Jawaban Cepat: Mengapa Tanaman Khas Jakarta Harus Dilindungi?

Karena hampir punah dan akan panas jika susah tidak ada tanaman.

Mengapa tanaman khas Jakarta semakin langka keberadaannya?

Penyebab kepunahannya, biasanya dari alih fungsi lahan, eksploitasi ahan, hingga pencemaran. Hal ini pula yang terjadi pada pohon kecapi di Jakarta. Namun, semakin sempitnya pekarangan yang ada di Jakarta membuat tanaman ini sudah tidak banyak ditanam lagi, akhirnya kelangkaan pun terjadi.

Buah kecapi dimanfaatkan biasanya sebagai apa oleh masyarakat Jakarta?

Buah kecapi biasa dikonsumsi segar dan di beberapa daerah dijadikan sebagai selai, manisan dan sirup. Bagian kulit buah kecapi yang berdaging tebal juga dapat dikonsumsi dalam keadaan segar atau dimasak terlebih dahulu dan dijadikan manisan (Wihermanto, 2011).

Apa saja tanaman khas Jakarta?

Tanaman & Buah Betawi Yang Kian Langka

  • Buah Buni. Buah Buni memiliki ciri khas yaitu buahnya berada dalam satu tandan dan hampir mirip dengan cranberry.
  • 2. Buah Jamblang.
  • 3. Buah Jambu Bol.
  • 4. Buah Kecapi.
  • Buah Bisbul.
  • 6. Gohok.
  • 7. Rukem.
  • Menteng.

Dari mana buah kecapi?

Kecapi adalah buah eksotis yang tumbuh subur di Asia Tenggara dan beberapa wilayah di Amerika Selatan. Bentuknya bulat seukuran apel, dengan daging berwarna putih yang sekilas mirip dengan manggis. Ada dua jenis buah kecapi, yakni kecapi merah dan kuning.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Penulisan Kota Jakarta Yang Benar?

Mengapa sekarang buah kecapi langka?

“ Kecapi sekarang sudah susah karena kebon-kebon sudah jarang dan dijadiin rumah. Kayunya juga ditebang,” kata Abidin. Buah kecapi sekilas seperti manggis, yang terdiri dari beberapa buah berwarna putih. Kulit buahnya berwarna kuning.

Apa bahasa Indonesianya buah sentul?

Merr. Kecapi, sentul atau ketuat adalah nama sejenis buah dan juga pohon penghasilnya. Nama-nama lainnya adalah kechapi (Mal.), sentol, santol atau wild mangosteen (Ingg.), santor (Fil.) dan lain-lain.

Apa tanaman khas Betawi?

Jenis tanaman langka yang ditanam di antaranya jenis kecapi, nam-nam, cempedak, manggis, jamblang, pete, jengkol, buni, mundu, srikaya, sukun dan bacang. “Selain itu ada juga gohok, duku condet, menteng dan jambu mede,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Apakah Salak Condet termasuk tanaman khas Jakarta?

Salak Condet adalah flora khas yang jadi simbol Jakarta. Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, membagikan bibitnya kepada warga dan memberi tahu bagaimana membudidayakannya.

Apa flora dan fauna identitas DKI Jakarta?

Sebagai flora atau tumbuhan identitas, provinsi DKI Jakarta memilih Salak Condet (Salacca edulis cognita) dan Elang Bondol (Haliastur indus) sebagai Flora dan Fauna Identitas Provinsi DKI Jakarta.

Nama lain buah kecapi apa?

Pohon buah kecapi besar dengan daun yang rimbun. Ketinggian pohonnya dapat mencapai sekitar 30 m, meskipun umumnya di pekarangan hanya mencapai sekitar 20-an meter. Batangnya dapat mencapai diameter 90 cm, bergetah seperti susu.

Bagaimana bentuk buah kecapi?

Bentuk buah bulat agak gepeng, diameter 5-6 cm, berwarna hijau kekuningan atau kemerahan jika masak, berbulu halus seperti beludru. Daging buah bagian luar tebal dan keras menyatu dengan kulit, kemerahan, agak masam, daging buah bagian dalam lunak dan berair, melekat pada biji, berwarna putih, rasa masam sampai manis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

FAQ: Hotel Di Jakarta Yang Aman Buat Ml?

Contents1 Apakah di hotel bintang 3 ada razia?2 Apakah di Oyo boleh membawa pasangan?3 Apakah bisa membawa pasangan ke hotel?4 Apakah RedDoorz aman untuk pasangan belum menikah?5 Hotel Syariah itu apa?6 Berapa uang deposit hotel?7 Apa persyaratan menginap di Oyo?8 Apakah menginap di Oyo harus pakai KTP?9 Bagaimana cara check in Oyo?10 Apa syarat masuk […]

FAQ: Which Province Is Jakarta In?

Jakarta was officially a city within West Java until 1960, when its official status was changed to a province with special capital region distinction. As a province, its government consists of five administrative cities and one administrative regency. Jakarta Demonym(s) Jakartans Demographics 46  Contents1 What state is Jakarta located in?2 Does Indonesia have provinces?3 How […]