Mengapa Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Sangat Penting Dipertahankan?

Mengapa Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Sangat Penting Dipertahankan
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa perlu kita pertahankan. Karena jika tidak, maka bangsa Indonesia akan mudah terpecah belah dan tidak memiliki tujuan dalam bernegara dan berbangsa.

Mengapa Pancasila sangat penting sebagai dasar negara?

Pancasila sebagai pandangan hidup – Pancasila dianggap memiliki nilai-nilai kehidupan yang relevan dan paling baik.karena keberadaan Pancasila di gali dari peradaban nenek moyang bangsa Inddonesia yang dijadikan dasar motivasi dalam bersikap,bertingkah laku dan perbuatan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

  1. Semua sila Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dilaksanakan secara terpisah-pisah karena Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan saling memiliki keterkaitan dari sila pertama sampai sila kelima.
  2. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa adalah sila pertama dan utama yang mendasari keempat sila lainnya,begitu pula sila ke-dua,ke-tigaa, ke-empat dan ke-lima,semua sila-sila tersebut saling bersinergi dan membentuk satu kesatuan sehingga bangsa Indonesia ini tetap berdiri kokoh seperti harapan pejuang para pendiri negara terdahulu.

Dalam Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (2012) karya Jimly Asshiddiqie, dorongan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa menentukan kualitas dan derajat kemanusiaan seseorang di antara sesama manusia. Sehingga perikehidupan bermasyarakat dan bernegara dapat tumbuh sehat dalam struktur kehidupan yang adil dan beradab Dengan demikian, kualitas peradaban bangsa dapat berkembang secara terhormat di antara bangsa-bangsa yang ada di dunia Semangat Pancasila sila pertama hendak meyakinkan bangsa Indonesia bersatu-padu di bawah nilai Ketuhanan Yang Maha Esa.

  • Sedangkan perbedaan-perbedaan di antara sesama warga negara Indonesia tidak perlu diseragamkan.
  • Melainkan dihayati dan diamalkan sebagai kekayaan bersama yang wajib disyukuri.
  • Eragaman di nusantara harus dipersatukan dalam Bhineka Tunggal Ika yang merupakan wadah negara kesatuan repuklik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Maka dalam kerangka kewarganegaraan, tidak perlu dipersoalkan mengenai etnis,Ras, agama, warna kulit bahkan status sosial seseorang. Semua orang memiliki kedudukan yang sama sebagai warga negaradan di depan hukun sebab negara kita negara hukum. Setiap warga negara adalah rakyat.

Mengapa Pancasila sebagai pandangan hidup yang mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia?

Makna Pancasila sebagai dasar negara – Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara memiliki fungsi kedudukan sebagai kaidah negara yang fundamental atau mendasar. Sehingga sifatnya tetap, kuat, dan tidak dapat diubah oleh siapapun. Dalam buku Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara (2012) karya Ronto, mengubah Pancasila berati membubarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamirkan pada 17 Agustus 1945.

Sebagai dasar untuk menata negara yang merdeka dan berdaulat. Sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan aparatur negara yang bersih dan berwibawa. Sehingga tercapai tujuan nasional yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea 4. Sebagai dasar, arah dan petunjuka aktifitas kehidupan bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Baca juga: Hubungan Makna Sila Ketiga Pancasila dengan Simbolnya Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mengandung makna bahwa semua aktifitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan Pancasila.

You might be interested:  Mengapa Perkembangan Bersifat Kualitatif?

Nilai dan jiwa Ketuhanan-keagamaan Nilai dan jiwa kemanusian Nilai dan jiwa persatuan Nilai dan jiwa kerakyatan-demokrasi Nilai dan jiwa keadilan sosial

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa makna Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia?

Makna Pancasila Sebagai Pandangan Hidup, Ketahui Isi dari Kelima Butirnya BY bobo.grid.id,16 Oktober 2020 – 14:47 Jakarta :- Teman-teman pasti sudah tahu kalau P ancasila adalah dasar negara kita. Karena itulah kita menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup.

  1. Apa maksud dari Pancasila sebagai pandangan hidup? Itu artinya kita menjadikan Pancasila sebagai pedoman di setiap hal yang kita lakukan.
  2. Jadi sikap kita sebagai warga negara Indonesia juga harus mencerminkan nilai-nilai yang ada pada setiap butir Pancasila,
  3. Makna Pancasila Sebagai Pandangan Hidup 1.

Ketuhanan yang Maha Esa Sila pertama ini mengartikan bahwa kita sebagai warga negara Indonesia mempercayai dan bertakwa pada Tuhan. Tentunya ini disesuaikan dengan agama dan kepercayaan yang dimiliki oleh masing-masing orang, ya. Karena itu makna dari sila ini juga berarti kita perlu saling menghormati antar umat beragama sehingga tercipta kehidupan yang rukun.2.

  • Emanusiaan yang Adil dan Beradab Sila kedua ini kita sebagai warga negara diminta untuk memahami bahwa setiap manusia memiliki derajat yang sama, sehingga kita harus saling menyayangi satu sama lain.
  • Ita juga harus saling menjaga dan membantu sesama, membela kebenaran dan keadilan, dan bekerjasama untuk kedamaian negara kita 3.

Persatuan Indonesia Sila ketiga berarti kita harus menempatkan kesatuan, persatuan, dan kepentingan negara dari kepentingan masing-masing. Kita harus mempunyai kepribadian yang rela berkorban demi negara Indonesia, mencintai bangsa Indonesia dan tanah air, serta bangga pada negara.4.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Khidmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan Sila keempat ini mengajak kita untuk tidak memaksa-kan kehendaknya pada orang lain dan mengutamakan kepentingan negara dan orang lain. Terkadang kita akan menemukan perbedaan pendapat dan cara pandang. Namun, kita harus menyelesaikannya dengan cara bermusyawarah atau berdiskusi.5.

Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia Makna dari sila ini berarti mengembangkan perbuatan luhur dengan cara kekeluargaan dan gotong royong, selalu bersikap adil. Selain itu kita harus seimbang antara hak dan kewajiban dengan juga menghormati hak-hak orang lain.

Mengapa suatu negara sangat membutuhkan pandangan hidup?

Setiap bangsa yang ingin berdiri kokoh dan mengetahui dengan jelas kearah mana tujuan yang ingin dicapainya sangat memerlukan pandangan hidup inilah sesuatu bangsa akan memandang persoalan-persoalan yang dihadapinya dan menentukan arah serta cara bagaimana bangsa itu memecahkan persoalan-persoalan tadi.

Apa manfaat yang diperoleh dengan memiliki pandangan hidup bangsa?

Kelas : VIII (2 SMP)
 Pelajaran : PPKN
 Kategori : Pancasila Sebagai Dasar Negara Kata Kunci : Manfaat, Pandangan, Hidup, Pedoman Pandangan Hidup sangat penting bagi suatu negara karena memiliki fungsi penting sebagai prinsip atau asas yang mendasari arah juga tujuan hidup suatu bangsa.

  • Pandangan hidup yang jelas akan memberi sebuah bangsa pegangan serta pedoman mengenai bagaimana mereka akan memecahkan persoalan ekonomi, sosial, politik dan juga budaya yang muncul dalam gerak masyarakat yang dinamis.
  • Dengan berpedoman pada pandangan hidup sebagai ideologi maka suatu bangsa akan membangun diri dan negaranya dengan lebih terarah.

Bangsa yang kokoh wajib mengetahui dengan jelas arah juga tujuan yang hendak dicapai dan hal tersebut tertuang dalam padangan hidup. Tanpa pandangan hidup, suatu bangsa akan terombang-ambing dalam menghadapi persoalan yang timbul seiring dengan gerak masyarakat yang senantiasa maju.

Apa yang terjadi jika negara Indonesia tidak memiliki pandangan hidup bangsa?

BY Pusdatin,22 Juli 2021 – 04:47 Jakarta :- Setiap negara tentunya memiliki dasar negaranya masing-masing. Contohnya Indonesia memiliki Pancasila sebagai dasar negara. Sama seperti Indonesia, negara lainnya juga mempunyai dan menjadikan dasar negara sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

  • Dikutip dari buku Mengenal Ideologi Negara (2020) karya D.C.
  • Tyas, dasar negara berperan penting dalam kehidupan ketatanegaraan.
  • Selain itu, dasar negara juga sangat penting sebagai sumber hukum nasional.
  • Artinya seluruh hukum negara didasarkan pada dasar negara tersebut.
  • Dasar negara juga berfungsi sebagai dasar berdirinya suatu negara.
You might be interested:  Mengapa Dalam Organisasi Harus Ada Hierarki Otoritas Dan Akuntabilitas?

Artinya dasar negara menjadi pedoman dan komponen penting agar negara terbebas atau merdeka dari penjajahan. Terakhir, dasar negara juga dijadikan dasar pemersatu seluruh masyarakat. Lalu, apa akibatnya jika suatu negara tidak memiliki dasar negara? Setidaknya ada empat akibat atau dampak negatif yang bisa timbul jika suatu negara tidak memiliki dasar negara.

Dampak tersebut adalah: 1. Negara tidak memiliki pedoman atau pandangan hidup Suatu negara bisa hancur jika tidak memiliki pedoman atau pandangan hidup. Karena negara tersebut tidak memiliki tujuan, visi misi, dan cita-cita yang ingin diwujudkan bersama. Sehingga masyarakatnya tidak berpegang pada nilai kehidupan dan akhirnya dapat hancur.2.

Negara tidak memiliki pedoman dalam mengatur kehidupan bernegara Dasar negara menjadi pedoman untuk mengatur kehidupan suatu negara. Jika dasar negara ini tidak dimiliki, maka sangat mungkin jika sistem pemerintahan dan kehidupan negaranya akan berantakan dan akhirnya negara bisa hancur.3.

Lebih rentan terkena konflik Dampak lainnya adalah masyarakat lebih rentan terlibat konflik. Karena memang tidak ada nilai kehidupan yang dipegang masyarakatnya untuk hidup tentram, aman serta damai, dan akhirnya sistem pemerintahan bisa terganggu. Hal ini semakin diperparah karena tidak ada pedoman atau nilai yang membimbing masyarakat dan pemerintah untuk keluar dari konflik ini.4.

Sulit untuk maju dan berkembang Negara yang tidak memiliki dasar negara akan sulit untuk maju dan berkembang, karena tidak memiliki cita-cita, visi misi, serta tujuan hidup berbangsa dan bernegara. Pada akhirnya masyarakat dan pemerintah tidak memiliki rasa saling percaya dan upaya untuk memajukan bangsanya.

  1. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia Dalam buku Pancasila dalam Sistem Hukum (2017) karya Fais Yona Bo’a, Indonesia memiliki Pancasila sebagai dasar negara, yang nilai-nilainya selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Pancasila merupakan jiwa dan kepribadian bangsa indonesia.
  3. Sehingga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila sebagai dasar negara menunjukkan jika Pancasila memegang peranan penting dalam berdirinya negara Indonesia. Pancasila juga menjadi dasar bagi masyarakat dan pemerintah dalam menjalankan berbagai aspek kehidupan, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya, serta lainnya.

Apa fungsi dan peran Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup brainly?

Pancasila sebagai dasar negara memiliki fungsi dan peran sebagai dasar untuk bersikap dan berperilaku bangsa Indonesia dalam segala aspek kehidupan baik individu, bermasyarakat, dan bernegara. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa merupakan nilai yang ideal yang dicita-citakan dan memberi arah serta tujuan yang diyakini dan akan diwujudkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mengapa Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia brainly?

Jawaban: Karena Pancasila adalah dasar negara indie sia yang dijadikan sebagai pedoman hidup manusia karena mengandung nilai nilai kehidupan yang baik.

Apa yang dimaksud dengan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan berikan contohnya?

Didalam pancasila itu terdapat nilai nilai kehidupan yang diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan warga negara indonesia. yang dimaksud pandangan hidup adalah gambaran akan seperti apa nantinya kita, didalam pancasila telah tertulis gambaran gambaran itu maka pancasila disebut sebagai pandangan hidup.

Apa fungsi dan peran Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara?

Jakarta – Ideologi dan nilai-nilai Pancasila menjadi pedoman dan landasan mengatur dan menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Fungsi Pancasila dalam kehidupan bernegara ini dapat dijabarkan lebih lanjut dari berbagai aspek kehidupan bangsa Indonesia.

Apa saja? Fungsi Pancasila dalam kehidupan bernegara yakni sebagai dasar negara, ideologi negara, pandangan hidup, jiwa bangsa, kepribadian bangsa, sebagai perjanjian luhur, sumber hukum, cita-cita dan tujuan bangsa, hingga falsafah hidup bangsa Indonesia. Berikut fungsi Pancasila dalam kehidupan bernegara seperti dikutip dari buku “Apa Mengapa Bagaimana: Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila dan PPKn” oleh Prof.

Hamid Darmadi, M.Pd.

Apa kelebihan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dibandingkan dengan ideologi yang lain?

FARCHANI ASSIH PRADILLA · 10 bulan yang lalu Video di atas memberikan penjelasan mengenai pancasila sebagai ideologi. Pancasila berkonsepkan sebagai visi kehidupan berbangsa dan bernegara, dasar pemikiran penyelenggaraan negara, dan pandangan hidup bangsa.

You might be interested:  Mengapa Pancasila Dilihat Sebagai Ideologi Nasional?

Apa perbedaan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa?

SEPUTARLAMPUNG.COM – Apakah perbedaan arti Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup ? Berikut ulasan materi tentang fungsi, peran, serta manfaat Pancasila, Materi ini dirangkum dari buku elektronik Kemdikbud dan ulasan jawaban PPKN kelas 8 SMP yang ada di Seputarlampung.com.

  1. Ulasan materi tentang perumusan pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup di bawah ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan pembelajaran siswa.
  2. Apa yang dimaksud dengan dasar negara ? Baca Juga: Sejarah Baru, Mobil Terbang Pertama Indonesia EHang 216 akan Jadi Moda Transportasi Umum Dasar Negara yakni fondasi negara yang berupa ciri-ciri, cita-cita, keinginan, dan tujuan yang akan dicapai suatu negara.

Kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara sering disebut juga sebagai dasar falsafah negara, ideologi negara, pokok kaidah fundamental negara. Apa perbedaan arti Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup ? Pancasila sebagai dasar negara artinya Pancasila mendasari semua kenegaraan, dimulai dari kehidupan, norma, hukum dan kehidupan berbangsa negara, sedangkan pandangan hidup artinya menjadikan acuan Sila dalam Pancasila sebagai terapan dan contoh dalam kehidupan.

Apa wujud dari nilai nilai Pancasila sehingga Pancasila disebut sebagai kepribadian bangsa Indonesia?

Ilustrasi pancasila. Foto: pixabay Pancasila sebagai kepribadian bangsa termasuk ke dalam hakikat fungsi yang harus diketahui warga negara Indonesia. Memahami fungsi pancasila sama halnya dengan memahami kedudukan bangsa itu sendiri. Sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945, fungsi Pancasila berkaitan erat dengan pokok dan kaidah negara yang fundamental.

Hal tersebut melekat dan berpengaruh pada kelangsungan hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karenanya, setiap warga negara harus memahami fungsi Pancasila sebagai kepribadian bangsa ini. Sebab, ketidaktahuan akan fungsi tersebut bisa membawa dampak negatif di kemudian hari. Lantas apa penjelasan fungsi Pancasila sebagai kepribadian bangsa? Agar lebih memahaminya, simak penjelasan berikut.

Ilustrasi pancasila. Foto: pixabay Secara harfiah, kepribadian bangsa terdiri dari dua kata, yaitu kepribadian dan bangsa. Kepribadian adalah orientasi sifat yang berbeda dalam diri seseorang ketika menghadapi kondisi tertentu. Sedangkan bangsa adalah kumpulan masyarakat yang memiliki keterikatan dan saling berhubungan untuk mencapai tujuan bersama.

  1. Dapat disimpulkan, pelaksanaan Pancasila sebagai kepribadian bangsa adalah perwujudan dari nilai-nilai budaya bangsa yang diyakini kebenaran dan kebaikannya.
  2. Nilai-nilai tersebut dapat diwujudkan dalam sikap mental dan tingkah laku serta amal perbuatan setiap warga negaranya.
  3. Mengutip buku Memahami Pancasila oleh Fais Yonas Bo’a, fungsi Pancasila sebagai kepribadian bangsa adalah menunjukkan jati diri bangsa sebagaimana adanya.

Jati diri tersebut tentu harus disesuaikan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tiap butir Pancasila. Lebih lanjut, di buku yang sama, Mustafa Kamal Pasha menjelaskan bahwa Pancasila sebagai kepribadian bangsa tidak lain berasal dari jiwa masyarakat dalam bangsa itu sendiri.

  1. Pancasila berperan membimbing dan mengarahkan perilaku bangsa dalam kehidupan sehari-harinya.
  2. Seperti yang diketahui, Pancasila terdiri dari lima butir yang berkaitan antara satu dengan yang lainnya.
  3. Eterkaitan tersebut menunjukkan kesinambungan antar nilai dengan kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Tiap butir Pancasila mencerminkan kepribadian bangsa. Oleh karenanya, setiap warga negara harus memahami betul apa yang terkandung di dalamnya hingga kemudian mengamalkannya. Mulai amalkan tiap butir pancasila dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Kemudian hal kecil tersebut akan menjadi besar seiring dengan berjalannya waktu.

Tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan pada orang lain. Menghormati pemeluk agama lain dalam melaksanakan ibadah. Bekerja sama antarumat beragama agar tercipta kerukunan antarumat beragama.

    Bersikap tenggang rasa kepada orang lain. Berani membela kebenaran dan keadilan. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

    Jelaskan apa yang dimaksud dengan kepribadian Indonesia?

    Kepribadian Indonesia adalah ciri khas,identitas,dan jati diri yang ada pada bangsa Indonesia. semoga membantu jadikan jawaban terbaik

Releated

Mengapa Manusia Dilarang Durhaka Kepada Orang Tua?

Alasan kenapa durhaka kepada orang tua dilarang dalam agama islam adalah karena orang tua merupakan orang yang sangat berjasa bagi kita. Ibu yang melahirkan dan merawat kita dari kecil dan ayah yang merawat serta memberi nafkah buat kita. Tidak logis dan tidak baik bagi seseorang jika tidak membalas jasa kedua orang tua atau bahkan membantah […]

Mengapa Pembukaan Uud 1945 Dan Batang Tubuh Bersifat Kausal Organis?

Hubungan Kausal Organis Pembukaan dengan Batang Tubuh UUD 1945 – Pembukaan UUD 1945 meliputi suasana kebatinan yang diwujudkan dalam pasal-pasal dalam UUD. Dengan kata lain, suasana kebatinan UUD 1945 dijiwai dan bersumber dari dasar filsafat negara yaitu Pancasila. Hubungan langsung antara pembukaan UUD 1945 dengan batang tubuhnya bersifat kausal organis karena isi dalam pembukaan dijabarkan […]

Adblock
detector