Jawaban Cepat: Kekayaan Alam Yang Ada Di Laut?

Apa saja kekayaan yang ada di laut?

Sumber daya hayati meliputi ikan, terumbu karang, padang lamun, mangrove dan biota laut lain. Sumber daya nonhayati meliputi pasir, air laut, mineral dasar laut. Sumber daya buatan meliputi infrastruktur laut yang terkait dengan kelautan dan perikanan.

Apa saja kekayaan laut yang dihasilkan oleh laut Indonesia?

Kekayaan laut Indonesia juga terlihat dari keanekaragaman hayati biota laut. Laut Indonesia memiliki 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 spesies biota terumbu karang. Maka Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman hayati laut terbesar di dunia (marine mega-biodiversity).

Apa saja yang ada di lautan?

Ikan,terumbu karang,ular laut,paus,lumba-lumba,gurita,cumi-cumi raksasa,ubur-ubur,kura-kura,penyu laut,dll.

Potensi apa saja yang mungkin dapat dioptimalkan dari laut Indonesia?

5 Potensi laut Indonesia adalah 1) penghasil ikan, udang, cumi-cumi, dan sebagainya; 2) penghasil energi dan juga bahan tambang; 3) jalur perhubungan laut; 4) aset pariwisata; dan 5) sumber daya alam laut seperti terumbu karang.

You might be interested:  FAQ: Hewan Laut Yang Dilindungi Di Indonesia?

Apa saja kekayaan yang di miliki Indonesia selain hewan?

Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia diantaranya adalah:

  • Tanah vulkanik dan aluvial yang subur.
  • Keanekaragaman fauna dan flora.
  • Kekayaan dan keindahan bawah laut.
  • Aneka barang tambang yang melimpah.
  • Hutan yang luas sebagai supply oksigen.
  • Curah hujan dan cahaya matahari sepanjang tahun.

Apa saja potensi yang ada di Indonesia?

Potensi sumber daya alam Indonesia

  • Hutan.
  • Lautan.
  • Minyak bumi.
  • Gas alam.
  • Batu bara.

Berapa potensi lestari sumber daya laut di Indonesia?

Potensi lestari sumber daya ikan laut Indonesia sebesar 6,5 juta ton per tahun tersebar di perairan wilayah Indonesia dan perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) yang terbagi dalam sembilan wilayah perairan utama Indonesia.

Mengapa potensi laut Indonesia lebih banyak di bagian timur Indonesia?

Selain itu, letak perairan di Indonesia timur pada pertemuan antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia menyebabkan arus yang membawa banyak plankton dan mendukung pertumbuhan terumbu karang. Terumbu karang ini kaya akan makanan dan memiliki tempat di sela-selanya yang melindungi dari arus laut yang kuat.

Potensi sumber daya alam dan Kemaritiman apa saja yang di miliki Indonesia?

Potensi sumber daya laut Indonesia tidak hanya berupa ikan, namun meliputi juga berbagai bahan tambang seperti minyak bumi, nikel, emas, bauksit, pasir, bijih besi, timah, dan lain-lain yang berada di bawah permukaan laut.

Apa yang ada di dasar laut paling dalam?

Palung Mariana, atau Palung Marianas adalah palung yang paling dalam yang diketahui terletak di dasar laut sebelah timur kepulauan Mariana barat Samudra Pasifik dekat dengan Jepang dan pulau Guam, dan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi.

You might be interested:  Pertanyaan: Apa Saja Pemanfaatan Sumber Daya Alam Laut?

Apa saja yang ada di pantai?

Apa saja benda yang ada di pantai? Jawaban: Kapal, pancingan, keranjang ikan, jaring, pelampung, sampan, pasir, batu, air, kerang, balon dan layang-layang.

Pekerjaan apa saja yang ada di laut?

Jenis-jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut

  • Nelayan.
  • Petani Garam.
  • Pemandu wisata.
  • Penambang minyak bumi di laut lepas.
  • Penyelam (Pencari) teripang laut.
  • Pelayaran.
  • Petani budidaya Kerang dan Mutiara.
  • Pengrajin kayu yang memanfaatkan hutan rotan.

Potensi apa saja yang dimiliki oleh negara Indonesia sebagai negara maritim?

Dengan beragamnya potensi maritim Indonesia, antara lain industri bioteknologi kelautan, perairan dalam (deep ocean water), wisata bahari, energi kelautan, mineral laut, pelayaran, pertahanan, serta industri maritim, sebenarnya dapat memberikan kontribusi besar bagi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia.

Penjelasan dan potensi apa yang dapat dihasilkan di laut Indonesia?

Laut Indonesia sangat kaya akan spesies ikan. Sebanyak 37% spesies ikan yang ada di dunia ada di laut Indonesia. Wilayah pesisr dan lepas pantai Indonesia menyimpan potensi minyak bumi dan juga gas bumi. Sedangkan wilayah laut Indonesia sangat kaya akan mineral emas, timah, bijih besi, perak, dan lain sebagainya.

Jelaskan sumber daya alam potensial apa saja yang tersimpan di laut Indonesia?

Indonesia memiliki 70% potensi minyak dan gas bumi yang tersimpan di wilayah pesisir dan lepas pantai. Selain besarnya potensi migas di laut Indonesia, wilayah laut Indonesia juga sangat kaya dengan bahan mineral seperti emas, perak, timah, bijih besi, mangan, pasir kuarsa, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sering ditanyakan: Apa Arti Dari Biota Laut?

Secara sederhana, semua makhluk yang hidup di dalam laut dapat disebut sebagai biota laut. Apa yang dimaksud dengan biota laut? Contents1 Apa arti istilah biota laut?2 Apa itu biota laut brainly?3 Apa kata arti biota?4 Apa saja yang termasuk biota laut berdasarkan sifatnya?5 Apa saja yg termasuk biota laut?6 Apakah plankton termasuk biota laut?7 Apa […]

Sering ditanyakan: Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri Tinggi?

Beberapa ikan yang tinggi merkuri termasuk hiu, ikan todak, marlin, king mackerel, tilefish, tuna. Pastikan untuk memilih berbagai ikan yang lebih rendah merkuri, seperti salmon, nila, udang, ikan cod, ikan lele, dan ikan patin. Contents1 Ikan apa saja yang mengandung merkuri?2 Ikan apa saja yang tidak mengandung merkuri?3 Ikan belanak apakah mengandung merkuri?4 Apakah ikan […]

Adblock
detector