Sering ditanyakan: Tokoh Yang Berkaitan Dengan Pengembangan Dan Pertumbuhan Kota Jakarta Di Masa Penjajahan Belanda?

Dia bernama Jan Pieterszoon Ceon.

Apa kebijakan Jan Pieterszoon Coen?

Peningkatan kota Batavia dalam lapangan sosial dan ekonomi dilatari oleh tiga kebijakan JP. Coen yang cukup berani, yakni meningkatkan aktivitas perdagangan di pelabuhan Sunda Kalapa, merevitalisasi kedudukan pulau-pulau di utara Batavia sebagai basis adiministrasi dan pertahanan dan keamanan, serta membuka pintu

Apa yang kamu ketahui tentang Jan Pieterszoon Coen?

Jan Pieterszoon Coen (lahir di Hoorn, Belanda, 8 Januari 1587 – meninggal di Batavia, 21 September 1629 pada umur 42 tahun) adalah Gubernur-Jendral Hindia-Belanda yang keempat dan keenam. Pada masa jabatan pertama ia memerintah antara tahun 1619 – 1623, masa jabatan yang kedua berlangsung antara tahun 1627 – 1629.

Bagaimana kepemimpinan Jan Pieterszoon Coen?

Jan Pieterszoon Coen adalah Gubernur Jenderal wilayah kongsi Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) yang keempat dan keenam. Pada masa jabatan pertama ia memerintah pada tahun 1619 – 1623 dan untuk masa jabatan yang kedua berlangsung pada tahun 1627 – 1629.

You might be interested:  Agama Yang Ada Di Jakarta?

Mengapa Jan Pieterszoon Coen wafat?

Jan Pieterszoon Coen meninggal di Batavia. Terdapat dua versi yang berbeda mengenai penyebab kematian Coen. Menurut versi Belanda, Coen meninggal karena kolera. Sementara itu, versi lainnya meyakini bahwa kematian Coen akibat serangan bala tentara Mataram.

Apa saja kebijakan pemerintahan Belanda di bawah Janssen jelaskan?

Kebijakan apa saja yg dilakukan oleh jan willem janssen di

  • Pemerintah Belanda menyerahkan Indonesia kepada Inggris di kalkuta (India).
  • Semua tentara Belanda menjadi tawanan perang Inggris.
  • Orang Belanda dapat dipekerjakan dalam pemerintahan Inggris.
  • Hutang Belanda tidak menjadi tanggungan Inggris.

Langkah yang dilakukan JP Coen untuk memperkuat VOC di Indonesia adalah?

Hal yang dilakukan J.P Coen sebagai upaya untuk memperkuat kekuasaan VOC di Indonesia adalah dengan memindahkan markas besar VOC dari Ambon ke Jayakarta, yang dianggap memiliki kedudukan lebih strategis daripada Ambon.

Siapakah JP Coen brainly?

Jan Pieterszoon Coen atau biasa dikenal dengan J.P Coen adalah Gubernur Jendral Hindia Belanda yang kedua ( 1619 – 1623 ) dan keempat (1627 – 1629 ). J.P Coen terkenal sebagai administrator ambisius nan handal yang telah membentuk jaringan monopoli dagang raksasa di Nusantara, namun juga brutal dan tidak kenal ampun.

Siapa gubernur jenderal VOC yang pertama?

Untuk melaksanakan kekuasaannya di Indonesia, diangkatlah Gubernur Jendera VOC antara lain sebagai berikut. Pieter Both, yaitu Gubernur Jenderal VOC pertama yang memerintah tahun 1610-1619 di Ambon.

Siapakah Gubernur VOC yang merebut kota Jayakarta?

Merebut Jayakarta dan mendirikan Batavia Segera setelah memegang jabatan sebagai Gubernur Jenderal VOC, JP Coen membawa 18 kapal perang untuk mengepung Jayakarta. Pada akhirnya, Jayakarta dapat direbut dan dibumihanguskan oleh VOC pada 30 Mei 1619.

You might be interested:  FAQ: Tempat Wisata Yang Seru Di Jakarta?

Apa saja yang dilakukan JP Coen untuk mengembangkan VOC brainly?

J.P Coen:

  • merebut pasaran produksi pertanian.
  • melakukan eksploitasi kekayaan bumi nusantara.
  • melakukan politik devide et impera.
  • memperluas kekuasaan ke Jawa, Sumatera, Aceh, Makassar, Maluku, Papua.
  • melakukan perjanjian Bongaya.

Mengapa Jan Pieterszoon Coen diberi julukan bertangan besi?

Inilah Jan Pieterszoon Coen, pemimpin VOC yang hidup pada 1587-1629. Ia dijuluki Ijzeren Jan, Jan Besi, karena kebengisannya. Bahkan, beberapa hari sebelum mengembuskan napasnya yang terakhir, ia masih menyiksa anak asuhnya, Sarah, yang ketahuan main serong dengan seorang pelaut. Sang pelaut dihukum mati.

Coba jelaskan siapakah Pieterszoon Coen serta sebutkan perannya bagi Jakarta?

1. Jan Pieterszoon Coen adalah Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang keempat dan keenam. Pada masa jabatan pertama ia memerintah pada tahun 1619 – 1623 dan untuk masa jabatan yang kedua berlangsung pada tahun 1627 – 1629.

Apa yang dilakukan Jan Pieterszoon Coen di Indonesia?

Peranan Jan Pieterzoon Coen dalam upaya memperkuat VOC di Jayakarta dalam bidang politik yakni memperbaiki semua kinerja dan taktik Gubernur VOC dalam memperluas kekuasaan dan berusaha memonopoli perdagangan rempah-rempah di Indonesia.

Kapan JP Coen meninggal?

Jan Pieterszoon Coen dapat dikatakan sebagai peletak dasar penjajahan VOC di indonesia karena Coen adalah orang yang merebut Jayakarta dari Banten dan mendirikan Batavia, menindak tegas perlawanan terhadap monopoli VOC dan menghalau Sultan Agung dari Mataram yang hendak menaklukkan Batavia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Mengapa Rakyat Medan Melakukan Aksi Melawan Sekutu Dan Nica?

Penyebab rakyat medan melakukan perlawanan dengan pasukan Sekutu adalah ketika Sekutu memasang papan-papan yang bertuliskan Fixed Boundaries Medan Area di berbagai sudut pinggiran kota Medan pada 1 Desember 1945. Para pemuda dan TKR mengepung Kota Medan hingga terjadi Pertempuran Medan Area. Contents1 Apa yang menyebabkan rakyat Medan marah terhadap Sekutu dan NICA brainly?2 Apa yang […]

Pelabuhan Yang Ada Di Medan?

Pelabuhan Belawan adalah pelabuhan yang terletak di kota Medan, Indonesia. Terletak di pantai timur atas Sumatera, Belawan merupakan salah satu pelabuhan tersibuk yang ada di luar Pulau Jawa. Salah satu alasannya adalah pangkalan ini sangat dekat dengan pelabuhan di Penang, Malaysia. BELAWAN, MEDAN Pelabuhan Belawan adalah pelabuhan laut di kota Medan, Indonesia. Berada di pesisir […]

Adblock
detector