Mengapa Negara Amerika Serikat Dikenal Dengan Sebutan Negara Super Power?

Mengapa Negara Amerika Serikat Dikenal Dengan Sebutan Negara Super Power
Karena negara Amerika memiliki kekuatan militer dan bidang-bidang lain yang tiada duanya di dunia.

Kenapa Amerika disebut sebagai negara super power?

Amerika Serikat menjadi negara adidaya dikarenakan angkatan perangnya yang kuat, hasil industri yang besar sehingga AS memiliki modal yang besar, dan menjadi negara yang memiliki ekonomi yang besar bahkan pasca Perang Dunia II. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Negara adidaya adalah negara yang mampu memberikan pengaruh dalam skala global. Istilah ini muncul setelah masa Perang Dunia II (1939-1945). Pada awal tahun 1944, negara adidaya terdiri dari Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan negara super power?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Peta ini menunjukkan dua kekuatan penting selama berlangsungnya Perang Dingin pada tahun 1980. Klik pada peta untuk penjelasan lebih rinci. Negara adikuasa atau negara adidaya adalah negara dengan posisi dominan yang ditandai dengan kemampuannya yang luas untuk memberikan pengaruh atau memproyeksikan kekuasaan dalam skala global.

  • Hal ini dilakukan melalui gabungan kekuatan ekonomi, militer, teknologi dan budaya serta pengaruh diplomatik dan kekuasaan lunak,
  • Secara tradisional, negara adidaya lebih unggul di antara kekuatan besar,
  • Istilah ini pertama kali diterapkan pada tahun 1944 selama Perang Dunia II untuk mengidentifikasi kategori kekuatan baru yang mampu menduduki status tertinggi di dunia di mana negara dapat menantang dan bertarung satu sama lain dalam skala global.

Menurutnya, pada saat itu terdapat tiga negara yang merupakan negara adikuasa yaitu, Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Imperium Britania, Selama Perang Dingin, kekuasaan dan pengaruh Imperium Britania mulai berkurang dan berakhir, meninggalkan Amerika Serikat dan Uni Soviet untuk mendominasi urusan dunia.

Apakah faktor yang menyebabkan Amerika Serikat sebagai negara maju dan superpower di dunia?

1 Alasan dan Indikator Amerika Serikat Dikategorikan Sebagai Negara Maju a. Alasan mengapa Amerika Serikat termasuk negara maju adalah : 1. Amerika Serikat memiliki Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang maju.2. Amerika Serikat memiliki Sumber Daya Alam yang cukup dan memadai.3.

  • Amerika Serikat memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas.4.
  • Amerika Serikat memiliki sistem perekonomian yang kuat.5.
  • Amerika Serikat memiliki pertumbuhan penduduk yang rendah.6.
  • Amerika Serikat memiliki tingkat pendapatan perkapita yang tinggi.b.
  • Amerika Serikat dikatakan Negara Maju karena beberapa indikator, yaitu : 1.

Perkembangan sektor industri yang meningkat pesat 2. Didukung oleh Sumber Daya Manusia yang berkualitas ( kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dengan kecanggihan informasi ) yang mampu mengelola potensi Sumber Daya Alam untuk kemakmuran rakyat 3. Kondisi perekonomian AS yang mengembangkan system kompetisi sehingga tidak ada penyusah ekonomi pada golongan tertentu, seperti monopoli kegiatan usaha 4.

Negara mana sajakah yang dijuluki sebagai negara super power?

Negara adidaya yang masih ada Negara adidaya yang muncul —didukung dalam berbagai derajat oleh akademisi Negara adidaya potensial —didukung dalam berbagai derajat oleh akademisi Negara adikuasa potensial atau negara adidaya potensial adalah negara atau entitas politik dan ekonomi yang diperkirakan menjadi, atau sedang dalam proses menjadi, negara adikuasa di beberapa patokan pada abad ke-21.

Saat ini, hanya Amerika Serikat yang memenuhi kriteria untuk dianggap sebagai negara adikuasa. Tiongkok di sisi lain, telah disebut sebagai negara adidaya yang baru muncul, mengingat kekuatannya sekarang di luar klasifikasi kekuatan besar, Negara yang paling sering disebutkan sebagai negara adikuasa potensial adalah Brasil, India, Rusia (negara-negara BRIC ), dan Uni Eropa, berdasarkan berbagai faktor.

Secara kolektif, negara adikuasa potensial dan Amerika Serikat mencakup 68,0% dari PDB nominal global, 62,4% dari PDB global (PPP), lebih dari sepertiga total lahan dunia dan sekitar setengah dari populasi dunia. Prediksi yang dibuat pada masa lalu ternyata belum sempurna.

You might be interested:  Mengapa Presiden Soekarno Menciptakan Ajaran Nasakom?

Mengapa Amerika dijuluki negara paman sam?

Nama istilah ini berasal dari nama seorang penyuplai daging bernama Samuel Wilson yang menyediakan daging-daging kepada para tentara dalam tong-tong bertuliskan ‘U.S.’ (singkatan dari United States): Amerika Serikat; namun oleh para tentara dijadikan singkatan dari Uncle Sam:(Paman Sam).

Mengapa perekonomian negara Amerika Serikat sangat unggul?

Mengapa perekonomian negara Amerika Serikat sangat unggul? Jawab : Keunggulan ekonomi Amerika Serikat disebabkan oleh sumber daya yang dimiliki negara Amerika Serikat, yaitu sumber daya insan yang terampil dan berkualitas serta sumber daya alam yang melimpah.

  • Pembahasan Negara Amerika serikat merupakan salah satu negara maju di dunia.
  • Emajuan ini dimulai dengan adanya pengembangan industri dan teknologi.
  • Amerika juga mendapatkan pendidikan yang cukup.
  • Sehingga sumber daya manusianya melimpah.
  • Selain itu Amerika serikat juga memiliki sumber daya alam yang banyak.

Sumber daya alam tersebut diatur dengan baik oleh pemerintah maupun pihak swasta. Sampai saat ini, Amerika masih merajai beberapa bidang di bidang perindustrian. Beberapa terobosan teknologi berasal dari Amerika serikat. Termasuk teknologi komunikasi yang ketika ini digunakan oleh lebih banyak didominasi penduduk dunia, yaitu telepon genggam.

Mengapa Amerika Serikat selalu ikut campur urusan negara lain brainly?

Jawaban: AS itu adalah negara Hyper Power saat ini, jadi suka atau tidak, mereka jadi terlibat mengatur negara lain. Sementara saat masih menjadi super power dulu saat perang dingin, mereka ikut campur urusan negara lain, karena menyebarkan pengaruh mereka dalam persaingan dengan Uni Soviet.

Apa yang akan terjadi jika Indonesia menjadi negara adidaya?

Jika Indonesia menjadi negara adidaya, maka: Akan ada 3+1 blok kekuatan militer dunia yang sangat independen, yaitu Amerika, China, Indonesia + Persemakmuran. Rupiah akan menjadi — paling tidak — mata uang regional. Bahasa Indonesia minimal menjadi bahasa regional.

Mengapa Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai dua negara adidaya memperebutkan pengaruhnya di negara dunia ketiga?

Sebab sama-sama memiliki kepentingan dalam bidang ekonomi. Sebagai negara adidaya tentu akan memanfaatkan negara-negara dunia ketiga yang berada dalam pengaruhnya baik itu sebagai tempat pemasaran hasil produksi atau tempat mencari tenaga kerja. Ditambah pencarian aliansi atau sekutu karena kondisi saat itu sedang Perang Dingin, dengan harapan bisa memunculkan perang proxy di negara-negara dunia ketiga yang dipengaruhi.

Apa yang menjadikan Negara Amerika menjadi negara maju?

Amerika Serikat : Amerika Serikat, disingkat dengan AS, atau secara umum dikenal dengan Amerika saja, adalah sebuah negara republik konstitusional federal yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal. Negara ini terletak di bagian tengah Amerika Utara, yang menjadi lokasi dari empat puluh delapan negara bagian yang saling bersebelahan, beserta distrik ibu kota Washington, D.C.

  1. Amerika Serikat diapit oleh Samudra Pasifik dan Atlantik di sebelah barat dan timur, berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, dan Meksiko di sebelah selatan.
  2. Dua negara bagian lainnya, yaitu Alaska dan Hawaii, terletak terpisah dari dataran utama Amerika Serikat.
  3. Negara bagian Alaska terletak di sebelah ujung barat laut Amerika Utara, berbatasan dengan Kanada di sebelah timur dan Rusia di sebelah barat, yang dipisahkan oleh Selat Bering.

Sedangkan negara bagian Hawaii adalah sebuah kepulauan yang berlokasi di Samudra Pasifik. Amerika Serikat juga memiliki beberapa teritori di Pasifik dan Karibia. Dengan luas wilayah 3,79 juta mil persegi (9,83 juta km2) dan jumlah penduduk sebanyak 315 juta jiwa, Amerika Serikat merupakan negara terluas ketiga atau keempat di dunia, dan terbesar ketiga menurut jumlah penduduk.

  • Amerika Serikat adalah salah satu negara yang paling multietnik dan paling multikultural di dunia, yang muncul akibat adanya imigrasi besar-besaran dari berbagai penjuru dunia.
  • Iklim dan geografi Amerika Serikat juga sangat beragam dan negara ini menjadi tempat tinggal bagi beragam spesies.
  • Bangsa Indian mulai bermigrasi dari Asia ke dataran yang saat ini menjadi Amerika Serikat sekitar 15.000 tahun yang lalu.

Setelah tahun 1500 M, kedatangan bangsa Eropa dan wabah penyakit secara perlahan-lahan mulai mengurangi jumlah populasi mereka. Migrasi dan Kolonisasi Eropa dimulai sekitar tahun 1600, terutama dari Inggris. Amerika Serikat terbentuk dari Tiga Belas Koloni Inggris yang membentang di sepanjang pesisir Atlantik, yang mengembangkan sistem ekonomi dan sistem politik demokratis tersendiri yang terpisah dari Inggris.

  1. Perselisihan antara Inggris dan para kolonis Amerika menyebabkan pecahnya Revolusi Amerika.
  2. Pada tanggal 4 Juli 1776, dengan suara bulat, delegasi dari 13 koloni Inggris memproklamirkan kemerdekaan, yang menjadi awal berdirinya Amerika Serikat.
  3. Negara baru ini berhasil mengalahkan Inggris dalam Perang Revolusi.

Perang ini merupakan perang kemerdekaan pertama yang berhasil mengalahkan imperium Eropa Konstitusi yang berlaku saat ini pertama kali dirumuskan pada 17 September 1787; beberapa amandemen dilakukan di kemudian hari, memodifikasi pasal-pasalnya, namun tetap tidak mengubah isi teks aslinya.

You might be interested:  Mengapa Monopoli Kekerasan Hanya Dimiliki Oleh Negara?

Mengapa kegiatan industri Amerika Serikat sangat maju berikan 4 faktor pendukungnya?

1. Amerika Serikat memiliki Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang maju.2. Amerika Serikat memiliki Sumber Daya Alam yang cukup dan memadai.3. Amerika Serikat memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas.4. Amerika Serikat memiliki sistem perekonomian yang kuat.5.

Apa syarat menjadi negara adidaya?

Punya kekuatan militer terkuat didunia. Punya pengaruh ekonomi dan kebijakan dalam negeri terhadap stabilitas ekonomi dunia. Punya budaya pop yang mendunia. Punya jaringan bisnis dan franchise diseluruh dunia.

Bagaimana terbentuknya negara adidaya?

Mata pelajaran: IPS Sejarah Kelas: XII SMA IPA semester II Kategori: perang dingin (the cold war) Kata kunci: 2 sebab munculnya 2 negara adikuasa Pembahasan: Adikuasa sama artinya dengan adidaya. Suatau negara disebut dengan negara adikuasa jika suatu keputusan yang diambil oleh negara tersebut mempengaruhi negara-negara lain di dunia.

  1. Negara adikua yakni negara besar dan maju yang mampu menguasai atau mengendalikan negara lain untuk melindungi kepentingannya.
  2. Dengan berakhirnya perang dunia II, maka muncullah Negara adikuasa atau dikenal dengan Negara super power.
  3. Blok Sekutu telah menang dalam Perang Dunia II.
  4. Negara adikuasa terbentuk dari persaingan antar negara pemenang Perang Dunia II.

Negara super power tersebut antara lain: a) Amerika Serikat, menganut paham liberalis. b) Rusia, menganut paham komunis Munculnya Negara adikuasa dipengaruhi beberapa faktor berikut ini yaitu: a) Adanya keterlibatan dua Negara tersebut dalam peristiwa-peristiwa yang terjadi di dunia.

b) Ideologi. Amerika sebagai penganut paham liberal sedangkan Uni Soviet penganut paham komunis. Pertentangan antara ideologi liberal dan komunisme mendorong kedua negara adidaya ini kedalam konflik yang berkepanjangan. Uni Soviet memberikan kemerdekaan bagi Eropa bagian timur dari tangan Jerman, Uni Soviet juga mempergunakan kesempatan untuk meluaskan pengaruhnya, dengan cara mensponsori terjadinya perebutan kekuasaan di berbagai negara Eropa Timur, seperti di Bulgaria, Albania, Hongaria, Rumania, Polandia dan Cekoslowakia, sehingga negara-negara tersebut masuk ke dalam pemerintahan komunis Uni Soviet.

c) memiliki sumberdaya yang cukup besar sehingga mampu bangkit menjadi super power. Mereka saling berebut hegemoni dunia antara blok barat dan blok timur. Mereka mendorong terjadinya politik alliansi atau mencari kawan, untuk memperkuat posisinya.Didalam praktiknya terjadi politik pengepungan atau contaiment policy yang bertujuan untuk membendung pengaruh lawan.

Edua negara ini membentuk kekuatan atau Blok.1) Blok Barat terdiri dari negara Eropa Barat seperti Inggris,Perancis,negara Asia seperti Korea Selatan,Vietnam Selatan,Filipina,dan negara Australia. Amerika Serikat.2) Blok timur terdiri dari Rumania,Hongaria,Jerman Timur,Korea Utara,Vietnam Utara. Blok Timur dipimpin oleh Uni Soviet.

d) Terjadinya persaingan antara Amerika Serikat dan Rusia untuk membuktikan negaranya paling kuat di dunia. Persaingan tersebut dilakukan dengan perlombaan senjata serta saling berebut pengaruh paham di dunia. e) Dampak dari adanya Perang dunia II yakni perkonomian dunia menjadi berkurang.

Pada hal perekonomian, perekonomian dari Negara Amerika Serikatlah yang paling besar. Amerika Serikat dan Rusia memberikan bantuan kepada negara-negara yang baru merdeka. Amerika mampu menjadi kreditur terhadap negara-negara Eropa Barat yang menjadi korban perang dunia II. Amerika memiliki program ekonomi yaitu: a.

Marshal Plan : untuk negara-negara Eropa Barat b. Truman Doctrine : untuk membendung pengaruh komunis di Yunani dan Turki, serta Jepangdi Asia c.

Mengapa negara adikuasa dalam Perang Dingin melakukan aksi pemberian bantuan kepada negara negara berkembang?

Perang dingin merupakan sebuah persaingan ideologi atau suatu periode terjadinya ketegangan politik dan militer antara Dunia Barat, yaitu antara Amerika Serikat dan Uni Soviet dalam memperebutkan pengaruh negara-negara lain. Amerika Serikat dan Uni Soviet ini disebut sebagai negara adikuasa.

  1. Istilah negara adikuasa pertama kali digunakan untuk menggambarkan negara-negara dengan status kekuatan yang lebih besar pada awal tahun 1944, setelah Perang Dunia II.
  2. Pada masa perang dingin negara-negara adikuasa saling memperebutkan pengaruh negara-negara lain khususnya negara-negara berkembang.
  3. Perebutan hegemoni tersebut dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menggunakan kekuatan ekomoni negara adikuasa dengan memberikan bantuan ekonomi terhadap negara-negara yang mau masuk kedalam blok barat atau timur. Adapun pemberian bantuan ekonomi negara adikuasa terhadap negara-negara berkembang tersebut ialah berupa program-program, diantaranya : Marshall Plan, Doctrine Truman, Point Four Thruman, dan Colombo Plan.

Apa yang menyebabkan industri di negara Amerika Serikat maju?

Amerika Serikat adalah negara dengan ekonomi terbesar di dunia, dengan nilai produk domestik bruto sebesar USD 18,57 trilliun. Faktor pendorong majunya industri AS adalah:

Banyaknya Sumber Daya Alam Banyaknya tenaga kerja yang terdidik dan terlatih Perkembangan teknologi yang pesat Adanya infrastruktur yang lengkap Pasar dalam negeri yang besar

Pernyataan pada soal merujuk pada pasar dalam negeri yang besar sebagai penyebab majunya industri di AS, Jumlah penduduk Amerika Serikat adalah terbesar ketiga di dunia, dengan penduduk sebesar 325 juta jiwa. Hal itulahh yang menyebabkan daya beli serta konsumsi masyarakatnya tinggi sehingga dapat menopang kemajuan industri di Amerika Serikat. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

You might be interested:  Mengapa Pengaruh Kebudayaan Asing Dapat Menyebabkan Keberagaman Di Indonesia?

Apa saja yang menjadi penduduk asli Amerika?

Siapa penduduk asli benua Amerika? – Pada abad ke-15, ketika pemukim Eropa mulai tiba di Amerika Utara, benua itu kaya akan populasi penduduk asli Amerika, Ratusan ribu orang tinggal di berbagai lingkungan dari pantai ke pantai. Masing-masing komunitas atau bangsa memiliki budaya yang berbeda, dilansir dari Library of Congress,

Berabad-abad setelah kedatangan orang Eropa terjadi pergolakan yang luar biasa. Hal tersebut disebabkan oleh perluasan wilayah pemukiman dan pertumbuhan penduduk yang mengakibatkan penduduk asli Amerika dipindahkan, diganti namanya, digabungkan, dibubarkan, dan dalam beberapa kasus dihancurkan. Penduduk asli benua Amerika adalah orang Indian.

Mereka disebut juga orang Indian Amerika, Amerindian, Amerin, aborigin Amerika atau First Nation, anggota dari salah satu masyarakat aborigin di Belahan Barat. Dalam berbagai sumber disebutkan bahwa suku Indian mendiami wilayah Amerika Utara yang sekarang disebut Amerika Serikat.

  • Dilansir dari New World Encyclopedia, kata ‘India’ berasal dari penemuan Christopher Columbus yang salah mengira bahwa ia telah tiba di Hindia Timur.
  • Sekitar 12 ribu tahun yang lalu, terjadi migrasi penduduk dari Eurasia ke Amerika melalui Beringia, sebuah jembatan darat yang sebelumnya menghubungkan dua benua melintasi tempat yang saat ini disebut Selat Bering.

Menurut temuan arkeologis, Beringian Barat (sebutan untuk orang Beringia) tinggal di dekat Sungai Yana di Siberia pada 30.000 SM. Namun, ada banyak perdebatan selama bertahun-tahun tentang waktu spesifik orang-orang tersebut mencapai sisi timur dan kapan mereka terisolasi sebagai orang-orang pendiri Amerika.

Agama apa saja yang ada di Amerika Serikat?

Sebagai negara imigran yang multietnis dan multikultural, Amerika Serikat adalah tempat berbagai kepercayaan dan agama saling bertemu. Amerika Serikat juga merupakan negara dengan populasi Kristen Protestan terbesar di dunia dan jumlah penganut aliran-aliran Kristen terbanyak di dunia.

  • Meskipun termasuk negara yang menganut paham liberalisme, sebagian besar penduduk Amerika Serikat menganggap bahwa agama berperan penting dalam kehidupan mereka sehari-hari.
  • Amerika Serikat adalah negara sekuler sehingga pemerintah tidak mengakui suatu agama tertentu sebagai agama resmi.
  • Meskipun tergolong sebagai negara sekuler, pemerintah Amerika Serikat menjamin kebebasan beragama bagi setiap penduduknya.

Dasar hukum kebebasan beragama di Amerika Serikat tercantum dalam Amendemen Pertama Konstitusi Amerika Serikat, Menurut laporan pada tahun 2021, mayoritas dari penduduk Amerika Serikat adalah penganut agama Kristen dengan persentase sebesar 71%. Penganut agama Kristen di Amerika Serikat terdiri dari bermacam-macam denominasi,

Sebagian besar dari penganut Kristen di Amerika Serikat adalah kaum Kristen Protestan dengan persentase mencapai 47% dari keseluruhan populasi penduduk Amerika Serikat. Terdapat juga penganut agama Kristen Katolik yang menyusun 21% dari total populasi Amerika Serikat. Terdapat sebagian kecil komuniats jemaat gereja-gereja Kristen Ortodoks yang dibawa oleh para imigran dari Eropa Timur dan Timur Tengah,

Kristen Mormon dengan persentase 2% dan Kristen lainnya dengan persentase 1%. Tidak beragama. Tidak Terafiliasi dengan persentase 12%. Ateis dengan persentase 3%. Agnostik dengan persentase 4%. Yahudi dengan persentase 1%. Muslim ( Islam ) dengan persentase 1%.

Hindu dengan persentase 1%. Buddha dengan persentase 1%. Agama lain dengan persentase 2%. Tidak terjawab/tidak diketahui dengan persentase 1%. Secara historis, Amerika Serikat selalu ditandai dengan pluralisme dan keragaman agama, dimulai dengan berbagai kepercayaan asli dari masa pra-kolonial, meskipun Kristen Protestan telah lama menjadi agama yang dominan dan mayoritas.

Pada masa kolonial, Kristen Anglikan, Kaum Quaker, dan Kristen Protestan arus utama lainnya tiba dari Eropa Barat Laut, Berbagai orang Kristen Protestan yang berbeda pendapat yang telah meninggalkan Gereja Inggris sangat mendiversifikasi lanskap keagamaan.

  1. The Great Awakenings melahirkan banyak Kristen Protestan evangelisdenominasi; keanggotaan di gereja Metodis dan Baptis meningkat drastis pada Kebangkitan Besar Kedua,
  2. Pada abad ke-18, deisme mendapat dukungan di kalangan kelas atas Amerika dan para pemikir intelektual.
  3. The Gereja Episkopal, berpisah dari Gereja Inggris, datang ke berada di Revolusi Amerika,

Cabang-cabang Protestan baru seperti Adventisme muncul; Restorasionis dan orang Kristen lainnya seperti Saksi Yehova, gerakan Orang Suci Zaman Akhir, Gereja Kristus dan Gereja Kristus, Ilmuwan, serta komunitas Unitarian dan Universalis semuanya tersebar pada abad ke-19.

Bagaimana pengembangan pertanian yang dilakukan di Amerika Serikat?

Jelaskan bagaimana pengembangan pertanian yang dilakukan di Amerika Serikat ! Kegiatan pertanian di Amerika Serikat telah berlangsung sejak masa kolonial bangsa Eropa. Kemudian perkembangan kegiatan pertanian di Amerika Serikat terus berkembang hingga saat ini. Pertanian di Amerika Serikat berkembang dengan pesat, dengan menggunakan berbagai sistem, yaitu :

Konsep pertanian yang modern, peralatan yang canggih seperti penggunaan traktor yang multifungsi dan lain sebagainya. Sistem pertanian monokultur, yaitu hanya menanam satu jenis tanaman saja.

Releated

Mengapa Manusia Dilarang Durhaka Kepada Orang Tua?

Alasan kenapa durhaka kepada orang tua dilarang dalam agama islam adalah karena orang tua merupakan orang yang sangat berjasa bagi kita. Ibu yang melahirkan dan merawat kita dari kecil dan ayah yang merawat serta memberi nafkah buat kita. Tidak logis dan tidak baik bagi seseorang jika tidak membalas jasa kedua orang tua atau bahkan membantah […]

Mengapa Pembukaan Uud 1945 Dan Batang Tubuh Bersifat Kausal Organis?

Hubungan Kausal Organis Pembukaan dengan Batang Tubuh UUD 1945 – Pembukaan UUD 1945 meliputi suasana kebatinan yang diwujudkan dalam pasal-pasal dalam UUD. Dengan kata lain, suasana kebatinan UUD 1945 dijiwai dan bersumber dari dasar filsafat negara yaitu Pancasila. Hubungan langsung antara pembukaan UUD 1945 dengan batang tubuhnya bersifat kausal organis karena isi dalam pembukaan dijabarkan […]

Adblock
detector