Sering ditanyakan: Mengapa Jakarta Menjadi Daerah Khusus?

Robert mengatakan, selama ini Jakarta menjadi daerah khusus karena sebagai ibu kota negara. Kemudian Jakarta menjadi daerah khusus dengan alasan teknis administratif untuk efisiensi pengeluaran pemerintah. Jakarta sebagai provinsi menjadi representasi pemerintah pusat di daerah dengan daerah otonomi tunggal.

Kenapa DKI Jakarta dan Papua disebut daerah khusus?

– Jakarta menjadi daerah khusus karena jakarta merupakan ibu kota Negara Kesatuan Indonesia. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), adalah daerah provinsi yang mempunyai keistimewaan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apa kekhususan dari DKI Jakarta?

Beberapa hal yang diperoleh oleh Jakarta sebagai kekhususannya antara lain: DKI Jakarta memiliki kedudukan sebagai Ibu Kota Negara Indonesia. Jakarta dipimpin oleh seorang Gubernur yang memiliki hak protokoler. Gubernur juga mendapatkan hak dalam hal mendampingi Presiden ketika ada acara kenegaraan.

Mengapa Daerah Istimewa Yogyakarta dikelompokkan ke dalam daerah dengan otonomi khusus?

DI Yogyakarta menjadi daerah istimewa karena statusnya sebagai kesultanan dan sejarahnya sebagai pendukung kemerdekaan Indonesia. DI Aceh menjadi otonomi daerah khusus karena pemberlakukan syariat Islam dan sebagai hasil perjanjian damai Helsinki.

You might be interested:  Jakarta Ke Bandung Naik Apa?

Mengapa DKI Jakarta mendapatkan otonomi khusus?

e. Satu tambahan dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang mendapatkan kekhususan dikarenakan dalam hal fungsional yakni: melihat daerah DKI Jakarta mendapatkan pengakuan khusus dikarenakan DKI Jakarta ini dalam kedudukannya sebagai Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sebagai daerah otonom yang memiliki

Kenapa daerah Papua termasuk daerah khusus?

Pemberian Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua dimaksudkan untuk mewujudkan keadilan, penegakan supremasi hukum, penghormatan terhadap HAM, percepatan pembangunan ekonomi, peningkatan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Papua, dalam rangka kesetaraan dan keseimbangan dengan kemajuan provinsi lain.

Apa yang dimaksud daerah khusus dan daerah istimewa?

1. Daerah dengan status Istimewa adalah daerah otonom yang memiliki kesatuan pemerintahan yang asli yang telah ada dan melekat bersama masyarakat daerah sejak dahulu. 2. Daerah dengan ststus Khusus adalah daerah otonom yang membutuhkan keadaan khusus untuk sebuah —kepentingan“ yang mendesak.

Apa arti dari DKI Jakarta?

Jakarta (pengucapan bahasa Indonesia: [dʒaˈkarta] ( simak)), atau secara resmi bernama Daerah Khusus Ibukota Jakarta (disingkat DKI Jakarta ) adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia.

Apakah DKI Jakarta termasuk daerah otonom?

Pasal 4 Provinsi DKI Jakarta adalah daerah khusus yang berfungsi sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sekaligus sebagai daerah otonom pada tingkat provinsi.

Menurut UU No 13 Tahun 2012 Keistimewaan DIY meliputi apa saja?

UU 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kewenangan istimewa meliputi tata cara pengisian jabatan, kedudukan, tugas, dan wewenang Gubernur dan Wakil Gubernur, kelembagaan Pemerintah Daerah DIY, kebudayaan, pertanahan, dan tata ruang.

Provinsi mana sajakah yang merupakan daerah istimewa?

Mengenal Lima Daerah Khusus dan Istimewa Di Indonesia

  • Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.
  • Daerah Istimewa (DI) Nanggroe Aceh Darussalam.
  • Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta.
You might be interested:  Jawaban Cepat: Bioskop Yang Sudah Buka Di Jakarta?

Mengapa Provinsi Papua disebut sebagai daerah otonomi khusus?

Pemberian Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua dimaksudkan untuk mewujudkan keadilan, penegakan supremasi hukum, penghormatan terhadap HAM, percepatan pembangunan ekonomi, peningkatan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Papua, dalam rangka kesetaraan dan keseimbangan dengan kemajuan provinsi lain.

Mengapa Yogyakarta dan Surakarta disebut sebagai daerah istimewa?

Yogyakarta disebut sebagai daerah istimewa karena hingga kini masih berbentuk kerajaan. Tepatnya sejak tanggal 15 Agustus 1950, Undang-Undang Republik Indonesia mengukuhkan bahwa Yogyakarta merupakan daerah istimewa yang setara dengan provinsi.

Kenapa harus ada otonomi khusus?

Otonomi khusus ditawarkan melebihi otonomi daerah biasa, karena otonomi ini diberikan kepada daerah ‘tertentu’ yang berarti daerah tersebut mempunyai kelompok gerakan kemerdekaan yang ingin memisahkan dirinya (daerahnya) dari wilayah NKRI.

Apa yg dimaksud dengan otonomi khusus?

Lantas, apa itu Otonomi Khusus? Otonomi Khusus adalah kewenangan khusus yang diakui dan diberikan kepada Provinsi Papua untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi dan hak-hak dasar masyarakat Papua.

Mengapa Aceh termasuk daerah otonomi khusus?

Secara terpisah, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan undang-undang otonomi khusus untuk Aceh dan Papua Barat. Tujuannya adalah meredam gerakan kemerdekaan yang menginginkan pemisahan menyeluruh dari Indonesia dengan memberikan daerah otoritas yang lebih besar untuk mengatur pemerintahan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

How To Get To Maldives From Jakarta?

Contents1 How do you get from Indonesia to Maldives?2 What cities fly direct to Maldives?3 Can you fly direct to Maldives?4 Where do you fly into to get to the Maldives?5 Can Indonesian go to Maldives now?6 Does Indonesian need visa to Maldives?7 Is it expensive in Maldives?8 How many days in Maldives is enough?9 […]

Sering ditanyakan: Kelas Karyawan Yang Bagus Di Jakarta?

Berikut merupakan 11 Perguruan Tinggi Negeri Swasta dengan kelas karyawan terbaik di Jakarta. Universitas Gunadarma. Universitas Trisakti. Universitas Mercu Buana. 4. Universitas Bina Nusantara (Binus) Universitas Indraprasta (Unindra) 6. Universitas Nasional (Unas) 7. Universitas Jayabaya. Universitas Pancasila. • Contents1 Kelas karyawan ada jurusan apa saja?2 Kuliah kelas karyawan dimana saja?3 Apakah di UIN ada kelas […]