Tanya pembaca: Undang-undang Yang Mengatur Tentang Kekhususan Dki Jakarta Adalah?

Kehadiran UndangUndang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah membawa konsekuensi yuridis terhadap berbagai ketentuan dalam UndangUndang Nomor 34 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Negara Republik Indonesia, Jakarta.

Apa kekhususan DKI Jakarta?

Beberapa hal yang diperoleh oleh Jakarta sebagai kekhususannya antara lain: DKI Jakarta memiliki kedudukan sebagai Ibu Kota Negara Indonesia. Jakarta dipimpin oleh seorang Gubernur yang memiliki hak protokoler. Gubernur juga mendapatkan hak dalam hal mendampingi Presiden ketika ada acara kenegaraan.

Apa yang dimaksud Jakarta sebagai daerah otonom?

(1) Kewenangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai daerah otonom mencakup seluruh urusan pemerintahan kecuali urusan politik luar negeri, pertahanan, keamanan, yustisi, moneter dan fiskal nasional, agama, serta bagian-bagian dari urusan pemerintahan lain yang menjadi wewenang Pemerintah sebagaimana diatur dalam

Apa isi Undang Undang Nomor 29 Tahun 2007?

(1) Otonomi Provinsi DKI Jakarta diletakkan pada tingkat provinsi. (2) Penyelenggaraan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan menurut asas otonomi, asas dekonsentrasi, asas tugas pembantuan, dan kekhususan sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia.

You might be interested:  Sekutu Mengeluarkan Ultimatum Di Bandung Yang Isinya?

Apa saja peraturan yang mengatur tentang ibukota negara?

Dasar Hukum:

  • Undang-Undang Dasar 1945;
  • Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia;

Mengapa DKI Jakarta diberi otonomi khusus?

Robert mengatakan, selama ini Jakarta menjadi daerah khusus karena sebagai ibu kota negara. Kemudian Jakarta menjadi daerah khusus dengan alasan teknis administratif untuk efisiensi pengeluaran pemerintah. Jakarta sebagai provinsi menjadi representasi pemerintah pusat di daerah dengan daerah otonomi tunggal.

Apa arti dari DKI Jakarta?

Jakarta (pengucapan bahasa Indonesia: [dʒaˈkarta] ( simak)), atau secara resmi bernama Daerah Khusus Ibukota Jakarta (disingkat DKI Jakarta ) adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia.

Urusan pemerintahan apa saja yang menjadi kekhususan DKI Jakarta?

Kewenangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai daerah otonom mencakup seluruh urusan pemerintahan (kecuali urusan politik luar negeri, pertahanan, keamanan, yustisi, moneter dan fiscal nasional, agama, serta bagian-bagian dari urusan pemerintahan lain yang menjadi wewenang Pemerintah sebagaimana diatur dalam

Apa yang menyebabkan DKI Jakarta menjadi salah satu daerah yang dikhususkan?

DKI Jakarta menjadi daerah khusus karena statusnya sebagai ibukota negara. Saat ini peraturan yang mengatur otonomi khusus di DKI Jakarta adalah Undang Undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apa keistimewaan Provinsi DKI Jakarta?

Provinsi DKI Jakarta berperan sebagai Ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki kekhususan tugas, hak, kewajiban, dan tanggung jawab tertentu dalam penyelenggaraan pemerintahan dan sebagai tempat kedudukan perwakilan negara asing, serta pusat/perwakilan lembaga internasional.

You might be interested:  Tempat Wisata Yang Ada Di Tangerang?

Apa yang kalian pahami tentang Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Menurut UU RI Nomor 29 Tahun 2007?

Provinsi DKI Jakarta adalah daerah khusus yang berfungsi sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sekaligus sebagai daerah otonom pada tingkat provinsi.

Apakah isi dari UU Nomor 11 Tahun 2006?

(1) Pemerintah dapat menetapkan kawasan khusus di Aceh dan/atau kabupaten/kota untuk menyelenggarakan fungsi pemerintahan tertentu yang bersifat khusus. (2) Dalam pembentukan kawasan khusus sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Pemerintah wajib mengikutsertakan Pemerintah Aceh dan/atau pemerintah kabupaten/kota.

Kekhususan apa saja yang diberikan kepada DI Yogyakarta Menurut UU No 13 Tahun 2012?

UU Keistmewaan Yogyakarta adalah Undang-Undang Nomor 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kewenangan istimewa meliputi tata cara pengisian jabatan, kedudukan, tugas, dan wewenang Gubernur dan Wakil Gubernur, kelembagaan Pemerintah Daerah DIY, kebudayaan, pertanahan, dan tata ruang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Mengapa Rakyat Medan Melakukan Aksi Melawan Sekutu Dan Nica?

Penyebab rakyat medan melakukan perlawanan dengan pasukan Sekutu adalah ketika Sekutu memasang papan-papan yang bertuliskan Fixed Boundaries Medan Area di berbagai sudut pinggiran kota Medan pada 1 Desember 1945. Para pemuda dan TKR mengepung Kota Medan hingga terjadi Pertempuran Medan Area. Contents1 Apa yang menyebabkan rakyat Medan marah terhadap Sekutu dan NICA brainly?2 Apa yang […]

Pelabuhan Yang Ada Di Medan?

Pelabuhan Belawan adalah pelabuhan yang terletak di kota Medan, Indonesia. Terletak di pantai timur atas Sumatera, Belawan merupakan salah satu pelabuhan tersibuk yang ada di luar Pulau Jawa. Salah satu alasannya adalah pangkalan ini sangat dekat dengan pelabuhan di Penang, Malaysia. BELAWAN, MEDAN Pelabuhan Belawan adalah pelabuhan laut di kota Medan, Indonesia. Berada di pesisir […]

Adblock
detector