Mengapa Prinsip Pernikahan Kristen Adalah Monogami Dan Tidak Poligami?

Pernikahan Kristen adalah Monogami Bukan Poligami “Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang, … Diaken haruslah suami dari satu isteri dan mengurus anak-anaknya dan keluarganya dengan baik.” (1 Timotius 3:2,12)
Perkawinan Kristen menganut sistem monogami. Gereja Kristen merujuknya pada kisah penciptaan Adam dan Hawa. Hawa diciptakan dari satu tulak rusuk Adam, meskipun ada banyak pilihan lain. Hal itu, mau menunjukkan bahwa Allah menghendaki pernikahan bersifat monogami dan satu kali dalam Gereja Kristen.

Apakah pernikahan dalam Islam monogami?

Abduh akhirnya sampai pada satu kesimpulan bahwa pada prinsipnya pernikahan dalam Islam itu monogami (Nasution, 1996: 103). Muhammad Rasyid Ridha sependapat dengan gurunya, Muhammad Abduh, mengenai haramnya berpoligami, jika suami tidak mampu berbuat adil kepada isteri-isterinya (Nasution, 1996: 104).

Apa tujuan pernikahan Kristen?

Dalam agama Kristen pernikahan atau perkawinan merupakan salah satu tujuan hidup banyak orang baik laki-laki dan perempuan. Sebelumnya kami juga telah mengulas mengenai tujuan pernikahan Kristen. Selain untuk membangun kehidupan rumah tangga yang harmonis juga agar dapat menjadi semakin dewasa secara rohani dan dekat dengan Tuhan.

You might be interested:  Mengapa Perbedaan Demografis Dapat Menyebabkan Ketimpangan Sosial?

Bagaimana berlakunya asas monogami dalam perundang-undangan perkawinan?

Sedangkan berlakunya asas monogami pada UU Perkawinan dilatarbelakangi oleh perjuangan wanita Indonesia yang berupaya untuk melindungi kaum mereka dari praktek poligami. 1R. Soetojo Prawirohamidjojo, Pluralisme dalam Perundang-undangan Perkawinan di Indonesia, Airlangga University Press, 1988, Hlm.

Apa Hikmah pernikahan poligami?

Al-Maraghi juga menegaskan hikmah pernikahan poligami yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. yang menurutnya ditujukan untuk syiar Islam. Sebab jika tujuannya untuk pemuasan nafsu seksual, tentu Nabi akan memilih perempuan-perempuan cantik dan yang masih gadis. Sejarah membuktikan bahwa yang dinikahi Nabi semuanya janda kecuali ‘Aisyah.

Mengapa prinsip pernikahan Kristen adalah?

Seperti halnya tujuan pernikahan pada umumnya, tujuan pernikahan kristen adalah untuk mendapatkan keturunan. Sebab, Tuhan telah menciptakan manusia secara sempurna dengan hasrat seksual untuk suami istri. Seperti pada Alkitab Kejadian 1:28, disebutkan bahwa Allah memberi manusia hak untuk beranak dan bertambah banyak.

Di dalam pernikahan Kristen apa yang dimaksud dengan poligami dan monogami?

Monogami (Yunani: monos yg mempunyai arti satu atau sendiri, & gamos yg mempunyai arti akad nikah) yakni keadaan cuma memiliki satu pasangan pada pernikahan. *poliandri* yakni sebuah bentuk poligami dimana seorang wanita mengambil dua suami atau lebih pada ketika yg sama.

Menurut ajaran Kristen apakah dasar pernikahan Kristen?

b. Cinta kasih Tuhan Yesus Kristus menjadi dasar pernikahan Kristen (band: Yoh. menyeluruh, kemauan untuk saling memberi dan menerima. dan kebahagiaan suami istri. kepada kita.

Apa yang dimaksud dengan satu daging dalam perkawinan keluarga Kristen?

Kejadian 2:24

Menjadi satu daging berarti menjadi satu kesatuan dengan ikatan baru dalam perjanjian kudus bertiga: Tuhan, suami dan istri. Ikatan ini lebih penting dari ikatan lain. Tidak ada lagi saya dan kamu, tapi berubah menjadi kami.

Apakah orang Kristen boleh berpoligami?

Termasuk dalam ajaran agama Kristen poligami merupakan suatu hal yang mendapat perhatian khusus sehingga setiap umat Kristiani dilarang untuk melakukan poligami. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Kitab bahwa umat Kristen dilarang untuk mempunyai isteri lebih dari satu orang agar hatinya tidak menyimpang.

Konsep menikah dalam Kristen?

Pernikahan Kristen adalah tentang komitmen untuk memegang perjanjian cinta yang dibuat oleh suami dan istri dihadapan Allah. Karena komitmen tersebut menunjuk kepada perjanjian cinta Allah kepada gerejaNya. Alkitab secara bulat menyatakan bahwa hanya kematian yang dapat memisahkan perjanjian kasih suami-istri.

You might be interested:  Mengapa Kita Harus Melestarikan Budaya Dan Kesenian Tradisional?

Mengapa Allah mengizinkan poligami dalam Alkitab?

Kejahatan akibat dosa dalam diri manusia, telah membuat para suami menjadi serakah dan tidak puas dengan satu isteri. Akibatnya tidak sedikit pria pada zaman itu mempunyai beberapa isteri. Akibat dari ketamakan ini, Allah mengontrol poligami dengan memberi aturan yang disampaikan lewat nabi-Nya.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan monogami?

Asas perkawinan yang berlaku pada hukum perkawinan Indonesia adalah Asas Monogami yaitu dimana seorang pria hanya diperbolehkan memiliki seorang istri dan begitupun sebaliknya.

Kenapa Allah mengizinkan poligami?

Dalam Islam, poligami merupakan cara agar lelaki tidak terjerumus ke dalam perbuatan menyimpang, seperti berzina dan juga cara untuk menjaga kehormatan perempuan dan lelaki. Poligami juga dapat menjadi cara untuk memperbanyak keturunan atau solusi bagi pasangan suami dan istri yang sebelumnya sulit memiliki anak.

Orang Kristen yang tidak menikah disebut?

Selibat klerikal (Gereja Katolik)

Menikah beda agama menurut pandangan Kristen?

Menurut Jerry, pernikahan beda agama bagi pemeluk agama Kristen sudah jelas hukumnya, yakni tidak diizinkan. “Pada dasarnya saya berpendapat bahwa secara iman Kristen, pernikahan beda agama itu adalah sesuatu yang tidak diizinkan,” ujarnya.

Apakah yang dimaksud dengan pernikahan Kristen berbeda dari pernikahan yang lain?

tidak! setiap pernikahan baik pernikahan kristen maupun pernikahan yg lain itu adalah sama yaitu pernikahan yang bertujuan untuk membentuk keluarga yang rukun,tidak ribut,kebutuhannya tercukupi,dan punya anak yang baik.

Apa yang dimaksud dengan bersatu dengan istrinya dalam Kejadian 2 ayat 24?

Bersatu dengan istri dimaksudkan baik suami maupun istri harus bersatu dalam mengarungi bahtera rumahtangga, agar terbentuknya keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah.

Apa fungsi keluarga menurut iman Kristen?

Keluarga selain sebagai tempat pendidikan mengelola alam, ia juga sebagai tempat pengajaran cinta, kasih, harapan, kesetiaan, dan saling menghormati.

Ayat untuk menikah Kristen?

Berikut ayat Alkitab tentang pernikahan untuk undangan yang bisa Moms gunakan:

  • Kejadian 2:24.
  • Markus 10:6-9.
  • 13. Kejadian 2:18.
  • 1 Korintus 7:1-2.
  • Ibrani 13:4.
  • 16. Efesus 4:2-3.
  • 17. Pengkhotbah 4:9-12.
  • 18. 1 Yohanes 4:16.
  • Mengapa pertobatan itu penting dalam hidup kita?

    Pertobatan penting bagi kebahagiaan Anda dalam kehidupan ini dan sepanjang kekekalan. Pertobatan lebih dari sekadar mengakui kesalahan. Itu adalah suatu perubahan pikiran dan hati yang memberi Anda sudut pandang baru mengenai Allah, mengenai diri sendiri, serta mengenai dunia.

    You might be interested:  Mengapa Terjadi Pelanggaran Hukum Jelaskan?

    Kenapa orang Kristen tidak boleh bercerai?

    Tuhan tidak menghendaki perceraian.

    Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” Artinya, Tuhan akan sangat memberkati pernikahan dan tidak menyukai perceraian.

    Nasehat untuk menikah bagi Kristen?

    Ucapan Pernikahan Kristen Penuh Makna

  • Ingatlah untuk saling memaafkan sama seperti Tuhan telah mengampunimu dan kamu akan memiliki kerendahan hati yang diperlukan untuk saling mencintai dengan kasih karunia.
  • Ingatlah janji yang kamu buat hari ini dan jadikan Tuhan sebagai pusat hubunganmu.
  • Apa yang dimaksud dengan persekutuan hidup yang bersifat eksklusif bersifat total dalam keluarga menurut Alkitab?

    2. Persekutuan hidup yang bersifat eksklusif, artinya hanya terdiri dari dua orang saja, yaitu seorang laki-laki tertentu dengan seorang perempuan tertentu. Dengan demikian pernikahan dalam keluarga Kristen berpola monogami (Kejadian 2:22, 24-25; 1 Korintus 7:2; 1 Timotius 3:2, 12).

    Bagaimana berlakunya asas monogami dalam perundang-undangan perkawinan?

    Sedangkan berlakunya asas monogami pada UU Perkawinan dilatarbelakangi oleh perjuangan wanita Indonesia yang berupaya untuk melindungi kaum mereka dari praktek poligami. 1R. Soetojo Prawirohamidjojo, Pluralisme dalam Perundang-undangan Perkawinan di Indonesia, Airlangga University Press, 1988, Hlm.

    Bagaimana asas monogami yang dianut dalam suatu perkawinan?

    Asas monogami yang dianut dalam UU Perkawinan tampak jelas dalam Pasal 3 ayat (1) UU Perkawinan yang menentukan bahwa pada asasnya dalam suatu perkawinan seorang pria hanya boleh mempunyai seorang istri dan seorang wanita hanya boleh mempunyai seorang suami. Namun ayat (2) ketentuan tersebut membuka peluang bagi seorang suami untuk berpoligami.

    Bagaimana prinsip pernikahan dalam Islam?

    Dari ayat-ayat Alquran maupun Hadis, pada dasarnya dipahami bahwa pernikahan dalam Islam prinsipnya monogami. Bila dihadapkan pada permasalahan dan kondisi tertentu dimungkinkan poligami, tentu dengan pertimbangan mampu berlaku adil. Serta mendapat izin dari istri dan mempertimbangkan pendapat anak-anak.

    Apa yang dimaksud dengan monogami?

    Keputusan Munas Tarjih ke XXVIII di Palembang pada tahun 2014 merumuskan bahwa salah satu prinsip perkawinan adalah monogami. Prinsip ini merupakan jawaban terhadap tradisi Arab sebelum Islam yang berpaham pernikahan dengan banyak isteri tanpa batas. Perlakukan suami dan keluarga terhadap para isteri cenderung kurang manusiawi.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Releated

    Mengapa Perencanaan Diperlukan Dalam Kegiatan Perusahaan?

    Ada beberapa alasan penting mengapa pengelola usaha harus menyusun perencanaan usaha, antara lain : 1. Untuk dipakai sebagai alat pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha sehari-hari. Perencanaan 2. Untuk mendapatkan pembiayaan dari Lembaga Pemberi Pinjaman (To obtain the institution financing) 3. Untuk mendapatkan dana investasi (To obtain investment funds) 4. Untuk mengatur dengan siapa harus bekerjasama […]

    Mengapa Dalam Pembuatan Tapai Harus Ditutup Rapat?

    Pada proses pembuatan tapai singkong wadah harus ditutup secara rapat untuk memungkinkan terjadinya proses fermentasi. Proses fermentasi pada singkong merupakan degradasi komponen pati menjadi dekstrin dan glukosa, selanjutnya glukosa diubah menjadi alkohol tanpa bantuan oksigen. Proses fermentasi merupakan proses respirasi anaerob yaitu proses yang dimana tidak membutuhkan oksigen sehingga ketika membuat tape harus dalam keadaanditutup […]

    Adblock
    detector