FAQ: Apa Yang Terjadi Dengan Laut Cina Selatan?

Sengketa apa yang terjadi di Laut Cina Selatan?

Sengketa Laut China Selatan: ‘Armada kapal ikan’ China bikin Filipina khawatir. Filipina merilis foto kapal-kapal China yang tertambat di batu karang pada 7 Maret. Filipina meminta China untuk menarik lebih dari 200 kapal yang dituduh melanggar batas wilayah perairannya di Laut China Selatan.

Mengapa Indonesia terlibat dalam sengketa Laut China Selatan?

Laut cina selatan diketahui sebagai jalur perdagangan internasional yang menyimpan kekayaan sumber daya alam di dalamnya. Bagi Indonesia sendiri, perhatian utamanya dalam konflik ini adalah untuk mempertahankan keamanan negaranya serta melindungi pulau Natuna yang rentan terdampak.

Laut Cina Selatan itu milik siapa?

Sebagian besar laut ini dikuasai Jepang pada masa Perang Dunia II usai pendudukan militer di Asia Tenggara pada tahun 1941.

Laut Cina Selatan terletak di mana?

Laut China Selatan terletak di sebelah selatan Republik Rakyat Tiongkok dan Taiwan; di sebelah barat Filipina; di sebelah barat Laut Sabah (Malaysia), Sarawak (Malaysia), dan Brunei Darussalam; di sebelah utara Indonesia; di sebelah timur laut Semenanjung Malaya (Malaysia) dan Singapura; dan di sebelah timur Vietnam.

Mengapa pulau Natuna menjadi rebutan antara Indonesia dan China?

Secara total sengketa di kawasan itu melibatkan China, Brunei Darussalam, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Indonesia. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto mengatakan Natuna memang jadi rebutan banyak negara karena potensi sumber daya laut yang menggiurkan.

You might be interested:  Pertanyaan: Kandungan Kalium Yang Terdapat Pada Rumput Laut Bermanfaat Untuk?

Apakah Indonesia ikut melakukan klaim diwilayah Laut Cina Selatan?

Meskipun Indonesia bukan pada posisi Negara yang ikut melakukan klaim atas kepemilikan wilayah di Laut China Selatan, tetapi pada tataran ASEAN Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata sebagai negara terbesar di ASEAN yang mengharuskan Indonesia ikut andil dalam diplomasi pertahanan di kawasan tersebut tentunya.

Bagaimana posisi Indonesia dalam konflik laut Cina?

Retno menekankan posisi Indonesia di Laut China Selatan sangat jelas dan konsisten. Ditambahkannya bahwa hak Indonesia atas Zona Ekonomi Eksklusif ZEE) di Laut China Selatan juga sangat jelas dan konsisten, dan hal ini sejalan dengan Hukum Laut Internasional 1982. Sikap Indonesia atas ZEE itu juga didukung oleh putusan

Kenapa China ingin menguasai Laut Cina Selatan?

Guna mengurangi impor minyak, dalam jangka panjang negara ini memanfaatkan laut China selatan sebagai tempat memperoleh ladang minyak baru dan sekaligus sebagai jalur lintas perdagangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sering ditanyakan: Apa Arti Dari Biota Laut?

Secara sederhana, semua makhluk yang hidup di dalam laut dapat disebut sebagai biota laut. Apa yang dimaksud dengan biota laut? Contents1 Apa arti istilah biota laut?2 Apa itu biota laut brainly?3 Apa kata arti biota?4 Apa saja yang termasuk biota laut berdasarkan sifatnya?5 Apa saja yg termasuk biota laut?6 Apakah plankton termasuk biota laut?7 Apa […]

Sering ditanyakan: Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri Tinggi?

Beberapa ikan yang tinggi merkuri termasuk hiu, ikan todak, marlin, king mackerel, tilefish, tuna. Pastikan untuk memilih berbagai ikan yang lebih rendah merkuri, seperti salmon, nila, udang, ikan cod, ikan lele, dan ikan patin. Contents1 Ikan apa saja yang mengandung merkuri?2 Ikan apa saja yang tidak mengandung merkuri?3 Ikan belanak apakah mengandung merkuri?4 Apakah ikan […]

Adblock
detector