Nama Pahlawan Yang Dijadikan Nama Jalan Di Jakarta?

Selain Rasuna Said setidaknya ada lima pahlawan wanita Indonesia Indonesia yang namanya diabadikan menjadi nama jalanjalan di Indonesia, yakni Laksamana Malahayati, Nyi Ageng Serang, Ratu Zaleha, Opu Daeng Resadju, dan Marta Chiristina Tiahahu.

Mengapa nama nama pahlawan dijadikan nama jalan atau suatu bangunan?

Nama tokoh atau pahlawan nasional yang diabadikan sebagai nama jalan sering kita jumpai di sejumlah kota di Indonesia. Cara ini merupakan sebagai bentuk penghargaan karena sudah berjasa untuk memerdekakan dan mengharumkan negeri ini.

Sering Dijadikan nama jalan Besar siapa?

Selain Jenderal Ahmad Yani, pahlawan lain yang namanya paling sering muncul sebagai nama jalan di Indonesia ialah Jenderal Sudirman, Pangeran Diponegoro, Jenderal Gatot Subroto, Tuanku Imam Bonjol, dan Raden Ajeng Kartini. 6 Pahlawan Ini Sering Kita Temui Jadi Nama Jalan di Indonesia, di

Siapa pahlawan yang menjadi nama jalan di Tangerang?

Penutup. Nama Daan Mogot diabadikan sebagai nama jalan yang menghubungkan Grogol dan Cengkareng di Jakarta Barat dengan kota Tangerang. Sementara, di tempat pertempuran Lengkong tersebut, dibangun monumen peringatan. Kisah Pertempuran Lengkong dijadikan dasar penulisan skenario film Merah Putih (2009).

You might be interested:  Kapan Bioskop Malang Kembali Buka?

Siapakah Pahlawan Nasional dari Majalengka yang namanya diabadikan sebagai nama jalan protokol di Majalengka?

Atas jasa-jasanya, Abdul Halim dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Pemerintah RI. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor: 041/TK/Tahun 2008 tanggal 6 November 2008. Namanya juga diabadikan menjadi nama jalan protokol di Majalengka.

Kenapa Jendral Sudirman dijadikan nama jalan?

Jalan Jenderal Sudirman adalah jalan yang mengambil namanya dari nama pahlawan Indonesia yang merupakan Panglima besar TNI yang pertama. Ada lima kota yang memiliki jalan dengan nama Panglima pertama TNI ini yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, dan Surabaya.

Siapa nama nama pahlawan?

Untuk itu, yuk simak daftar pahlawan Indonesia perintis kemerdekaan berikut ini!

  1. Jenderal Soedirman. Sumber gambar: pedomanbengkulu.
  2. Hasyim Asyari. Sumber gambar: intisarionline.
  3. Pangeran Diponegoro. Sumber gambar: wartamuslimin.
  4. Ki Hadjar Dewantara. Sumber gambar: wikimedia.
  5. Bung Tomo.
  6. Sutan Sjahrir.
  7. R.A.
  8. Kapitan Pattimura.

Siapa saja 7 Pahlawan Revolusi?

Pangkat Terakhir 7 Pahlawan Revolusi, Panglima AD hingga Ajudan Jenderal Besar

  • Letjen TNI Ahmad Yani. Menteri/Panglima Angkatan Darat/Kepala Staf Komando Operasi Tertinggi.
  • Mayjen TNI Raden Suprapto.
  • Mayjen TNI Mas Tirtodarmo.
  • Mayjen TNI Siswondo Parman.
  • Brigjen Donald Isaac Panjaitan.
  • Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo.

Siapa saja yang disebut tokoh pahlawan revolusi?

Daftar Pahlawan Revolusi

  • Jenderal TNI Ahmad Yani.
  • Mayor Jenderal Siwondo Parman.
  • 3. Brigjen TNI Donald Isaac Pandjaitan.
  • Mayjen M.T Haryono.
  • Mayjen R. Suprapto.
  • 6. Mayjen TNI Sutoyo Siswomiharjo.
  • 7. Kapten Czi.

Siapa saja yang boleh mengajukan penamaan jalan?

Dalam artikel tersebut, Maulizar, Kabag Litbang Hukum dan Kerjasama Pemprov DKI Jakarta, mengatakan bahwa penabalan nama seseorang menjadi nama jalan bisa atas usulan perseorangan, kelompok organisasi, atau inisiatif Pemda sendiri. Yang pasti, permohonan itu diajukan secara tertulis ditujukan kepada Gubernur.

You might be interested:  Sinar Yang Dapat Dibelokkan Medan Magnet Dan Medan Listrik Adalah?

Mayor Daan Mogot gugur dalam upaya mempertahankan kemerdekaan di daerah tangerang dimana peristiwa tersebut dikenal dengan nama?

TANGERANG, KOMPAS.com – Suasana senyap melingkupi Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Jalan Daan Mogot, Tangerang. Di situ berjajar makam para pejuang yang gugur dalam pertempuran di Lengkong, Tangerang, pada 25 Januari 1946.

Dari mana Daan Mogot Berasal?

Daan Mogot berasal dari nama seorang pahlawan kemerdekaan yang berjuang di Tangerang. Jasa terbesar Daan Mogot yang selalu diingat adalah karena mendirikan Akademi Militer di Tangerang. Ia meninggal di Tangerang Selatan pada 25 Januari 1946 dalam pertempuran bersejarah Lengkong.

Siapakah pendiri PUI yang berpusat di Majalengka?

Abdul Halim atau K.H. Abdul Halim, lebih dikenal dengan nama K.H. Abdul Halim Majalengka lahir di Desa Ciborelang, Jatiwangi, Majalengka, Kecamatan Jatiwangi, Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, 26 Juni 1887 – meninggal di Majalengka, 7 Mei 1962 pada umur 74 tahun.

Setelah pulang dari Mekkah KHA Halim mendirikan sebuah tempat mengajar yang dinamakan?

Setelah tiga tahun belajar di Mekkah, Abdul Halim kembali ke Indonesia untuk mengajar. Pada tahun 1911, ia mendirikan lembaga pendidikan Majelis Ilmi di Majalengka untuk mendidik santri-santri di daerah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Mengapa Rakyat Medan Melakukan Aksi Melawan Sekutu Dan Nica?

Penyebab rakyat medan melakukan perlawanan dengan pasukan Sekutu adalah ketika Sekutu memasang papan-papan yang bertuliskan Fixed Boundaries Medan Area di berbagai sudut pinggiran kota Medan pada 1 Desember 1945. Para pemuda dan TKR mengepung Kota Medan hingga terjadi Pertempuran Medan Area. Contents1 Apa yang menyebabkan rakyat Medan marah terhadap Sekutu dan NICA brainly?2 Apa yang […]

Pelabuhan Yang Ada Di Medan?

Pelabuhan Belawan adalah pelabuhan yang terletak di kota Medan, Indonesia. Terletak di pantai timur atas Sumatera, Belawan merupakan salah satu pelabuhan tersibuk yang ada di luar Pulau Jawa. Salah satu alasannya adalah pangkalan ini sangat dekat dengan pelabuhan di Penang, Malaysia. BELAWAN, MEDAN Pelabuhan Belawan adalah pelabuhan laut di kota Medan, Indonesia. Berada di pesisir […]

Adblock
detector