Bagaimana Pembagian Wilayah Perairan Laut Indonesia?

Wilayah perairan laut Indonesia terdiri dari apa saja?

Berdasarkan Hukum Laut Internasional atau The United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) yang telah disepakati oleh PBB tahun 1982 dan diratifikasi oleh Indonesia dengan UU No.17/1985, maka wilayah perairan laut Indonesia terdiri atas 6 jenis rezim yakni: (1) Laut Teritorial/ Laut Wilayah, (2) Perairan

Secara garis besar pembagian wilayah perairan Indonesia apa saja?

Wilayah laut yang ada di Indonesia dibedakan jadi tiga bagian, yaitu:

  • Zona Laut Teritorial. Batas laut teritorial adalah garis khayal yang jaraknya 12 mil dari garis dasar ke arah laut lepas.
  • Zona Landas Kontinen.
  • Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)

Apa itu wilayah perairan Indonesia?

Wilayah Perairan Indonesia meliputi laut teritorial Indonesia, perairan kepulauan, dan perairan pedalaman. Perairan Kepulauan Indonesia adalah semua perairan yang terletak pada sisi garis pangkal lurus kepulauan tanpa memperhatikan kedalaman atau jaraknya dari pantai.

You might be interested:  Mengapa Matahari Terlihat Tenggelam Di Laut Ketika Matahari Terbenam Di Laut?

Wilayah Indonesia yang mana Indonesia mempunyai kedaulatan penuh?

Batas Laut Teritorial Pada area laut yang termasuk dalam garis dalam ini kedaulatan penuh dimiliki Indonesia. Kedaulatan ini termasuk pada wilayah laut, dasar laut hingga tanah lapisan bawah atau subsoil dan udara di atas laut. Bahkan semua jenis sumber daya alam yang ada di dalamnya adalah milik Indonesia.

Apa saja rupa bumi yang termasuk perairan?

RUPA BUMI YANG TERMASUK PERAIRAN:

  • Igir Tengah Samudra (Mid Oceanic Ridge).
  • Palung laut (Trench).
  • Lanati Abisal (Abysal Floor).
  • Gunung Laut (Seamount).
  • Jendul Laut.
  • Lubuk Laut (Basin).
  • Ambang Laut (Drempel).
  • Dangkalan (Shelf).

Bagaimana wilayah lautan Indonesia?

Dari total luas wilayah tersebut, 3,25 juta km2 adalah lautan dan 2,55 juta km2 adalah Zona Ekonomi Eksklusif. Hanya sekitar 2,01 juta km2 yang berupa daratan. Dengan luasnya wilayah laut yang ada, Indonesia memiliki potensi kelautan dan perikanan yang sangat besar.

Batas suatu negara dapat digolongkan menjadi 3 Jelaskan apa saja itu?

o Batas alamiah, yaitu batas suatu negara lain yang terjadi secara alamiah, misalnya dalam bentuk pegunungan, sungai, dan hutan. o Batas buatan, yaitu batas suatu negara dengan negara lain yang sengaja dibuat oleh manusia dalam bentuk pagar tembok, kawat berduri, dan pos penjagaan.

Sebutkan dan jelaskan apa saja yang termasuk dalam wilayah perairan Indonesia?

Wilayah perairan Indonesia terdiri dari 3 macam yaitu:

  • Perairan pedalaman.
  • Perairan Kepulauan.
  • Laut Teritorial.

Apa yg dimaksud wilayah laut teritorial?

Yang dimaksud dengan “perairan kepulauan” adalah semua perairan yang terletak pada sisi dalam garis pangkal kepulauan tanpa memperhatikan kedalaman atau jarak dari pantai. Yang dimaksud dengan“ laut teritorial ” adalah jalur laut selebar 12 (dua belas) mil laut yang diukur dari garis pangkal Kepulauan Indonesia.

You might be interested:  Pertanyaan: Negara Yang Tidak Berbatasan Laut Dengan Indonesia?

UU Nomor berapakah yang menjelaskan tentang perairan Indonesia?

Negara kepulauan tersebut, kemudian diberikan landasan hukum dalam sistem ketatanegaraan Indonesia berdasarkan Undang-undang Nomor 4 Prp. Tahun 1960 tentang Perairan Indonesia.

Apa isi pasal 1 ayat 2 Undang Undang Nomor 6 Tahun 1996?

1. Kapal semua negara, baik negara pantai maupun negara tak berpantai, menikmati hak lintas damai melalui laut teritorial dan perairan kepulauan Indonesia.

Apa Isi UU No 6 Tahun 1996?

Dalam UU ini diatur mengenai wilayah perairan Indonesia. Wilayah Perairan Indonesia meliputi laut teritorial Indonesia, perairan kepulauan, dan perairan pedalaman. Selain mengatur mengenai batas wilayah perairan, diatur juga mengenai hak lintas bagi kapal-kapal asing.

Berapakah jarak wilayah udara Indonesia?

Batas udara vertikal Indonesia adalah area udara setinggi 110 km dari konfigurasi ketinggian permukaan negara Indonesia. Batas udara horizontal Indonesia memiliki luas yang sama dengan luas negara Indonesia, yaitu 5.455.675 km2.

Apa yang dimaksud dengan wilayah ekstrateritorial?

4. Wilayah Ekstrateritorial Wilayah suatu negara yang berada di luar wilayah negara itu disebut wilayah ekstrateritorial. Contohnya adalah kantor kedutaan besar suatu negara yang terletak di negara lain dan kapal asing yang berlayar di laut bebas dengan menggunakan bendera suatu negara.

Apakah Indonesia juga memiliki kedaulatan secara penuh di laut lepas?

Berdasarkan Konvensi Hukum Laut 1982 yang menetapkan wilayah teritorial laut sepanjang 12 mil, Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki kedaulatan penuh atas lautan yang sangat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Bagaimana Penentuan Wilayah Laut Teritorial Yang Lebar Laut Kurang Dari 24 Mil?

Apabila laut yang lebarnya kurang dari 24 mil dikuasai oleh dua negara, maka penentuan wilayah laut teritorial tiap-tiap negara dilakukan dengan cara menarik garis yang sama jauhnya dari garis pantai terluar. Contents1 Jika terdapat dua negara atau lebih yang menguasai lautan yang kurang dari 24 mil Bagaimanakah negara tersebut untuk menentukan batas teritorialnya?2 Bagaimana penentuan […]

Sering ditanyakan: Bagaimana Cara Membuat Air Laut Buatan?

Contents1 Apakah ikan air laut bisa hidup di air garam?2 Bagaimana cara memelihara ikan air laut di akuarium?3 Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat aquarium air laut?4 Berapa lama ganti air laut Aquarium?5 Ikan apakah yang hidup di air asin?6 Apakah ikan air tawar dapat hidup lama di air laut demikian juga sebaliknya?7 Gimana cara […]

Adblock
detector