Jawaban Cepat: Faktor Yang Mempengaruhi Salinitas Air Laut Adalah?

Curah hujan, makin banyak curah hujan maka salinitas makin rendah, kebalikannya makin kecil curah hujan maka salinitasnya makin tinggi. Air sungai yang bermuara ke laut, makin banyak air sungai yang bermuara ke laut, maka salinitas air laut tersebut rendah.

Faktor apa saja yang mempengaruhi salinitas air laut?

Sebaran salinitas di laut dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti pola sir- kulasi air, penguapan, curah hujan dan aliran sungai (Nontji, 2002).

Faktor apa saja yang mempengaruhi air laut?

Jawaban

  • Penguapan. Penguapan semakin besar maka salinitas semakin tinggi, kebalikannya makin kecil penguapan maka salinitasnya makin rendah.
  • Curah hujan.
  • Air sungai.
  • Letak dan ukuran laut.
  • Arus laut.
  • Angin.

Apa saja faktor yang mempengaruhi kadar garam air laut?

Apabila tingkat penguapan air laut semakin besar, maka kadar garamnya akan tinggi. Sebaliknya, Apabila tingkat penguapan air laut semakin semakin rendah, maka kadar garamnya akan semakin rendah. Apabila curah hujan yang turun di perairan laut semakin besar, maka kadar garamnya akan rendah.

You might be interested:  Pahlawan Yang Gugur Dalam Pertempuran Laut Aru Adalah?

Mengapa salinitas air laut di masing masing laut tidak sama?

Kadar garam air laut berubah-ubah akibat pertambahan dan pengurangan molekul-molekul air melalui proses penguapan dan hujan. Salinitas meningkat apabila laju penguapan di sebuah daerah lebih besar daripada hujan. Begitupula sebaliknya. Kondisi tergantung pada garis lintang suatu daerah dan pergantian musim.

Faktor apa saja yang menyebabkan salinitas di laut menurun atau meningkat?

Curah hujan yang tinggi inilah yang lalu turun kelaut dan berpengaruh secara langsung terhadap kadar garam air laut menjadi tidak tinggi lagi karena terkena air hujan yang rasanya neteral. Nah tadi merupakan salah satu faktor penyebab kadar garam atau salinitas laut Indonesia rendah.

Apa itu faktor salinitas?

Salinitas dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut: Penguapan – Tingkat penguapan yang semakin tinggi disuatu wilayah perairan akan menyebabkan salinitas semakin tinggi. Curah Hujan – Semakin tinggi intensistas curah hujan di suatu wilayah perairan, maka kadar garam akan semakin rendah.

Kenapa air laut memiliki salinitas yang tinggi dibandingkan dengan air tawar?

Air laut memiliki kadar garam karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat di dalam batu-batuan dan tanah. Lama-kelamaan air laut menjadi asin karena banyak mengandung garam. Air tawar lebih ringan dari air asin.

Mengapa sungai dapat mempengaruhi salinitas?

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat salinitas lautan adalah keberadaan Muara Sungai. Keberadaan Muara Sungai dapat mempengaruhi jumlah air tawar yang masuk ke dalam laut tersebut. Semakin banyak jumlah air tawar yang masuk ke dalam perairan laut, maka salinitas nya akan semakin rendah.

Apakah arus laut mempengaruhi kadar garam?

Laut yang dipengaruhi arus panas, maka salinitasnya akan naik (tinggi). Hal ini berlaku pula sebaliknya, dimana laut yang dipengaruhi arus dingin, maka salinitasnya akan turun (rendah).

You might be interested:  Pertanyaan: Bagaimana Proses Terjadinya Angin Darat Dan Angin Laut?

Apa yang dimaksud dengan kadar garam?

Keasinan atau Salinitas adalah tingkat keasinan atau kadar garam terlarut dalam air. Salinitas juga dapat mengacu pada kandungan garam dalam tanah.

Apakah kedalaman mempengaruhi salinitas?

Hal ini menunjukkan bahwa kedalaman berpengaruh terhadap salinitas meskipun tidak signifikan yaitu nilai salinitas akan bertambah seiring dengan bertambahnya kedalaman. Percampuran antara massa air tawar dan air laut dapat menyebabkan nilai salinitas menjadi rendah [8].

Mengapa perairan laut di Indonesia cenderung memiliki kadar garam lebih rendah dibandingkan kadar garam laut di perairan wilayah lainnya?

Karena Indonesia terletak di daerah dekat Khatulistiwa (Equator), maka Indonesia memiliki iklim tropis yang berciri curah hujan tinggi. Curah hujan ini menyebabkan banyaknya air tawar yang masuk ke dalam lautan. Dengan demikian persentase garam akan berkurang dan kadar garam rendah.

4 Apakah salinitas atau kadar garam itu Sebutkan faktor yang menyebabkan tinggi rendahnya salinitas?

Penguapan semakin besar maka salinitas semakin tinggi, kebalikannya makin kecil penguapan maka salinitasnya makin rendah. Makin banyak curah hujan maka salinitas makin rendah, kebalikannya makin rendah curah hujan maka salinitasnya makin tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sering ditanyakan: Apa Arti Dari Biota Laut?

Secara sederhana, semua makhluk yang hidup di dalam laut dapat disebut sebagai biota laut. Apa yang dimaksud dengan biota laut? Contents1 Apa arti istilah biota laut?2 Apa itu biota laut brainly?3 Apa kata arti biota?4 Apa saja yang termasuk biota laut berdasarkan sifatnya?5 Apa saja yg termasuk biota laut?6 Apakah plankton termasuk biota laut?7 Apa […]

Sering ditanyakan: Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri Tinggi?

Beberapa ikan yang tinggi merkuri termasuk hiu, ikan todak, marlin, king mackerel, tilefish, tuna. Pastikan untuk memilih berbagai ikan yang lebih rendah merkuri, seperti salmon, nila, udang, ikan cod, ikan lele, dan ikan patin. Contents1 Ikan apa saja yang mengandung merkuri?2 Ikan apa saja yang tidak mengandung merkuri?3 Ikan belanak apakah mengandung merkuri?4 Apakah ikan […]

Adblock
detector