Bagaimana Penentuan Wilayah Laut Teritorial Yang Lebar Lautnya Kurang Dari 24 Mil?

Apabila laut yang lebarnya kurang dari 24 mil dikuasai oleh dua negara, maka penentuan wilayah laut teritorial tiap-tiap negara dilakukan dengan cara menarik garis yang sama jauhnya dari garis pantai terluar.

Jika terdapat dua negara atau lebih yang menguasai lautan yang kurang dari 24 mil Bagaimanakah negara tersebut untuk menentukan batas teritorialnya?

Jika ada dua negara atau lebih menguasai suatu lautan, sedangkan lebar lautan itu kurang dari 24 mil laut, maka garis teritorial di tarik sama jauh dari garis masing-masing negara tersebut.

Sebutkan batas teritorial Indonesia dan negara apa saja yang berbatasan langsung dengan batas teritorial Indonesia?

Batas Darat Indonesia berbatasan langsung di darat dengan 3 negara, yaitu Papua New Guinea ( berbatasan dengan provinsi Papua), Timor Leste ( berbatasan dengan provinsi Nusa Tenggara Timur), dan Malaysia ( berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur).

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Air Laut Berwarna Hijau Putih Ungu Hitam Dan Merah?

Apa saja macam macam wilayah laut di Indonesia yang terdapat dalam hukum internasional?

Pembagian 3 Wilayah Laut di Indonesia dan Batasnya

  1. Laut teritorial (Territorial Sea) Batas laut teritorial terukur melalui perairan sepanjang 12 mil laut atau 22,224 kilometer dari garis pangkal kepulauan.
  2. Zona Ekonomi Eksklusif (Exclusive Economic Zone)
  3. Landas Kontinen (Continental Shelf)

Wilayah Indonesia yang mana Indonesia mempunyai kedaulatan penuh?

Batas Laut Teritorial Pada area laut yang termasuk dalam garis dalam ini kedaulatan penuh dimiliki Indonesia. Kedaulatan ini termasuk pada wilayah laut, dasar laut hingga tanah lapisan bawah atau subsoil dan udara di atas laut. Bahkan semua jenis sumber daya alam yang ada di dalamnya adalah milik Indonesia.

Jelaskan batas wilayah Indonesia dengan negara apa saja dan jelaskan batasnya darat atau laut?

Indonesia memiliki perbatasan darat internasional dengan tiga negara tetangga yaitu Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste. Sedangkan di laut, perairan Indonesia berbatasan dengan sepuluh negara tetangga yakni: India, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Palau, Australia, Timor Leste dan Papua Nugini.

Mengapa batas wilayah suatu negara diperlukan?

Secara fungsional batas antara negara akan membagi kawasan yang bersambungan, berdampingan atau berhadapan dengan kedaulatan, hukum, atau yurisdiksi yang berbeda. Batas – batas wilayah negara sangat diperlukan untuk melaksanakan hak dan kewajiban negara baik berdasarkan hukum nasional maupun hukum internasional.

Bagaimana negara Indonesia mengatur batas lautnya?

Indonesia memiliki batas teritorial yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura. Selanjutnya, landas kontinen. Area ini berupa dasar laut dan tanah di bawahnya, lanjutan dari laut teritorial hingga 200 mil laut dari garis pangkal pulau. Filipina dan Australia memiliki batas ZEE dengan Indonesia.

You might be interested:  Hewan Laut Yang Hampir Punah?

Berapa luas wilayah laut yurisdiksi nasional Indonesia?

Di dalam batas laut teritorial ini, Indonesia mempunyai hak kedaulatan sepenuhnya. Negara lain dapat berlayar di wilayah ini atas izin pemerintah Indonesia. Luas laut teritorial Indonesia adalah 282.583 km2.

Bagaimana cara menentukan batas wilayah udara?

Batas udara wilayah Indonesia ditentukan oleh garis tegak lurus 90o yang ditarik dari batas wilayah daratan dan perairan.

Apa yang dimaksud dengan wilayah laut teritorial Indonesia?

Yang dimaksud dengan “perairan kepulauan” adalah semua perairan yang terletak pada sisi dalam garis pangkal kepulauan tanpa memperhatikan kedalaman atau jarak dari pantai. Yang dimaksud dengan“ laut teritorial ” adalah jalur laut selebar 12 (dua belas) mil laut yang diukur dari garis pangkal Kepulauan Indonesia.

5 Wilayah laut Indonesia terdiri dari apa saja?

Apa saja sih bagian dari wilayah laut Indonesia?

  • Zona Laut Teritorial. Batas laut teritorial adalah garis khayal yang jaraknya 12 mil dari garis dasar ke arah laut lepas.
  • Zona Landas Kontinen.
  • Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)

Berapa batas wilayah laut Indonesia?

Batas laut teritorial merupakan kedaulatan perairan Indonesia selebar 12 mil laut yang diukur dari garis pangkal kepulauan.

Bagaimana wilayah lautan Indonesia?

Dari total luas wilayah tersebut, 3,25 juta km2 adalah lautan dan 2,55 juta km2 adalah Zona Ekonomi Eksklusif. Hanya sekitar 2,01 juta km2 yang berupa daratan. Dengan luasnya wilayah laut yang ada, Indonesia memiliki potensi kelautan dan perikanan yang sangat besar.

Apa yang dimaksud dengan wilayah ekstrateritorial?

4. Wilayah Ekstrateritorial Wilayah suatu negara yang berada di luar wilayah negara itu disebut wilayah ekstrateritorial. Contohnya adalah kantor kedutaan besar suatu negara yang terletak di negara lain dan kapal asing yang berlayar di laut bebas dengan menggunakan bendera suatu negara.

You might be interested:  Tanya pembaca: Apa Makanan Kuda Laut?

Wilayah perairan Indonesia meliputi apa saja?

Wilayah Perairan Indonesia meliputi laut teritorial Indonesia, perairan kepulauan, dan perairan pedalaman. Laut Teritorial Indonesia adalah jalur laut selebar 12 (dua belas) mil yang diukur dari garis pangkal kepulauan Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Jawaban Cepat: Apa Itu Marinir Angkatan Laut?

Contents1 Apa saja tugas marinir?2 Marinir itu TNI apa?3 Apa saja satuan angkatan laut?4 Apa Tugas marinir Angkatan Laut?5 Berapa gaji seorang marinir?6 Apa yang dimaksud Raider?7 Apa itu Denjaka TNI?8 Berapa lama kejuruan Marinir?9 Berapa lama pendidikan kejuruan TNI AL?10 Berapa Lama pendidikan Angkatan Laut?11 Apa saja satuan TNI AL?12 Apa itu mabesal?13 Berapa […]

Sering ditanyakan: Makanan Laut Yang Mengandung Merkuri?

Beberapa ikan yang tinggi merkuri termasuk hiu, ikan todak, marlin, king mackerel, tilefish, tuna. Pastikan untuk memilih berbagai ikan yang lebih rendah merkuri, seperti salmon, nila, udang, ikan cod, ikan lele, dan ikan patin. Contents1 Ikan apa saja yang mengandung merkuri?2 Apa saja makanan laut yang bermerkuri tinggi?3 Bagaimana cara mendeteksi ikan yang mengandung merkuri?4 […]