Ulang Tahun Jakarta Kapan?

Ulang Tahun Jakarta 22 Juni: Sejarah hingga Kumpulan Ucapan untuk Diupload Di Medsos. Hari ulang tahun Jakarta 2021 akan jatuh pada Selasa (22/6/2021). Saat ini Ibu Kota Indonesia telah genap berusia 494 tahun lho.

Jakarta ulang tahun pada tanggal berapa?

Sejak tahun 1956, pemerintah DKI Jakarta dan warga Ibu Kota memperingati hari kelahiran Kota Jakarta setiap tanggal 22 Juni. Penetapan tanggal 22 Juni itu diprakarsai oleh Sudiro ketika menjabat sebagai Wali Kota Jakarta pada periode 1953-1960. Saat itu, Sudiro merasa perlu adanya semacam peringatan untuk Ibu Kota.

Tanggal 22 Juni diperingati sebagai hari apa?

Melansir pemberitaan Kompas.com, 22 Juni 2020, sejarawan Andi Achdian menjelaskan, penetapan tanggal 22 Juni sebagai peringatan bertambahnya usia Jakarta diprakarsai oleh Wali Kota Jakarta Sudiro yang menjabat pada 1953-1960. Saat itu Sudiro merasa perlu adanya semacam peringatan untuk Ibu Kota.

Kenapa ulang tahun Jakarta tanggal 22 Juni?

Beberapa catatan sejarah menyebutkan bahwa 22 Juni 1957 merupakan tanggal istimewa bagi Jakarta karena waktu itu pasukan Fatahillah berhasil mengusir Portugis dari daratan Sunda Kelapa ( Jakarta dulu). Di saat yang bersamaan dirayakan pula hari besar kegamaan umat Islam, yakni Maulid Nabi Muhammad.

4 Apa yang menjadi dasar Tanggal 22 Juni ditetapkan sebagai hari jadi kota Jakarta?

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa dipilihnya 22 Juni 1527 karena saat itu merupakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Setelah berhasil mengusir Portugis dari Sunda Kalapa, Fatahillah sebagai panglima Kesultanan Demak mengubah Sunda Kelapa menjadi Jayakarta.

You might be interested:  Jelaskan Faktor Yang Menyebabkan Kerajaan Makassar Menjadi Besar?

Siapa yang menjadi Gubernur DKI Jakarta sekarang?

Tepat hari ini, Selasa (22/6/2021), DKI Jakarta merayakan hari jadinya ke-494.

Tanggal 23 Juni memperingati hari apa?

Sejarah Hari Janda Internasional dan Sosok Shrimati Pushpa Wati Loomba. KOMPAS.com – Setiap tanggal 23 Juni diperingati sebagai Hari Janda Internasional atau International Widows Day. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendeklarasikan 23 Juni sebagai Hari Janda Internasional sejak tahun 2011.

Apa yang terjadi tanggal 22 Juni?

Panitia Sembilan dalam sidangnya tanggal 22 Juni 1945 menghasilkan rumusan dasar negara atau pembukaan hukum dasar (Undang-Undang Dasar). Dokumen sidang tersebut kemudian dikenal dengan nama Jakarta Charter atau Piagam Jakarta.

Siapa yang mendirikan kota Jakarta?

Catatan sejarah menyebutkan, Kota Jakarta, sebelumnya bernama Jayakarta, didirikan oleh Fatahillah pada 22 Juni 1527. Sumber sejarah berasal dari catatan ilmuwan Portugis bernama Joao de Barros yang hidup dalam rentang tahun 1496-1570 menyebutkan bahwa Fatahillah (dalam Bahasa Portugis disebut Falatehan) berasal dari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Mengapa Rakyat Medan Melakukan Aksi Melawan Sekutu Dan Nica?

Penyebab rakyat medan melakukan perlawanan dengan pasukan Sekutu adalah ketika Sekutu memasang papan-papan yang bertuliskan Fixed Boundaries Medan Area di berbagai sudut pinggiran kota Medan pada 1 Desember 1945. Para pemuda dan TKR mengepung Kota Medan hingga terjadi Pertempuran Medan Area. Contents1 Apa yang menyebabkan rakyat Medan marah terhadap Sekutu dan NICA brainly?2 Apa yang […]

Pelabuhan Yang Ada Di Medan?

Pelabuhan Belawan adalah pelabuhan yang terletak di kota Medan, Indonesia. Terletak di pantai timur atas Sumatera, Belawan merupakan salah satu pelabuhan tersibuk yang ada di luar Pulau Jawa. Salah satu alasannya adalah pangkalan ini sangat dekat dengan pelabuhan di Penang, Malaysia. BELAWAN, MEDAN Pelabuhan Belawan adalah pelabuhan laut di kota Medan, Indonesia. Berada di pesisir […]

Adblock
detector