Mengapa Bahasa Indonesia Dijadikan Bahasa Persatuan?

Alasan mengapa bahasa Indonesia dijadikan sebagai Bahasa Persatuan adalah untuk mengatasi keberagaman bahasa daerah di Indonesia.
Bahasa Indonesia merupakan bahasa negara. Bahasa ini diutarakan lebih dahulu oleh para pemuda dalam sumpah pemuda 28 Oktober 1928. Maka status bahasa Indonesia adalah bahasa utama karena berfungsi mempersatukan. Persatuan ini bukan persatuan segelintir orang melainkan seluruh warga negara Indonesia.

Mengapa bahasa Melayu menjadi bahasa persatuan?

Selain alasan itu, kesadaran dari seluruh bangsa yang ada di Indonesia akan pentingnya kesatuan dan persatuan dan adanya kesanggupan pada bahasa Melayu untuk dipakai menjadi bahasa kebudayaan dalam arti luas, dan akan berkembang menjadi bahasa yang sempurna merupakan hal-hal yang memungkinkan pengangkatan bahasa melayu menjadi bahasa persatuan.

You might be interested:  Mengapa Dalam Bermain Sepak Bola Kita Harus Sportif?

Apakah bahasa Jawa harus dijadikan bahasa persatuan negara?

Untuk menghargai hal tersebut, bahasa Jawa harus dijadikan bahasa persatuan negara. Akan tetapi, justru sebahagian besar orang Jawa menolak dengan tegas usulan ini karena dianggap feodal. Abu Hanifah juga mengutarakan bahwa Bung Karno termasuk orang yang paling tegas menolak mengenai usulan bahasa Jawa dijadikan bahasa persatuan ini.

Bagaimana sejarah penetapan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan?

Awal mula sejarah penetapan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan adalah pada 28 Oktober 1928 saat diselenggarakannya kongres para pemuda dari seluruh wilayah Indonesia yang menghasilkan ikrar dengan nama Sumpah Pemuda yang isinya adalah: Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Mengapa bahasa Indonesia yang dipilih sebagai bahasa persatuan?

Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai lambang kebanggaan kebangsaan, indentitas nasional, media penghubung antarwarga, antardaerah dan antarbudaya, serta media pemersatu suku, budaya dan bahasa di Nusantara.

Apa yang menjadi bahasa persatuan?

KOMPAS.com – Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi atau bahasa nasional di Indonesia. Selama ini, Bahasa Indonesia telah menyatukan rakyat dari 17.000 pulau, 350 kelompok suku, dan 750 bahasa daerah.

Apa yang menjadi dasar bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara?

Sebagai bahasa nasional, fungsi bahasa Indonesia di antaranya adalah untuk mempererat hubungan antar suku di Indonesia. Fungsi ini sebelumnya sudah ditegaskan di dalam butir ketiga ikrar Sumpah Pemuda 1928 yang berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.

Sejak kapan bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan?

Pada 28 Oktober 1928, Muhammad Yamin mengusulkan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional dalam pidatonya pada Kongres Nasional kedua. Bahasa Indonesia secara resmi diakui sebagai ‘bahasa persatuan bangsa’ pada saat Sumpah Pemuda.

You might be interested:  Mengapa Halal Itu Penting Dan Jelaskan Hikmahnya?

Bagaimana peran bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan atau pemersatu bangsa?

Bahasa Indonesia memiliki pengaruh yang lebih luas, yakni sebagai alat pemersatu dan ketahanan bangsa. Sebab, selain sebagai alat komunikasi, bahasa memiliki kekuatan dan kekuatan yang menjadi identitas suatu bangsa.

Mengapa bangsa Indonesia memerlukan sarana pemersatu bangsa?

Seperti disebutkan dalam buku Sodiologi Etnik dan Ras oleh Iwan Ramadhan dan Imran, tujuan diciptakannya alat pemersatu bangsa adalah agar persatuan dan kesatuan bangsa terus terjaga. Persatuan dan keragaman sepatutnya harus dipahami setiap warga negara untuk mewujudkan kehidupan selaras, serasi, dan seimbang.

Apakah bahasa Indonesia masih menjadi bahasa pemersatu bangsa?

Untuk mempersatukan bangsa yang berbeda-beda budaya, salah satunya adalah dengan bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia hingga kini menjadi perisai pemersatu bangsa.

Apakah bahasa persatuan yang berlaku di Indonesia?

Kemudian di dalam isi teks Sumpah Pemuda pun ditegaskan bahwa bahasa persatuan Indonesia adalah bahasa Indonesia. Salah satu bunyi teks Sumpah Pemuda sebagai berikut, ‘Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.’

Apa bahasa persatuan yang dimiliki bangsa Indonesia?

Bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan bangsa diterima oleh seluruh masyarakat pribumi. Bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan harus dipertahankan eksistensinya. Seiring dengan perkembangan zaman terdapat banyak sekali bahasa yang sudah tercampur dengan budaya barat, sehingga tidak mencerminkan rakyat Indonesia.

Mengapa nama bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa persatuan dan bukan bahasa Melayu Riau?

Mengapa Indonesia menggunakan bahasa Indonesia, bukan bahasa Melayu? Karena pemerintah Indonesia mendefinisikannya sebagai bahasa Indonesia.

Mengapa para pemuda memilih bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan?

Karena dikenal luas dan mudah dipelajari, maka bahasa Melayu dipilih sebagai bahasa persatuan. Selain juga karena lebih mudah dan mudah diterima oleh semua kalangan. Usulan bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan tak lepas dari tokoh Muhammad Yamin.

You might be interested:  Mengapa Sejarah Merupakan Perpaduan Ilmu Dan Seni?

Mengapa bahasa Indonesia dipilih menjadi bahasa resmi bangsa Indonesia brainly?

Jawaban. Penjelasan: Bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa persatuan dikarenakan NKRI terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras,dan bahasa daerah yang beraneka ragam. Jadi, untuk mempersatukanya, diperlukan 1 bahasa yg menjadi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Apakah bahasa Jawa harus dijadikan bahasa persatuan negara?

Untuk menghargai hal tersebut, bahasa Jawa harus dijadikan bahasa persatuan negara. Akan tetapi, justru sebahagian besar orang Jawa menolak dengan tegas usulan ini karena dianggap feodal. Abu Hanifah juga mengutarakan bahwa Bung Karno termasuk orang yang paling tegas menolak mengenai usulan bahasa Jawa dijadikan bahasa persatuan ini.

Mengapa bahasa Indonesia (Melayu modern) menjadi bahasa persatuan?

Lantas, mengapa Bahasa Indonesia (Melayu Modern) menjadi bahasa persatuan? Bahasa Melayu adalah Lingua Franca. Lingua Franca atau bisa juga disebut bridge language adalah sebuah bahasa yang secara sistematik digunakan untuk sarana komunikasi antara pihak-pihak yang tidak memiliki kesamaan bahasa.

Mengapa bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa persatuan?

Bahasa Indonesia dianggap sebagai simbol penting dalam mempersatukan keanekaragaman suku bangsa, bentuk identitas nasionalisme bangsa, dan semangat menentukan nasib sendiri untuk melepaskan diri dari kolonialisme. Artikel ini hanya menjelaskan alasan mengapa bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa persatuan. Apabila pembaca ingin membaca lebih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Mengapa Perencanaan Diperlukan Dalam Kegiatan Perusahaan?

Ada beberapa alasan penting mengapa pengelola usaha harus menyusun perencanaan usaha, antara lain : 1. Untuk dipakai sebagai alat pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha sehari-hari. Perencanaan 2. Untuk mendapatkan pembiayaan dari Lembaga Pemberi Pinjaman (To obtain the institution financing) 3. Untuk mendapatkan dana investasi (To obtain investment funds) 4. Untuk mengatur dengan siapa harus bekerjasama […]

Mengapa Dalam Pembuatan Tapai Harus Ditutup Rapat?

Pada proses pembuatan tapai singkong wadah harus ditutup secara rapat untuk memungkinkan terjadinya proses fermentasi. Proses fermentasi pada singkong merupakan degradasi komponen pati menjadi dekstrin dan glukosa, selanjutnya glukosa diubah menjadi alkohol tanpa bantuan oksigen. Proses fermentasi merupakan proses respirasi anaerob yaitu proses yang dimana tidak membutuhkan oksigen sehingga ketika membuat tape harus dalam keadaanditutup […]

Adblock
detector