10 Negara Yang Berbatasan Dengan Wilayah Laut Indonesia?

Indonesia sebagai negara kepulauan, perairannya berbatasan langsung dengan 10 negara, yaitu : India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Philipina, Papua Nugini, Palau, Timor Leste dan Australia.

Negara apa saja yang berbatasan dengan daratan Indonesia?

Indonesia memiliki perbatasan darat internasional dengan tiga negara tetangga yaitu Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste. Sedangkan di laut, perairan Indonesia berbatasan dengan sepuluh negara tetangga yakni: India, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Palau, Australia, Timor Leste dan Papua Nugini.

Wilayah laut Indonesia terdiri dari apa saja?

Pembagian 3 Wilayah Laut di Indonesia dan Batasnya

  1. Laut teritorial (Territorial Sea) Batas laut teritorial terukur melalui perairan sepanjang 12 mil laut atau 22,224 kilometer dari garis pangkal kepulauan.
  2. Zona Ekonomi Eksklusif (Exclusive Economic Zone)
  3. Landas Kontinen (Continental Shelf)

5 Wilayah laut Indonesia terdiri dari apa saja?

Apa saja sih bagian dari wilayah laut Indonesia?

  • Zona Laut Teritorial. Batas laut teritorial adalah garis khayal yang jaraknya 12 mil dari garis dasar ke arah laut lepas.
  • Zona Landas Kontinen.
  • Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)

Wilayah sebuah negara meliputi apa saja?

Wilayah Negara meliputi wilayah darat, wilayah perairan, dasar laut, dan tanah di bawahnya serta ruang udara di atasnya, termasuk seluruh sumber kekayaan yang terkandung di dalamnya.

You might be interested:  FAQ: Dalam Laut Teritorial Tidak Dapat Diberlakukan Seluruh Ketentuan Negara Yang Bersangkutan?

Bagaimana wilayah lautan Indonesia?

Dari total luas wilayah tersebut, 3,25 juta km2 adalah lautan dan 2,55 juta km2 adalah Zona Ekonomi Eksklusif. Hanya sekitar 2,01 juta km2 yang berupa daratan. Dengan luasnya wilayah laut yang ada, Indonesia memiliki potensi kelautan dan perikanan yang sangat besar.

Berapa batas wilayah laut teritorial?

Batas Laut Teritorial Panjang garis yang ditarik ke arah laut lepas adalah 12 mil.

Berapa batas wilayah teritorial laut Indonesia?

Batas Laut Teritorial (Territorial Sea) Batas laut teritorial merupakan kedaulatan perairan Indonesia selebar 12 mil laut yang diukur dari garis pangkal kepulauan.

Bagaimana perairan laut Indonesia berdasarkan Konvensi Hukum Laut Internasional tahun 1982?

Perairan laut Indonesia berdasarkan Konvensi Hukum Laut Internasional di Jamaika tahun 1982 dibagi menjadi 3 bagian yaitu: 1. Batas laut teritorial yaitu 12 mil dari titik terluar sebuah pulau ke laut bebas. 3. Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) ditarik dari titik terluar pantai sebuah pulau sejauh 200 mil.

Mengapa Indonesia harus menentukan batas-batas wilayahnya sesuai ketentuan yang berlaku?

Pengaturan batas – batas Wilayah Negara dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum mengenai ruang lingkup wilayah negara, kewenangan pengelolaan Wilayah Negara, dan hak–hak berdaulat.

Apa pengertian wilayah darat dan wilayah laut?

– Wilayah daratan merupakn daerah di permukaan bumi beserta kandungan di bawahnya dalam batas wilayah negara tertentu. – Wilayah lautan merupakan perairan berupa samudra, laut,selat,danau,dan sungai dalam batas wilayah negara.

Mengapa batas wilayah suatu negara diperlukan?

Secara fungsional batas antara negara akan membagi kawasan yang bersambungan, berdampingan atau berhadapan dengan kedaulatan, hukum, atau yurisdiksi yang berbeda. Batas – batas wilayah negara sangat diperlukan untuk melaksanakan hak dan kewajiban negara baik berdasarkan hukum nasional maupun hukum internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Bagaimana Penentuan Wilayah Laut Teritorial Yang Lebar Laut Kurang Dari 24 Mil?

Apabila laut yang lebarnya kurang dari 24 mil dikuasai oleh dua negara, maka penentuan wilayah laut teritorial tiap-tiap negara dilakukan dengan cara menarik garis yang sama jauhnya dari garis pantai terluar. Contents1 Jika terdapat dua negara atau lebih yang menguasai lautan yang kurang dari 24 mil Bagaimanakah negara tersebut untuk menentukan batas teritorialnya?2 Bagaimana penentuan […]

Sering ditanyakan: Bagaimana Cara Membuat Air Laut Buatan?

Contents1 Apakah ikan air laut bisa hidup di air garam?2 Bagaimana cara memelihara ikan air laut di akuarium?3 Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat aquarium air laut?4 Berapa lama ganti air laut Aquarium?5 Ikan apakah yang hidup di air asin?6 Apakah ikan air tawar dapat hidup lama di air laut demikian juga sebaliknya?7 Gimana cara […]

Adblock
detector