Mengapa Pengaruh Kebudayaan Asing Dapat Menyebabkan Keberagaman Di Indonesia?

Mengapa Pengaruh Kebudayaan Asing Dapat Menyebabkan Keberagaman Di Indonesia
Jawaban: Pengaruh Kebudayaan Asing Keberagaman bisa muncul karena pengaruh kebudayaan asing yang memiliki ciri yang berbeda. Biasanya lewat komunikasi atau mereka datang ke Indonesia. Hal tersebut menjadikan terjadinya akulturasi atau pencampuran unsur kebudayaan asing dengan kebudayaan Indonesia. maaf kalau salah

Apa saja pengaruh budaya asing?

Dampak masuknya budaya asing antara lain. terjadi perubahan kebudayaan, pembauran kebudayaan, modernisasi, keguncangan budaya, melemahnya nilai-nilai budaya bangsa. Dampak tersebut membawa pengaruh besar bagi Indonesia, baik dari segi postif, maupun negatif.

Apa akibat kedatangan bangsa asing terhadap keberagaman?

Jawaban. Jawaban: Dampak keberadaanbangsa asing di indonesia terhadap keragaman suku bangsa Indonesia antara lain : Dapat melakukan pertukaran ide-ide yang inovatif. Kebudayaan asli dari suku terssebut lama-lama dapat luntur karena adanya pengaruh dari kebudayaan asing.

Mengapa budaya asing dapat menyebabkan perubahan sosial budaya?

Karena kebudayaan asing banyak di sukai orang indonesia sehingga menjadi tren dan lama kelamaan dianggap biasa hingga dilakukan terus menerus oleh masyarakat.

Apakah benar pengaruh kebudayaan asing dapat mempengaruhi kebudayaan suatu masyarakat?

Jawaban: Benar,jika kebudayaan asing tersebut adalah kebudayaan yg bersifat positif.Contoh:Budaya orang jepang yg selalu tepat waktu dan disiplin. Salah,jika budaya asing tersebut bersifat negatif.Contoh:Pergaulan bebas,narkoba,dll

Mengapa tidak semua pengaruh dari luar negeri selalu baik bagi bangsa Indonesia?

Dampak positif : 1.)Pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.2.)IndustrialisasiDapat mempelajari kebiasaan, pola pikir dan perilaku yang bangsa2 maju sehingga dapat mendorong kita untuk menjadi lebih baik dan maju karena mereka.3.)Meningkatkan produktivitas dunia industri.Persaingan di dunia kerja yang membutuhkan pekerja untuk selalu menambah keterampilan dan pengetahuan.4.)Kemudahan untuk menunjukkan dan memperkenalkan budaya negara kita sendiri di luar negeri.5.)Terjadinya akulturasi yang mungkin dapat menciptakan budaya baru yang unik.

Mengapa generasi muda Indonesia lebih mencintai budaya asing?

Abstract Generasi muda Indonesia saat ini semakin kurang peduli dan kurang mencintai budaya bangsanya sendiri. Karena sekarang ini semakin banyak kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia, sehingga minat generasi muda jauh lebih tertarik untuk mempelajari kebudayaan asing tersebut.

  1. Salah satu yang menyebabkan kurangnya minat untuk mempelajari budaya sendiri karena kurangnya informasi dan pengetahuan tentang kekayaan budaya yang dimiliki Bangsa Indonesia, padahal Bangsa Indonesia memiliki banyak kebudayaan bahkan ada yang menjadi warisan budaya dunia.
  2. Generasi muda Indonesia yang akan menjadi penerus bangsa diharapkan mampu mengantisipasi dan juga teliti dalam memilih kebudayaan asing yang masuk, karena budaya asing tersebut tidak semuanya sesuai dengan kebudayaan kita dan bisa berdampak sangat buruk terhadap eksistensi budaya kita jika kita tidak benar-benar menyaringnya.
You might be interested:  Mengapa Sumber Sejarah Sangat Berarti Dalam Melakukan Penelitian Sejarah?

Dilihat dari sudut pandang sikap, saat ini banyak tingkah laku anak-anak muda yang tidak kenal sopan santun, cenderung cuek dan tidak ada rasa peduli terhadap kondisi bangsanya. Karena globalisasi menganut kebebasan dan keterbukaan sehingga mereka bertindak sesuka hati mereka.

Contoh riilnya yang akhir-akhir ini mulai terangkat lagi seperti, anak-anak geng motor. Dengan bersembunyi dibalik mantel organisasi yang berbasis ketertarikan (interest based organization) mereka dengan seenaknya melakukan tindakan kekerasan yang sangat mengganggu ketenteraman dan kenyaman masyarakat, bahkan meresahkan hati warga.

Dan masih banyak lagi faktor-faktor yang merusak moral bangsa. Salah satu faktor penyebab lainnya adalah kurangnya informasi kekayaan yang dimiliki Bangsa Indonesia. Padahal Indonesia memiliki tujuh warisan budaya, tiga di antaranya warisan budaya dunia.

Mengapa budaya asing dapat memberikan dampak negatif modernisasi?

Jawaban: Sementara DAMPAK NEGATIF masuknya budaya asing di Indonesia antara lain adalah: Masyarakat berubah menjadi individualis dan cenderung konsumtif. Gaya hidup ketimuran yang kita anut menjadi kebarat-baratan. Produk dalam negeri tersingkir oleh keberadaan produk luar negeri. Penjelasan:

Mengapa kita harus memilih kebudayaan asing yang sesuai dengan budaya bangsa kita?

Mengapa kita harus memilih kebudayaan asing yang sesuai dengan kebudayaan bangsa? Karena kebudayaan luar atau asing adalah kebudayaan bebas dan sedangkan kebudayaan indonesia tidak bebas dan maka dari itu harus memilah milah kebudayaan mana yang cocok di negara kita agar kebudaayaan tsb tidak merusak moral anak bangsa.

Apa dampak positif dari adanya keberagaman budaya karena pengaruh kedatangan bangsa asing?

Dampak Positif Keberagaman Sosial Budaya – Enam manfaat positif keragaman sosial budaya bagi bangsa Indonesia adalah sebagai berikut: Menjadi Kekayaan Budaya Bangsa Dengan menjadi satu kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, berabgai macam budaya yang terbentang dari Sabang hingga Merauke menjadi kekayaan Indonesia.

  • Ekayaan budaya yang ada, dilindungi pemerintah dengan undang-undang sekaligus mendorong pelestarian kebudayaan daerah.
  • Mempererat Persatuan dan Kesatuan Indonesia Bahasa daerah merupakan salah satu unsur penting dalam membangun suatu kebudayaan.
  • Bahasa daerah menjadi identitas dan alat komunikasi bagi masyarakat penggunanya.

Bahasa juga mencerminkan jati diri kelompok suatu suku bangsa. Hal ini perlu menjadi perhatian dari kita semua untuk melestarikan kekayaan bangsa ini agar tidak punah. Upaya yang dapat diilakukan antara lain: – Mengajarkan bahasa daerah oleh orang tua kepada anak-anaknya dan menggunakan secara aktif di rumah untuk berkomunikasi dengan seluruh anggota keluarga.

– Menggunakan bahasa daerah dalam pendidikan terutama untuk kelas-kelas awal. – Kebijakan penggunaan dan pelestarian daerah oleh pemerintah Dilansir dari situs museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id, pada 28 Oktober 1928, para peserta Kongres Pemuda II bersepakat merumuskan tiga janji yang kemudian disebut sebagai Sumpah Pemuda.

Isi sumpah pemuda, diataranya adalah ‘Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.’ Menjunjung tinggi bahasa persatuan bermakna tekad untuk menjadi satu kesatuan Indonesia dengan tetap menjaga beragai keragaman bahasa daerah yang merupakan kekayaan bangsa.

You might be interested:  Mengapa Iman Kepada Hari Akhir Hukumnya Wajib Bagi Muslim?

Memperluas Toleransi dan Wawasan Masyarakat Tentang Keragaman Budaya Menghargai perbedaan saat bermasyarakat, berada di sekolah dan lingkungan kerja menjadi penting. Indonesia adalah negara multikultural, tapi bukan negara multikulturalis. Karena itu multikulturalisme tidak menjadi solusi dalam pengelolaan keragaman di Indonesia.

Toleransi perlu ditengah masyarakat yang berbeda-beda. Perbedaan adalah keniscayaan dalam masyarakat. Sebagaimana mestinya seorang saudara, maka tidak boleh untuk saling menjatuhkan karena dia atau mereka berbeda. Terutama, untuk membuat keberagaman di Indonesia tetap berjalan.

  • Di negara yang lainnya, tentu tidak memiliki keberagaman yang begitu banyak.
  • Memang, tugas masyarakat Indonesia saat ini cukup berat.
  • Arena, harus menjaga keberagaman ini agar tetap lestari.
  • Menerima perbedaan antara suku, agama dan kebudayaan dapat dimulai dengan lingkungan sekitar terlebih dahulu.
  • Buat lingkungan masyarakat yang nyaman, tentram dan aman.

Kemudian, sampaikan kepada saudara yang lainnya bahwa hal ini penting untuk dilakukan. Menjadi Daya Tarik Wisata Setiap daerah memiliki budayanya masing-masing dan tentunya berbeda-beda. Bahkan di suatu daerah kita bisa menemukan kelompok-kelompok yang menggunakan bahasa yang benar-benar berbeda dengan latar belakang sejarah yang berbeda.

Apa saja kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia?

Pengaruh Kebudayaan Barat di Indonesia – Landasan Teori Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

  • Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
  • Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah suatu cara hidup yang menyeluruh yang berkembang dan dimiliki oleh suatu kelompok yang bersifat turun temurun.

Masuknya budaya barat ke Indonesia melalui melalui teknologi, budaya,dan sosial (dari kebiasaan-kebiasaan), perkembangan pesat era globalisasi saat ini semakin menekan proses akulturasi budaya terutama pengaruh budaya Barat kehadiran budaya Barat seakan mendominasi dan selalu menjadi trend-centre masyarakat.

  1. Ebiasaan dan pola hidup orang barat seakan menjadi cermin moderen kehadiran budaya Barat seakan mendominasi dan selalu menjadi trend-centre masyarakat.
  2. Eadaan ini terus mengikis budaya dan kearifan lokal yang merupakan warisan nusantara.
  3. Dari sinilah juga nilai tradisional secara perlahan mengalami kepunahan karena tidak mampu bersaing dengan budaya modern dalam bentuk pergaulan masyarakat.

Pengaruh Media Sosial di Kalangan Remaja Kebudayaan barat yang masuk ke Indonesia sebenarnya memiliki dampak positif dan negatif bagi masyarakat Indonesia. Dampak positif misalnya, kreatifitas, inovasi pengembangan ilmu pengetahuan, dan dijadikan bisnis online.

Dampak negatifnya kebudayaan asing atau barat terhadap masyarakat Indonesia khususnya kalangan remaja sudah sampai tahap memprihatinkan karena ada kecenderungan para remaja sudah melupakan kebudayaan bangsanya sendiri. Budaya ikut-ikutan atau latah terhadap cara berpenampilan, mengikuti trend tik-tok, gaya bahasa dalam berbicara, dan mengkonsumsi makanan cepat saji, berbelanja online, selau bermain game yang akan memengaruhi volume sel otak sehingga tingkat kecerdasannya akan menurun dan kasus hecker.

Gaya hidup semua itu karena melihat dari media sosial. Para remaja tidak ingin ingin dikatakan kuno, kampungan kalau tidak mengikuti cara berpakaian ala barat karena dinilai modern, tren dan mengikuti perkembangan zaman.Selain cara berpakaian dan mode, tetapi hanya menjadi masyarakat yang konsumtif tidak produktif di kalangan remaja menjadi masalah bagi kebudayaan di Indonesia.

  • Umumnya kalangan remaja Indonesia berperilaku ikut-ikutan tanpa selektif sesuai dengan nilai-nilai agama yang di anut dan adat kebiasaan yang mereka miliki.
  • Dan itu biasanya berasal dari media sosial yang mereka lihat.
  • Para remaja juga merasa bahwa kebudayaan di negerinya sendiri terkesan jauh dari moderenisasi.
You might be interested:  Alasan Mengapa Hutan Mangrove Hanya Terdapat Di Wilayah Tersebut Saja?

Sehingga para remaja merasa gengsi kalau tidak mengikuti perkembangan zaman meskipun bertentangan dengan nilai-nilai ajaran agama dan budayanya.

Bagaimana contoh pengaruh budaya asing terhadap budaya lokal?

Contoh pengaruh budaya asing terhadap budaya lokal adalah misalnya ketika sebelumnya masyarakat menganut sistem atau paham kepercayaan tradisional dan kemudian bergeser ke kepercayaan agama.

Apa dampak dari budaya luar yang masuk ke Indonesia dalam bidang musik?

Jawaban: pengaruh budaya asing terhadap budaya Indonesia cukup banyak. Dalam bidang musik dapat dilihat dari banyaknya aliran musik barat yang masuk ke Indonesia. Dampak positifnya adalah munculnya kreativitas dan inovasi terhadap musik daerah, sehingga mampu bersaing di arus globalisasi.

  • Dan lahirnya seniman baru dengan karya yang dapat diakui dunia.
  • Dampak negatifnya adalah hilangnya budaya lokal dalam jiwa remaja, musik tradisional Indonesia mulai terlupakan, banyak remaja yang lebih menggemari musik asing dibandingkan musik tradisional, serta memudarnya jiwa nasionalisme.
  • Penjelasan: Kebudayaan merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Setiap negara tentunya memiliki kebudayaan masing-masing. Begitu pula dengan Indonesia. Namun dalam era globalisasi saat ini, semakin banyak budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia salah satunya adalah budaya barat. Kebudayaan barat terlihat memiliki pengaruh yang lebih besar dari pada kebudayaan lainnya yang masuk ke Indonesia.

  • Dalam kebudayaan barat, cenderung menekan individualitas dan kebebasan, kebudayaan barat banyak memberi pengaruh diberbagai bidang salah satunya dalam bidang musik.
  • Dapat dilihat dari banyaknya aliran musik barat yang masuk ke Indonesia contohnya seperti music pop, rap, rock alternative, rock n roll, reggae, namun ada pula aliran musik barat yang cenderung aneh dan merusak seperti jenis musik underground, punk dan black metal yang cenderung brutal dan menyeramkan.

Dengan demikian jawaban nya adalah pengaruh budaya asing terhadap budaya Indonesia dalam bidang musik dapat dilihat dari banyaknya aliran musik barat yang masuk ke Indonesia contohnya seperti music pop, rap, rock alternative, rock n roll, dan reggae.

Releated

Mengapa Manusia Dilarang Durhaka Kepada Orang Tua?

Alasan kenapa durhaka kepada orang tua dilarang dalam agama islam adalah karena orang tua merupakan orang yang sangat berjasa bagi kita. Ibu yang melahirkan dan merawat kita dari kecil dan ayah yang merawat serta memberi nafkah buat kita. Tidak logis dan tidak baik bagi seseorang jika tidak membalas jasa kedua orang tua atau bahkan membantah […]

Mengapa Pembukaan Uud 1945 Dan Batang Tubuh Bersifat Kausal Organis?

Hubungan Kausal Organis Pembukaan dengan Batang Tubuh UUD 1945 – Pembukaan UUD 1945 meliputi suasana kebatinan yang diwujudkan dalam pasal-pasal dalam UUD. Dengan kata lain, suasana kebatinan UUD 1945 dijiwai dan bersumber dari dasar filsafat negara yaitu Pancasila. Hubungan langsung antara pembukaan UUD 1945 dengan batang tubuhnya bersifat kausal organis karena isi dalam pembukaan dijabarkan […]

Adblock
detector