Mengapa Sumber Sejarah Sangat Berarti Dalam Melakukan Penelitian Sejarah?

Mengapa Sumber Sejarah Sangat Berarti Dalam Melakukan Penelitian Sejarah
Mata pelajaran: IPS Sejarah Kelas: X SMA Kategori: Penelitian dan Penulisan Sejarah Kode Kategori berdasarkan kurikulum KTSP: 10.3.2 Kata kunci: penulisan sejarah, sumber sejarah Jawaban: Sumber sejarah sangat diperlukan dalam penulisan sejarah: Karena dalam penulisan sejarah ada empat metode yang salah satunya memelurkan sumber sejarah sebagai bahan penulisan.

  • Metode tersebut yaitu HEURISTIK.
  • Heuristik ialah kegiatan untuk mencari, mengumpulkan, dan menghimpun jejak-jejak masa lalu dengan mengumpulkan sumber-sumber sejarah diharapkan akan diperoleh data dan fakta bagi penulisan sejarah.
  • Pembahasan: Sumber sejarah ialah sesuatu yang secara langsung atau tidak langsung menyampaikan kepada kita tentang kenyataan masa lalu.

Adanya sumber sejarah merupakan bukti dan fakta kenyataan sejarah tanpa adanya sumber maka sejarawan tidak dapat mengungkap tentang masa lalu. Sumber sejarah dikelompokkan menjadi dua yaitu : a.Sumber primer disebut juga sumber utama yang berhubungan langsung dengan peristiwa sejarah, suatu misal orang yang menyaksikan langsung kejadian suatu peristiwa sejarah atau catatan yang dibuat dengan bentuk tulisan, isi dan bahan yang sezaman dengan peristiwa tersebut, b.sumber sekunder disebut juga sumber kedua, sumber sekunder dalam bentuk tertulis merupakan catatan yang isi dan bahannya tidak sezaman dengan saat terjadinya peristiwa sejarah.

  • Menurut bentuknya, sumber sejarah terbagi menjadi tiga, yaitu sumber tertulis, sumber lisan, dan sumber dalam wujud benda fisik.a.
  • Sumber tertulis Sumber tertulis memberikan informasi tentang aspek-aspek yang akan diteliti.
  • Misalnya aspek sosial, ekonomi, budaya, dan politik.
  • Sumber tertulis yang dapat dijadikan sumber penelitian sejarah adalah sebagai berikut.

(1)Laporan-laporan (2)Notulen rapat (3)Surat-surat (4)Surat kabar (5)Catatan pribadi b. Sumber lisan Sumber lisan diperoleh melalui wawancara. Metode yang digunakan dalam pengumpulan sumber lisan dikenal sebagai oral history. Prinsip dasar dalam penelitihan sejarah lisan dilakukan melalui metode wawancara.

Data sejarah yang diperoleh dalam sejarah lisan adalah memori informan baik saksi langsung maupan saksi tidak langsung. Keterangan yang ingin didapat melalui teknik wawancara: (1) keterangan yang bersifat memastikan fakta; (2) keterangan yang memperkuat kepercayaan tentang keadaan fakta; (3) keterangan tentang perasaan; (4) keterangan tentang kegiatan; (5) keterangan tentang alasan seseorang.c.

Sumber benda Sumber benda ialah sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan sejarah. Sumber sejarah itu harus diteliti, dikaji, dianalisis dan ditafsirkan dengan cermat oleh para ahli. Agar dapat mengetahui usia peninggalan sejarah dapat di lakukan dengan cara berikut.: (1)Tipologi, cara penentuan usai berdasarkan bentuk dan tipenya, semakin sederhana bentuk peninggalan itu semakin tua usia benda tersebut; (2) Stratigrafi, cara penentuan usia peninggalan sejarah berdasarkan tempat asalnya dilapisan tanah ditemukannya; (3) Kimiawi, cara penentuan usia benda peninggalan sejarah berdasarkan unsur kimia yang terkandung dalam benda itu.

Mengapa sumber sejarah sangat penting dalam melakukan dalam penelitian sejarah?

KOMPAS.com – Sumber sejarah berkedudukan sangat penting dalam penelitian sejarah. Sebab sumber ini digunakan untuk mengetahui kejadian di masa lampau. Tanpa sumber sejarah, kejadian atau kisah di masa lalu tak akan pernah bisa direkonstruksi ulang oleh sejarawan. Oleh sebab itu, sumber sejarah menjadi syarat mutlak dalam penelitian. Apa itu sumber sejarah?

You might be interested:  Mengapa Tingkat Pendapatan Mempengaruhi Pola Konsumsi Seseorang?

Mengapa sumber primer dikatakan sumber terbaik dalam penelitian sejarah?

Jawaban: sumber primer merupakan sumber terbaik karena sumber primer merupakan sebuah bukti langsung yang tingkat keasliannya tinggi atau merupakan bukti pertama dari sebuah peristiwa sejarah, orang atau objek. Penjelasan:

Apa peran sumber sejarah dalam penulisan sejarah?

Sebagai bukti kesaksian sejarah Arsip, dokumen dan buku-buku menjadi bukti sejarah yang memuat fakta yang terdapat di dalamnya. Jadi peran sumber sejarah dalam penulisan sejarah itu sendiri adalah untuk membuktikan fakta yang diambil dari sumber sejarah itu sendiri.

Mengapa sumber primer dapat menjadi sumber berharga untuk mendapatkan fakta sejarah?

Jawabannya: karena sejarah primer sumber yang berkaitan langsung dengan peristiwa yang diceritakan. Sumber primer ini dapat berupa kesaksian langsung dari pelaku sejarah (sumber lisan). Dokumen-dokumen, naskah perjanjian, arsip, (sumber tertulis), dan benda-benda arkeologi (sumber benda).

Mengapa sumber sejarah memiliki kedudukan yang penting dalam penulisan sejarah Jelaskan pendapatmu disertai dengan alasan yang tepat?

Jelaskan menurut pendapatmu pentingnya sumber sejarah dalam suatu penulisan sejarah Berikan alasannya => Sumber sejarah penting dalam penulisan sejarah karena sumber sejarah merupakan bukti kuat akan kebenaran mengenai peristiwa sejarah itu sendiri. Karena jika sumber sejarah tidak jelas darimana datangnya tentu saja keaslian dan kepastian kisah sejarah akan meragukan kebenarannya. Namun, Jika ada sumber sejarah yang pasti maka sejarah akan diakui kebenarannya oleh masyarakat luas. Semga membantu yaa 😀

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sumber sumber sejarah?

KOMPAS.com – Sumber sejarah pada dasarnya adalah sesuatu yang memberitahu kita tentang sejarah atau peristiwa di masa lampau. Sumber sejarah dapat berupa dokumen, gambar, rekaman suara, buku, film sinema, program televisi, obyek atau artefak. Dilansir dari MSU Libraries, terdapat dua tipe sumber sejarah yaitu:

  1. Sumber primer,
  2. Sumber sekunder,

Berikut ini penjelasan mengenai sumber sejarah primer dan sekunder: Baca juga: Belajar Sejarah Geopark Gunung Sewu, Apa Menariknya?

Mengapa posisi arsip sebagai sumber sejarah menempati kedudukan tertinggi jika dibandingkan dengan sumber sejarah lainnya?

Arsip, rekaman sezaman dari suatu kejadian – Arsip menjadi sumber sejarah primer karena penciptaan arsip sebagai informasi terekam bersamaan dengan waktu terjadinya suatu peristiwa. Sejarah merupakan sebuah peristiwa objektif yang terjadi pada ruang dan waktu tertentu di masa lalu.

  • Sebagai peristiwa, sejarah tidak dapat direkonstruksi tanpa adanya sumber sejarah yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  • Berdasarkan sifatnya, sumber sejarah terdiri atas sumber primer dan sekunder.
  • Sumber sejarah primer merupakan sumber yang terbuat, tertulis, terekam, dan terdata di masa lalu atau saat kejadian sejarah berlangsung.

Oleh karena itu, sumber primer memungkinkan peneliti sedekat mungkin dengan peristiwa yang sebenarnya terjadi selama peristiwa sejarah atau periode waktu tertentu. Sumber sejarah primer bisa berupa arsip. Menurut Sartono Kartodirdjo, untuk mengungkap suatu peristiwa sejarah sangat memerlukan arsip.

Baca juga: Penulisan Sejarah pada Awal Kemerdekaan Indonesia Alasannya, ketika ada satu peristiwa, pasti akan ada dua perspektif berbeda dalam melihatnya. Di situlah arsip menjadi kunci dalam merekonstruksi peristiwa sejarah sesungguhnya. Dalam disiplin ilmu sejarah, arsip tidak hanya termasuk sumber sejarah primer, tetapi sumber sejarah yang menempati kedudukan tertinggi dibandingkan dengan sumber sejarah lain.

Arsip diposisikan sebagai sumber informasi primer karena penciptaan arsip sebagai informasi terekam bersamaan dengan waktu terjadinya suatu peristiwa atau fenomena yang muncul dan berlangsung di masyarakat. Subjektivitas arsip pun berkadar kecil, sehingga arsip merupakan first hand knowledge (pengetahuan tangan pertama) yang kredibilitasnya dapat diandalkan.

Alamsyah. (2018). Kontribusi Arsip dalam Rekonstruksi Sejarah (Studi di Keresidenan Jepara dan Tegal Abad Ke-19). ANUVA.2 (2), 153-163. Azmi. (2021). Menggapai Asa: Arsip untuk Indonesia yang Maju, Sejahtera, dan Berkeadilan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

You might be interested:  Mengapa Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Sangat Penting Dipertahankan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Mengapa historiografi dianggap paling berat dalam penelitian sejarah?

Pembahasan – Historiografi merupkan salah satu tahapan dalam metode sejarah dan bisa juga dikatakan sebagai pengembangan sejarah sebagai disiplin akademis, dan secara luas dianggap sebagai setiap karya sejarah mengenai topik tertentu. Mengapa historiografi paling berat? Karena dibutuhkan waktu yang cukup dalam penulisan sejarah, harus mengikuti kaidah dalam metode, norma dan disiplin ilmu sejarah, dan juga harus mengikuti fakta-fakta yang telah ditemukan dalam peristiwa sejarah.

Bagaimana jika seorang sejarawan tidak menggunakan sumber sejarah dalam sejarah?

Jawaban: Salah satu aspek yang sangat penting dalam penulisan sejarah adalah penggunaan sumber sejarah. Apabila dalam penulisan sejarah, sejarawan tidak menggunakan sumber sejarah, maka hasil dari penulisan sejarah tidak akan bisa dipertanggungjawabkan karena tidak didukung oleh fakta dari kejadian sejarah tersebut.

Apa tujuan sumber sejarah?

Penggunaan sumber dalam belajar sejarah menjadi sangat penting karena sejarah merekonstruksi peristiwa yang benar-bear terjadi pada masa lalu. Untuk merekontruksi kembali peristiwa-peristiwa masa lampau menjadi suatu kisah diperlukan adanya sumber sejarah, bukti, serta fakta-fakta sejarah.

Informasi yang diperoleh dari data atau sumber sejarah adalah keterangan sekitar apa yang terjadi, siapa pelakunya, di mana peristiwa itu terjadi dan kapan peristiwa itu terjadi. Dari sumber sejarah dapat diperoleh informasi yang menjelaskan tentang terjadinya suatu peristiwa tertentu. Seluruh keterangan inilah yang dijadikan dasar untuk merekonstruksi peristiwa masa lalu menjadi sebuah karya sejarah.

Oleh karena itu karya sejarah merupakan sebuah karya nonfiksi. Sumber sejarah adalah semua yang menjadi pokok sejarah. Menurut Moh. Ali, yang dimaksud sumber sejarah adalah segala sesuatu yang berwujud dan tidak berwujud serta berguna bagi penelitian sejarah sejak zaman purba sampai sekarang.

Apa manfaat dari sumber sejarah?

1. Menjaga Tradisi Penulisan – Salah satu manfaat dan fungsi dari adanya sumber sejarah yaitu untuk menjaga tradisi penulisan, karena tradisi penulisan tersebut merupakan suatu elemen pinting dalam sejarah manusia.

Bagaimana peran sumber lisan dalam penelitian sejarah?

Jawaban: peran sumber lisan penulisan sejarah adalah sangat penting. karena sumber lisan memainkan peranan yang besar dalam memelihara dan menambahkan sumber-sumber yang ada. sumber lisan dapat diperoleh dengan cara wawancara pada tokoh-tokoh yang terkait dengan sejarah tersebut. Maaf kalau salah Semoga membantu 🙂

Mengapa sumber sejarah primer lebih penting daripada sumber sejarah sekunder?

Sumber primer atau sumber pertama adalah sumber yang menunjukkan kesaksian langsung pada saat peristiwa sejarah itu terjadi. Sumber primer dapat berupa kesaksian langsung dari pelaku sejarah (sumber lisan), dapat juga berupa dokumen-dokumen, naskah perjanjian, arsip, benda, bangunan sejarah, dan benda-benda arkeologi (artefak).

Jenis sumber ini dianggap sangat penting dibanding sumber sekunder karena informasi dalam sumber primer berkaitan langsung dengan peristiwa sejarah sehingga memperkecil risiko kerancuan informasi. Sedangkan informasi dalam sumber sekunder tidak berkaitan langsung dengan peristiwa sejarah, sehingga lebih berisiko mengandung pembiasan informasi.

– Sumber primer atau sumber pertama adalah sumber yang menunjukkan kesaksian langsung pada saat peristiwa sejarah itu terjadi. Sumber primer dapat berupa kesaksian langsung dari pelaku sejarah (sumber lisan), dapat juga berupa dokumen-dokumen, naskah perjanjian, arsip, benda, bangunan sejarah, dan benda-benda arkeologi (artefak).

Dalam kondisi apa dapat dikatakan bahwa sumber sekunder menggantikan sumber primer adalah?

Jawaban: Ketika sumber utama rusak atau hilang Penjelasan: Dalam kondisi ketika sumber utama rusak atau hilang dapat dikatakan bahwa sumber sekunder menggantikan sumber primer. Semoga membantu

You might be interested:  Mengapa Ban Dapat Mengembang?

Mengapa para sejarawan menggunakan sumber visual karena?

Jawaban: Sejarawan jarang menggunakan sumber visual dalam penelitiannya karena sumber sejarah visual rentan pada keabsahannya dikarenakan mudah dipalsukan. Sehingga fakta yang ada di dalam sumber visual lebih dipertanyakan kembali keasliannya dan harus melewati berbagai kritik untuk menjadi sumber yang valid sebagai informasi sejarah. Penjelasan:

  • Membahas tentang penulisan dan penelitian sejarah sudah ada sejak masa kuno. Hal ini terlihat dalam jenis-jenis historiografi yaitu penulisan sejarah, dimulai dari Historiografi Tradisional, Historiografi Kolonialisme, dan Historiografi Nasional dan Modern. Perkembangan Historiografi Modern dibuktikan dengan adanya metodologi penelitian. Di dalam metodologi penelitian sejarah tersebut memiliki langkah-langkah penelitian.
  • Salah satu faktor penunjang yang sangat penting dalam melakukan penelitian adalah adanya sumber. Sumber sejarah terdiri dari berbagai jenis dan setiap sumber sejarah tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa contoh sumber sejarah yaitu:
  1. Visual, sumber ini memiliki kelebihan yaitu mudah diamati dan dapat dijadikan alat untuk menarik perhatian masyarakat. Sedangkan kelemahannya, rentan pada keabsahannya dikarenakan mudah dipalsukan.
  2. Audiovisual, sumber ini memiliki kelebihan yaitu memudahkan peneliti dalam mengimajinasikan peristiwa sejarah, sedangkan kelemahannya adalah rentan mengalami kerusakan.
  3. Lisan, sumber ini memiliki kelebihan yaitu dapat menunjang sumber tulisan, sedangkan kelemahannya adalah keterbatasan daya ingat narasumber.
  4. Kebendaan, sumber ini memiliki kelebihan yaitu memudahkan peneliti dalam menambah informasi dari berbagai bidang lainnya, sedangkan kelemahannya adalah kebendaan tidak lengkap sehingga mengurangi informasi.

Dengan demikian, beberapa sumber tersebut harus melewati masa verifikasi atau kritik sumber internal dan eksternal untuk melihat kecocokan atau keabsahan untuk menyatakan sumber tersebut valid. Maka dari itu, sejarawan jarang menggunakan sumber visual dalam penelitiannya karena sumber sejarah visual rentan pada keabsahannya dikarenakan mudah dipalsukan.

  • Pelajari lebih lanjut mengenai materi tentang langkah penelitian sejarah pada brainly.co.id/tugas/1640660
  • Pelajari lebih lanjut mengenai materi tentang sumber-sumber sejarah lainnya pada brainly.co.id/tugas/773928

#BelajarBersamaBrainly

Penelitian sejarah menggunakan metode apa saja?

Metode Penelitian Sejarah – Ada 5 tahapan yang perlu kamu lalui dalam melakukan penelitian sejarah, yaitu pemilihan topik, heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi, dan historiografi (penulisan). Mari kita bahas satu per satu setiap tahapannya.

Mengapa sumber sejarah lisan saja tidak cukup untuk dijadikan bahan?

Karena sumber sejarah memerlukan bukti bukti empiris yang bisa dipertanggungjawabkan seperti dokumen, rekaman dokumentasi dan benda benda peninggalan sejarah,

Mengapa sumber primer lebih akurat dibanding sumber sekunder?

Mengapa bila dibandingkan sumber lainnya,sumber primer memiliki tingkat kredibilitas paling kuat? – Jawaban : Karena sumber primer dibuat oleh pikah yang menjadi saksi atau terlibat langsung pada peristiwa sejarah, sehingga lebih akurat dan memiliki informasi yang lebih lengkap, bila dibandingkan dengan sumber sekunder.

  1. Pendahuluan : Dalam penulisan sejarah terdapat apa yang disebut sebagai sumber sejarah.
  2. Sumber sejarah memberikan informasi terhadap peristiwa sejarah yang terjadi.
  3. Sumber sejarah terbagi menjadi sumber primer dan sumber sekunder.
  4. Pembahasan : Sumber primer yaitu sumber yang berkaitan langsung dengan peristiwa yang diceritakan.

Sumber ini biasanya berasal dari peristiwa sejarah itu langsung, atau dibuat oleh pihak pelaku dan saksi sejarah. Contoh sumber primer adalah bernda seperti fosil dan artefak yang dihasilkan oleh manusia purba, atau prasasti yang menjadi peninggalan kerajaan masa lalu.

  1. Sumber primer ini berasal dari waktu yang sama atau berdekatan dengan peristiwa sejarah.
  2. Sehingga dapat memberikan informasi yang lengkap dan akurat terhadap peristiwa sejarah.
  3. Misalnya, prasasti dapat memberikan informasi tentang aksara apa yang digunakan apda masa suatu kerajaan.
  4. Arena pentingnya sumber primer, maka sebaiknya seorang sejarawan akan semua sumber primer untuk peristiwa atau periode sejarah yang dipelajari.

Sebaliknnya, sumber sekunder adalah catatan, laporan atau kesaksian dari siapa pun yang bukan merupakan pelaku/saksi langsung peristiwa sejarah. Sumber sejarah dapat berupa kutipan dari sumber primer. Contoh sumber sekunder adalah buku sejarah dan hikayat yang dibuat beratus tahun setelah peristiwa sejarah terjadi.

Releated

Mengapa Manusia Dilarang Durhaka Kepada Orang Tua?

Alasan kenapa durhaka kepada orang tua dilarang dalam agama islam adalah karena orang tua merupakan orang yang sangat berjasa bagi kita. Ibu yang melahirkan dan merawat kita dari kecil dan ayah yang merawat serta memberi nafkah buat kita. Tidak logis dan tidak baik bagi seseorang jika tidak membalas jasa kedua orang tua atau bahkan membantah […]

Mengapa Pembukaan Uud 1945 Dan Batang Tubuh Bersifat Kausal Organis?

Hubungan Kausal Organis Pembukaan dengan Batang Tubuh UUD 1945 – Pembukaan UUD 1945 meliputi suasana kebatinan yang diwujudkan dalam pasal-pasal dalam UUD. Dengan kata lain, suasana kebatinan UUD 1945 dijiwai dan bersumber dari dasar filsafat negara yaitu Pancasila. Hubungan langsung antara pembukaan UUD 1945 dengan batang tubuhnya bersifat kausal organis karena isi dalam pembukaan dijabarkan […]

Adblock
detector