Mengapa Proses Globalisasi Turut Andil Menyebabkan Gejala Sosial?

Mengapa Proses Globalisasi Turut Andil Menyebabkan Gejala Sosial
3. Gejala Lingkungan Alam – Apa yang terjadi pada lingkungan alam manusia akan berdampak bagi manusia itu sendiri. Gejala yang timbul bisa disebabkan oleh alam dan juga disebabkan oleh ulah manusia yang menyebabkan kerusakan lingkungan alam. Sebagai contoh, kebiasaan membuang sampah sembarangan dapat menimbulkan pencemaran lingkungan dan penyakit bagi manusia.

Apa globalisasi dapat menyebabkan munculnya gejala sosial?

Point yang ditanyakan adalah penyebab munculnya gejala sosial. Gejala sosial adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi di antara dan oleh manusia, baik secara individu maupun secara kelompok. Gejala sosial merupakan akibat dari perubahan masyarakat, perubahan tersebut dipicu oleh globlaisasi, karena adanya globalisasi memicu perubahan perilaku ataupun pola pikir masyarakat. Gejala sosial adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi di antara dan oleh manusia, baik secara individu maupun secara kelompok. Gejala sosial merupakan akibat dari perubahan masyarakat, perubahan tersebut dipicu oleh globlaisasi, karena adanya globalisasi memicu perubahan perilaku ataupun pola pikir masyarakat.

Mengapa gejala sosial berupa globalisasi dapat menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan?

Salah satu dampak negatif GLOBALISASI adalah memicu kerusakan lingkungan hidup. Mengapa demikian? Alasannya karena Globalisasi selalu identik dengan Industrialisasi yang mengekspoitasi SDA berlebihan dan diketahui memberi banyak dampak buruk bagi kesehatan dan keseimbangan lingkungan.

Apa saja faktor penyebab timbulnya masalah sosial?

Faktor Penyebab Gejala Sosial – 1. Kultural, adanya pertumbuhan dan perkembangan suatu nilai di masyarakat.2. Struktural, suatu keadaan yang memengaruhi suatu pola tertentu. Hubungan yang terjalin antara individu terhadap kelompok di lingkungan masyarakat.

  • Gejala Sosial Akibat Pengaruh Perubahan Sosial Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam masyarakat, berkaitan dengan perilaku.
  • Perubahan yang dialami masyarakat dipicu: a.
  • Globalisasi Globalisasi adalah sistem ekonomi dan budaya global menyebabkan manusia di seluruh dunia menjadi satu kesatuan masyarakat tunggal.

Adanya globalisasi memicu perubahan perilaku ataupun pola pikir.b. Pola hidup kebarat-baratan (westernisasi) Westernisasi adalah kecenderungan untuk menjadi sama dengan perilaku masyarakat barat. Westernisasi mengakibatkan lunturnya rasa nasionalisme, menghilangkan jati diri bangsa, serta dapat mematikan kreativitas seseorang akibat peniruan budaya barat secara berlebihan.c.

  • Pola hidup modernisasi Modernisasi adalah proses pergeseran sikap, karakter dan perilaku masyarakat dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia terkini.d.
  • Sikap mengutamakan kepentingan dunia (hedonisme) Orang yang menganut paham hedonisme didominasi oleh perilaku hidup bersenang-senang setiap waktu.
You might be interested:  Mengapa Perumusan Kebijakan Sangat Penting Dalam Pembuatan Kebijakan?

Perilaku ini menyebabkan orang yang mengindahkan norma sosial menolak untuk bekerja dan tidak memiliki etos kerja.e. Sikap hidup boros (konsumerisme) Konsumerisme adalah kegiatan pembelian barang konsumsi yang berlebihan. Hal itu untuk gaya hidup modern semata.

Kenapa globalisasi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi ketimpangan sosial?

Menurut Anthony Giddens, globalisasi ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan penggunaan teknologi modern dalam kehidupan sehari-hari untuk efisiensi dan efektivitas dalam memenuhi kebutuhan hidup. Akan tetapi, tingkat pemahaman terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat Indonesia berbeda-beda.

  1. Masih banyak masyarakat yang belum mampu menggunakan teknologi modern.
  2. Ondisi ini menyebabkan terjadinya ketimpangan dalam bidang ilmu pengetahuari dan teknologi.
  3. Masyarakat yang menolak atau kurang mampu menyikapi globalisasi secara bijak akan semakin jauh tertinggal.Akibatnya, terjadi ketimpangan sosial antara masyarakat yang mengalami kemajuan karena proses globalisasi dan masyarakat yang mengalamiketertinggalan karena kurang mampu memanfaatkan peluang yang ditawarkan globalisasi.

Sehingga, globalisasi menjadi salah satu faktor terjadinya ketimpangan sosial di masyarakat. – Menurut Anthony Giddens, globalisasi ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan penggunaan teknologi modern dalam kehidupan sehari-hari untuk efisiensi dan efektivitas dalam memenuhi kebutuhan hidup.

  1. Akan tetapi, tingkat pemahaman terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat Indonesia berbeda-beda.
  2. Masih banyak masyarakat yang belum mampu menggunakan teknologi modern.
  3. Ondisi ini menyebabkan terjadinya ketimpangan dalam bidang ilmu pengetahuari dan teknologi.
  4. Masyarakat yang menolak atau kurang mampu menyikapi globalisasi secara bijak akan semakin jauh tertinggal.

Akibatnya, terjadi ketimpangan sosial antara masyarakat yang mengalami kemajuan karena proses globalisasi dan masyarakat yang mengalami ketertinggalan karena kurang mampu memanfaatkan peluang yang ditawarkan globalisasi. Sehingga, globalisasi menjadi salah satu faktor terjadinya ketimpangan sosial di masyarakat.

Mengapa globalisasi sangat berpengaruh terhadap perubahan masyarakat Indonesia?

Secara etimologi pengertian globalisasi berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata global atau universal yang artinya luas dan liztion yang berarti proses. Jadi, globalisasi adalah proses yang tidak memiliki batasan baik itu secara wilayah ataupun pemikiran.

  • Dalam globalisasi tidak ada batasan dari berbagai negara namun juga tidak kehilangan identitas dari masing-masing negara demi menjaga stabilitas keuangan dan perdagangan.
  • Globalisasi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan adanya perubahan pada masyarakat, karena dengan adanya globalisasi pengaruh sosial budaya dari luar atau dari negara asing dapat masuk ke Indonesia sehingga menyebabkan adanya perubahan tersebut.

Contoh Perubahan Yang Terjadi Akibat Adanya Globalisasi Dalam Berbagai Bidang: 1. Ekonomi Dalam masalah ekonomi masyarakat lebih memilih berlibur ke luar negeri dibanding dalam negeri, dan lebih suka membeli barang merk luar negeri dibanding negara sendiri.2.

  1. Epercayaan atau Religi Dahulu orang Indonesia berpegang teguh kepada ajaran nenek moyang atau leluhur mereka yang telah tiada, namun sekarang mereka mengedepankan logika dan dengan bukti-bukti yang telah ada secara rasional.3.
  2. Pendidikan Dalam masalah pendidikan atau untuk menambah pengetahuan dalam pembelajaran juga tidak harus dari sekolah formal secara langsung, karena referensi pembelajaran banyak ditemukan di internet.

Di sekolah-sekolah tertentu juga biasanya tersedia komputer untuk pembelajaran.4. Budaya Adanya perayaan yang sebelumnya tidak ada di Indonesia seperti valentine, budaya merayakan ulang tahun dan sebagainya.5. Cara Berkomunikasi Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan yang besar dalam cara kita berkomunikasi.

Dahulu jika ingin berkomunikasi harus mengirim surat terlebih dahulu, dan sekarang untuk berkomunikasi sangat mudah dan cepat dengan cara menggunakan handphone. Dengan adanya globalisasi menimbulkan berbagai dampak baik dan buruk, yaitu mengakibatkan banyak perubahan-perubahan sosial budaya pada masyarakat Indonesia seperti beberapa contoh di atas.

Perubahan tersebut dapat berupa perubahan yang bersifat positif maupun negatif. Dalam menghadapi globalisasi masyarakat harus menyiapkan mental agar siap menghadapi dan menerima perubahan yang telah terjadi. Masyarakat harus bijak dalam bertindak dan melakukan sesuatu agar tidak terjerumus ke dalam hal yang buruk dari perubahan akibat globalisasi tersebut. Mengapa Proses Globalisasi Turut Andil Menyebabkan Gejala Sosial Lihat Sosbud Selengkapnya Beri Komentar Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE Belum ada komentar.

You might be interested:  Mengapa Monopoli Kekerasan Hanya Dimiliki Oleh Negara?

Apakah dampak perkembangan globalisasi bisa mempengaruhi kerusakan lingkungan?

Pengaruh Negatif Globalisasi – Menurut Onny Budi Antika, S.Pd dan Ira Purwaningsih, S.Pd. dalam bukunya yang berjudul Dunia dalam Genggamanku, pengaruh negatif globalisasi dari segi perilaku masyarakat dan lingkungan, antara lain sebagai berikut. Munculnya sikap westernisasi adalah salah satu contoh pengaruh negatif globalisasi.

Foto: Pixabay 1. Munculnya sikap westernisasi Westernisasi adalah sikap atau tindakan masyarakat yang meniru kebudayaan barat, sehingga melunturkan nasionalisme atau rasa cinta terhadap budayanya sendiri. Contoh perilaku westernisasi adalah cara berpakaian yang berubah dengan mengikuti gaya pakaian orang barat, lunturnya sopan santun masyarakat, kebiasaan dalam kehidupan malam dengan pergi klub malam, dan pergaulan bebas.2.

Munculnya sikap individualisme Sikap individualisme merupakan perilaku yang mementingkan diri sendiri dan tidak mau tahu urusan atau kepentingan orang lain. Kurangnya sosialisasi antar masyarakat, sehingga menyebabkan setiap orang bergerak secara individu.

  • Selain itu, kepedulian terhadap sesama juga sudah semakin hilang dalam kebiasaan masyarakat.
  • Perilaku gotong royong yang merupakan ciri khas masyarakat Indonesia perlahan mulai luntur digerus perkembangan zaman.
  • Berbagai kemudahan yang dirasakan manusia karena globalisasi, juga memberikan dampak pada terjadinya kerusakan lingkungan.

Pencemaran ini dapat dikategorikan pada pencemaran udara, air, tanah, dan suara. Pencemaran lingkungan ditandai dengan berubahnya kondisi lingkungan akibat dari kegiatan manusia atau proses alam sehingga tidak dapat berfungsi lagi sebagaimana mestinya.

Apakah globalisasi juga berdampak pada lingkungan hidup jelaskan *?

Jawaban: karena globalisasi dapat mempengaruhi industri dari luar yang masuk untuk membangun perusahaannya di lahan kosong yaitu hutan, dan oleh karena itu maka akan banyak pohon yang ditebang untuk membuka lahan baru. Dan asap dari industri juga dapat mencemari udara sekitar. Penjelasan: MAAF KALAU JAWABANNYA SALAH

Mengapa globalisasi dapat berdampak negatif terhadap lingkungan hidup?

Jawaban. karena globalisasi banyak mementingkan modernitas. dan terkadang melupakan unsur budaya. padahal karakter lingkungan hidup di masing-masing daerah tergantung dari budayanya sendiri.

Mengapa gejala yang ditimbulkan oleh masalah sosial harus bersifat kompleks?

Gejala sosial dikatakan kompleks atau rumit karena di dalamnya terdapat hubungan antarmanusia yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya yaitu faktor ekonomi, sosial, budaya, psikologis, politik, dan agama.

Bagaimana fenomena gejala sosial dalam masyarakat itu muncul?

Bola.com, Jakarta – Gejala sosial adalah masalah sosial yang memengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Gejala sosial termasuk fenomena yang ada di masyarakat. Gejala sosial diartikan sebagai sebuah peristiwa yang sering terjadi di lapisan masyarakat, baik tradisional maupun modern.

Munculnya fenomena sosial tersebut berawal dari adanya perubahan sosial. Gejala sosial juga muncul dari berbagai masalah sosial, baik yang berasal dari individu maupun kelompok. Gejala sosial merupakan segala sesuatu yang dibuat maupun dilakukan manusia dalam lingkungan kehidupannya. Ada bermacam-macam gejala sosial di masyarakat.

Penting mengetahui macam-macam gejala sosial tersebut. Apa saja macam-macam gejala sosial di masyarakat? Berikut ini rangkuman tentang macam-macam gejala sosial di masyarakat dan contohnya, dilansir dari laman repositori.kemdikbud.go.id, Senin (18/7/2022).

You might be interested:  Mengapa Perlindungan Hukum Mutlak Harus Dilakukan Dalam Sebuah Negara Demokrasi?

Bagaimana dampak dari terjadinya gejala sosial dalam masyarakat?

2. Terjadi penyimpangan sosial di tengah masyarakat – Gejala sosial dapat menimbulkan terjadinya perilaku menyimpang atau biasa disebut juga sebagai penyimpangan sosial, Contohnya, tingginya tingkat kemiskinan dapat menyebabkan banyak kasus pencurian, Selain itu, kurangnya akses terhadap pendidikan dapat menyebabkan kenakalan remaja dan tindakan asusila,

Apa pengaruh negatif globalisasi di bidang sosial budaya?

Bidang Sosial Budaya – Dampak negatif globalisasi di bidang sosial budaya adalah:

Meningkatnya berbagai macam gaya hidup modern yang merusak moral, kepribadian, dan budaya setempat. Contohnya adalah meningkatnya individualisme, sekularisme, hedonisme, dan pragmatisme. Penyebaran paham barat terutama ideologi liberal membentuk sikap kebebasan yang tidak sesuai dengan budaya timur. Sikap kebarat-baratan atau westernisasi seperti seks bebas, penyalahgunaan narkoba, dan budaya dugem. Pengikisan bahasa nasional dan penguatan bahasa internasional seperti bahasa Inggris, Perancis, Jepang, dan lain-lain. Memudarnya kecintaan terhadap budaya bangsa sendiri dan lebih mencintai budaya populer. Meningkatnya pornografi dan pornoaksi di masyarakat. Akibatnya meningkatkan kejahatan pemerkosaan, pelecehan seksual, tindakan prostitusi di berbagai kalangan.

Baca juga: Upaya untuk Melestarikan Batik Nusantara agar Bersaing di Era Globalisasi

Jelaskan apa hubungan antara gejala sosial dan masalah sosial di masyarakat?

Gejala sosial adalah fenomena yang menandai adanya permasalhan sosial masalah sosial adalah permaslahanyang terjadi di masyarakat kedua ini saling berkaitan karena sebelum adanya permasalahan sosial, pasti diawali dengan gejala sosial yang menyebapkan individu/sekelompok orang nekat untuk membentuk permasalahan sosial.

Apa dampak yang muncul akibat berbagai gejala sosial seperti perdagangan manusia narkotika dan pencucian uang?

Poin yang ditanyakan adalah dampak dari gejala sosial seperti contoh tersebut. Gejala sosial adalah peristiwa yang terjadi di masyarakat yang bersangkutan dengan nilai-nilai sosial dan moral. Baik peristiwa yang dialami oleh individu maupun kelompok. Dampak gejala sosial bagi masyarakat yaitu: Terjadinya ketidakteraturan sosial dalam tatanan masyarakat Meningkatnya penyimpangan sosial Meningkatnya konflik sosial Terjadi kemunduran moral, sehingga perilaku manusia semakin tidak teratur – Poin yang ditanyakan adalah dampak dari gejala sosial seperti contoh tersebut. Gejala sosial adalah peristiwa yang terjadi di masyarakat yang bersangkutan dengan nilai-nilai sosial dan moral. Baik peristiwa yang dialami oleh individu maupun kelompok. Dampak gejala sosial bagi masyarakat yaitu:

Terjadinya ketidakteraturan sosial dalam tatanan masyarakat Meningkatnya penyimpangan sosial Meningkatnya konflik sosial Terjadi kemunduran moral, sehingga perilaku manusia semakin tidak teratur

Releated

Mengapa Manusia Dilarang Durhaka Kepada Orang Tua?

Alasan kenapa durhaka kepada orang tua dilarang dalam agama islam adalah karena orang tua merupakan orang yang sangat berjasa bagi kita. Ibu yang melahirkan dan merawat kita dari kecil dan ayah yang merawat serta memberi nafkah buat kita. Tidak logis dan tidak baik bagi seseorang jika tidak membalas jasa kedua orang tua atau bahkan membantah […]

Mengapa Pembukaan Uud 1945 Dan Batang Tubuh Bersifat Kausal Organis?

Hubungan Kausal Organis Pembukaan dengan Batang Tubuh UUD 1945 – Pembukaan UUD 1945 meliputi suasana kebatinan yang diwujudkan dalam pasal-pasal dalam UUD. Dengan kata lain, suasana kebatinan UUD 1945 dijiwai dan bersumber dari dasar filsafat negara yaitu Pancasila. Hubungan langsung antara pembukaan UUD 1945 dengan batang tubuhnya bersifat kausal organis karena isi dalam pembukaan dijabarkan […]

Adblock
detector