Mengapa Pertentangan Atau Konflik Dapat Menyebabkan Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Pertentangan Atau Konflik Dapat Menyebabkan Perubahan Sosial Budaya
Jawaban: Perubahan Menurut kamus besar bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai keadaan yang berubah. Jadi bisa kita definisikan bahwa perubahan adalah peralihan dari keadaan yang sebelumnya, perubahan tersebut dapat meliputi berbagai hal yang ada disekitar kehidupan masyarakat.

Sedangkan sosial menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat, interaksi antar individu sebagai anggota masyarakat. Jadi, perubahan sosial adalah perubahan dari keadaan yang sebelumnya menuju kondisi masyarakat yang lebih baik. perubahan sosial menjadi sesuatu hal yang tidak bisa dihindari, perubahan social dapat terjadi secara disengaja maupun tidak disengaja dan dalam waktu yang cepat ataupun lambat.

Perubahan social akan mempengaruhi system social yang ada di masyarakat, maksudnya satu aspek yang ada di masyarakat berubah maka akan menyebabkan perubahan pada aspek lainnya. Perubahan social dapat terjadi karena adanya rasa tidak pernah puas yang dimiliki oleh individu sebagai anggota masyarakat, seiring berjalannya waktu disertai dengan teknologi yang semakin modern tentu membuat masyarakat tidak diam ditempat melainkan pasti akan melakukan perubahan.

  • Menurut Selo Soemardjan, perubahan sosial adalah perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
  • Tekanan pada definisi tersebut terletak pada lembaga-lembaga kemasyarakatan sebagai himpunan pokok manusia, perubahan-perubahan mana kemudian mempengaruhi segi-segi struktur masyarakat lainnya.

Perubahan social tidak serta merta terjadi begitu saja, melainkan diperlukan agent of change yang berperan sebagai penggerak atau actor untuk perubahan yang terjadi di masyarakat. Perubahan sosial sebagai akibat dari adanya konflik sosial antar anggota masyarakat maupun konflik antar kelompok dengan kelompok lainnya.

Contents

You might be interested:  Mengapa Tingkat Pendapatan Mempengaruhi Pola Konsumsi Seseorang?

Kenapa konflik sosial penyebab terjadinya perubahan sosial?

Mengapa Pertentangan Atau Konflik Dapat Menyebabkan Perubahan Sosial Budaya Perubahan sosial adalah fenomena yang enggak bisa dihindari karena masyarakat selalu dinamis. GridKids.id – Dalam kehidupan masyarakat yang terus berkembang, perubahan sosial adalah sesuatu fenomena yang enggak bisa dihindari. Manusia terus berkembang dan melakukan mobilisasi atau perpindahan, inilah yang membuat masyarakat terus mengalami perubahan sosial,

Perubahan sosial bisa terjadi karena adanya dua faktor yang menyebabkannya, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri, sedangkan faktor eksternal adalah perubahan sosial yang disebabkan oleh faktor di luar masyarakat. Yuk, simak penjelasan lebih lanjutnya dalam uraian lengkap di bawah ini, Kids! Faktor Internal 1.

Adanya penemuan baru Munculnya penemuan baru bisa terjadi ketika ada rasa enggak puas yang berkembang dalam masyarakat pada satu kondisi atau satu hal. Misalnya dulu untuk menjalin komunikasi, orang-orang harus menulis surat yang butuh waktu beberapa hari untuk bisa sampai dan mendapat balasan. Mengapa Pertentangan Atau Konflik Dapat Menyebabkan Perubahan Sosial Budaya Sheep. Kebiasaan orang yang sibuk dengan gadgetnya masing-masing meski sedang duduk bersama adalah salah satu kebiaasan buruk yang terjadi karena perkembangan teknologi. Namun, kini komunikasi bisa dilakukan semudah membuka aplikasi untuk berkirim pesan yang praktis dan ekonomis.

Di antara kemudahan-kemudahan dalam berkomunikasi, akan tetap terasa ada sisi negatif, misalnya menjauhkan yang dekat. Karena merasa bisa disampaikan lewat pesan, orang-orang kadang lebih memilih berkirim pesan daripada bertemu langsung.2. Terjadinya konflik sosial Konflik sosial bisa menjadi penyebab terjadinya perubahan sosial karena melibatkan masyarakat di dalamnya.

Umumnya, konflik sosial bisa terjadi karena beberapa hal, seperti adanya perbedaan pendapat, perbedaan kepentingan, hingga adanya kecemburuan sosial yang disebabkan oleh ketimpangan sosial.3. Pecahnya pemberontakan Pemberontakan atau revolusi merupakan usaha untuk menentang atau mengganti sistem tatanan ang sudah ada.

Apa yang menyebabkan terjadinya perubahan kebudayaan?

KOMPAS.com – Perubahan budaya mencakup beberapa aspek. Mulai dari ilmu pengetahuan hingga aturan terkait kehidupan sosial manusia. Dilansir dari situs Study, para sosiolog menggunakan istilah perubahan budaya (cultural change) untuk menunjukkan cara dan tingkat perubahan dalam masyarakat.

  1. Saat masyarakat mengalami perubahan budaya, akan muncul pola perilaku, sifat sosial, norma, nilai, serta struktur sosial yang baru.
  2. Inovasi, discovery, dan invention adalah tiga faktor utama perubahan budaya,
  3. Adapun mengenai discovery adalah penemuan unsur kebudayaan yang baru, baik berupa alat, atau gagasan yang diciptakan individu maupun kelompok.
You might be interested:  Mengapa Hak Dan Kewajiban Tidak Dapat Dipisahkan?

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai tiga faktor utama perubahan budaya :

Apa pengaruh konflik tersebut bagi kehidupan sosial di masyarakat?

Dampak positif konflik adalah sebagai berikut: • Memperjelas aspek kehidupan yang belum tuntas. • Penyesuaian kembali norma dan nilai. • Meningkatkan solidaritas. Sedangkan dampak negatif suatu konflik adalah sebagai berikut: • Memicu rusaknya hubungan antar individu dan kelompok.

  1. Memakan korban berupa kerusakan harta benda dan nyawa manusia.
  2. Berubahnya kepribadian para individu yang terlibat, baik yang mengarah pada hal-hal positif maupun negatif.
  3. Penjelasan: PENJELASAN ; Konflik merupakan suatu proses yang menyebabkan ketidakteraturan dalam kehidupan masyarakat.
  4. Namun di sisi lain, konflik juga memiliki fungsi dan dampak positif bagi masyarakat.

Konflik juga dapat didefinisikan sebagai adanya dua hal atau lebih yang berseberangan, tidak selaras, dan bertentangan. Konflik sendiri sebenarnya dapat memiliki dampak positif maupun negatif.

Mengapa peperangan juga menimbulkan akibat pada perubahan di bidang budaya?

Jawaban: Karena peperangan dapat menghancurkan suatu tempat ataupun membunuh sebagian besar anggota komunitas yang ada pada tempat tersebut, sehingga akhirnya kebudayaan yang ada pada tempat atau pada komunitas tersebut tidak mampu lagi untuk dihidupkan kembali dan akhirnya hilang.

Mengapa konflik sosial dapat mengubah kepribadian seseorang?

Konflik dapat membuat seseorang berubah kepribadian seseorang karena dengan danya konflik, orang itu akan merasa lebih dewasa dan mulai berpikir untuk memecahkan suatu masalah tersebut.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan konflik yang disebabkan oleh perubahan sosial yang terlalu cepat?

Penjelasan – Hallo teman- teman BrainlyLovers!!! pada waktu luang kali ini kita bersama- sama akan mencoba menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran sekolah menengah atas mata pelajaran sosiologi. Semangat belajar yaa teman- teman semoga sukses!!! Perubahan sosial yang terlalu cepat dapat menyebabkan konflik yaitu karena perubahan yang terjadi secara mendadak atau cepat akan menimbulkan guncangan bagi masyarakat, bahkan mungkin akan mengakibatkan penolakan- penolakan terhadap bentuk perubahan sosial yang sedang terjadi karena dianggap merusak atau mengacaukan tatanan masyarakat yang sudah ada.

You might be interested:  Mengapa Surat Lamaran Pekerjaan Tidak Menggunakan Kepala Surat Jelaskan?

Bagaimana dampak negatif konflik sosial di masyarakat?

Poin yang ditanyakan adalah dampak negatif konflik di masyarakat. Dampak negatif suatu konflik adalah sebagai berikut. Keretakan hubungan antarindividu dan persatuan kelompok. Kerusakan harta benda dan jatuhnya korban manusia. Berubahnya sikap kepribadian para individu, baik yang mengarah kepada hal-hal positif maupun negatif.

Keretakan hubungan antarindividu dan persatuan kelompok. Kerusakan harta benda dan jatuhnya korban manusia. Berubahnya sikap kepribadian para individu, baik yang mengarah kepada hal-hal positif maupun negatif. Munculnya dominasi kelompok pemenang atas kelompok yang kalah.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan konflik yang disebabkan oleh perubahan sosial yang terlalu cepat?

Penjelasan – Hallo teman- teman BrainlyLovers!!! pada waktu luang kali ini kita bersama- sama akan mencoba menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran sekolah menengah atas mata pelajaran sosiologi. Semangat belajar yaa teman- teman semoga sukses!!! Perubahan sosial yang terlalu cepat dapat menyebabkan konflik yaitu karena perubahan yang terjadi secara mendadak atau cepat akan menimbulkan guncangan bagi masyarakat, bahkan mungkin akan mengakibatkan penolakan- penolakan terhadap bentuk perubahan sosial yang sedang terjadi karena dianggap merusak atau mengacaukan tatanan masyarakat yang sudah ada.

Mengapa konflik antar suku bangsa dapat menyebabkan perubahan sosial brainly?

Jawaban: konflik antarsuku bangsa dapat menyebabkan perubahan sosial adalah karena konflik antar suku bangsa dapat menyebabkan terjadinya peperangan dalam suatu negara. Sehingga hal ini dapat mengganggu ketentraman dan keamanan dalam suatu negara. Penjelasan: semoga bermanfaat

Releated

Mengapa Manusia Dilarang Durhaka Kepada Orang Tua?

Alasan kenapa durhaka kepada orang tua dilarang dalam agama islam adalah karena orang tua merupakan orang yang sangat berjasa bagi kita. Ibu yang melahirkan dan merawat kita dari kecil dan ayah yang merawat serta memberi nafkah buat kita. Tidak logis dan tidak baik bagi seseorang jika tidak membalas jasa kedua orang tua atau bahkan membantah […]

Mengapa Pembukaan Uud 1945 Dan Batang Tubuh Bersifat Kausal Organis?

Hubungan Kausal Organis Pembukaan dengan Batang Tubuh UUD 1945 – Pembukaan UUD 1945 meliputi suasana kebatinan yang diwujudkan dalam pasal-pasal dalam UUD. Dengan kata lain, suasana kebatinan UUD 1945 dijiwai dan bersumber dari dasar filsafat negara yaitu Pancasila. Hubungan langsung antara pembukaan UUD 1945 dengan batang tubuhnya bersifat kausal organis karena isi dalam pembukaan dijabarkan […]

Adblock
detector