.

Mengapa salinitas Indonesia rendah?

Salinitas di Indonesia termasuk rendah bila dibandingkan lautan lain. Karena Indonesia terletak di daerah dekat Khatulistiwa (Equator), maka Indonesia memiliki iklim tropis yang berciri curah hujan tinggi. Curah hujan ini menyebabkan banyaknya air tawar yang masuk ke dalam lautan.

Faktor apa saja yang mempengaruhi proses pembuatan garam?

Baik kuantitas dan kualitas suhu serta sinar matahari ternyata berpengaruh dalam proses produksi garam. Semakin terik matahari berarti mempercepat proses penguapan. Begitu juga dengan faktor ketiga yaitu kecepatan angin serta faktor keempat yaitu kelembapan udara di sekitar tambak.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Apa Yang Dimaksud Dengan Intrusi Air Laut?

Yang termasuk laut ingresi apa?

Contoh laut ingresi:

  • Laut Banda (7.400 meter)
  • Laut Flores (5.590 meter)
  • Laut Sulawesi (5.590 meter)
  • Laut Tengah (4.400 meter)
  • Laut Jepang (4.000 meter).

Faktor apa yang mempengaruhi kadar garam salinitas air laut?

Faktor – faktor yang mempengaruhi tinggi-rendahnya kadar garam atau salinitas adalah sebagai berikut:

  • Penguapan, semakin tinggi penguapan kadar garam semakin tinggi seperti Laut Mati dan Laut merah.
  • Curah hujan, semakin tinggi curah hujan maka semakin rendah kadar garamnya seperti laut – laut di Indonesia.

Berapa kadar garam perairan laut?

A. Air laut secara alami merupakan air saline dengan kandungan garam sekitar 35%. Beberapa danau garam di daratan dan beberapa lautan memili kadar garam lebih tinggi dari air laut umumnya.

Tuliskan apa yang dimaksud dengan kadar garam?

Jawaban: Keasinan atau Salinitas adalah tingkat keasinan atau kadar garam terlarut dalam air. Salinitas juga dapat mengacu pada kandungan garam dalam tanah.

Apakah curah hujan mempengaruhi salinitas?

2. Curah hujan, semakin besar atau banyak curah hujan yang terjadi di suatu wilayah laut maka salinitas air laut itu akan rendah dan sebaliknya ketika semakin sedikit atau kecil curah hujan yang turun maka salinitas airnya akan tinggi.

4 Apakah salinitas atau kadar garam itu Sebutkan faktor yang menyebabkan tinggi rendahnya salinitas?

Penguapan semakin besar maka salinitas semakin tinggi, kebalikannya makin kecil penguapan maka salinitasnya makin rendah. Makin banyak curah hujan maka salinitas makin rendah, kebalikannya makin rendah curah hujan maka salinitasnya makin tinggi.

Mengapa air laut memiliki salinitas yang tinggi?

Umumnya, air laut di wilayah khatulistiwa memiliki salinitas yang tinggi karena suhu yang lebih panas sehingga banyak penguapan terjadi. Sementara itu, air laut di dekat kutub memiliki salinitas yang rendah karena es yang mencair dan hujan lebat mengencerkan air laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sering ditanyakan: Apa Arti Dari Biota Laut?

Secara sederhana, semua makhluk yang hidup di dalam laut dapat disebut sebagai biota laut. Apa yang dimaksud dengan biota laut? Contents1 Apa arti istilah biota laut?2 Apa itu biota laut brainly?3 Apa kata arti biota?4 Apa saja yang termasuk biota laut berdasarkan sifatnya?5 Apa saja yg termasuk biota laut?6 Apakah plankton termasuk biota laut?7 Apa […]

Sering ditanyakan: Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri Tinggi?

Beberapa ikan yang tinggi merkuri termasuk hiu, ikan todak, marlin, king mackerel, tilefish, tuna. Pastikan untuk memilih berbagai ikan yang lebih rendah merkuri, seperti salmon, nila, udang, ikan cod, ikan lele, dan ikan patin. Contents1 Ikan apa saja yang mengandung merkuri?2 Ikan apa saja yang tidak mengandung merkuri?3 Ikan belanak apakah mengandung merkuri?4 Apakah ikan […]

Adblock
detector