Buah Yang Dijadikan Maskot Dki Jakarta Adalah?

Memang saat ini keberadaannya sudah jarang ditemui di Jakarta karena sudah banyak lahan di Ibu Kota didirikan bangunan yang megah. Salak Condet atau Salacca edulis Cognita adalah salah satu jenis buah yang sangat terkenal dari Jakarta pada era 1970-an.

Buah apa yang dijadikan maskot DKI Jakarta?

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu maskot DKI Jakarta, salak condet, kini semakin langka. Buah dengan nama latin Salacca edulis Cognita itu sudah tidak bisa ditemukan di pasar-pasar Jakarta. Hal ini diungkapkan pendiri Wisata Kreatif Jakarta, Ira Lathief, saat dihubungi, Kamis (5/11/2020).

Apa maskot DKI Jakarta?

JAKARTA, iNews.id – Gubernur Wiyogo Atmodarminto meneken Keputusan Gubernur Nomor 1796 Tahun 1989 tentang penetapan maskot DKI Jakarta. Elang Bondol dan Salak Condet dipilih sebagai maskot Ibu Kota sampai sekarang.

Mengapa elang bondol menjadi maskot DKI Jakarta?

Keberadaanya yang langka mendasari Pemprov DKI Jakarta kala itu untuk menjadikan salak condet dan elang bondol sebagai maskot Ibu Kota. Tujuannya adalah agar masyarakat mengenal dan melestarikan flora dan fauna tersebut.

Mengapa salak Condet memiliki nama belakang Condet?

Buah itu sendiri memiliki nama belakang condet karena banyak tumbuh dan tersebar di kawasan Condet. Tepatnya di sekitar Kelurahan Balekambang, Kelurahan Batu Ampar, dan Kelurahan Gedong Jakarta Timur. Kondisi salak condet sangat memprihatinkan dan terancam punah. Tidak jelas berapa sisa dari salak condet tersebut.

You might be interested:  Pertanyaan: Tuliskan Rumusan Dasar Negara Yang Tercantum Dalam Piagam Jakarta?

Apa nama buah yang dijadikan nama kecamatan di Jakarta Pusat?

Buah Menteng Menteng adalah nama salah satu kecamatan yang ada di wilayah Jakarta Pusat. Ternyata, nama menteng ini berasal dari nama buah, lo. Lalu mengapa wilayah Menteng diberi nama sama dengan buah menteng? Hal ini ternyata disebabkan karena dulunya di daerah ini ditumbuhi pohon buah menteng.

Maskot itu apa ya?

Maskot adalah bentuk atau benda yang dapat berbentuk seseorang, binatang, atau objek lainnya yang dianggap dapat membawa keberuntungan dan untuk menyemarakkan suasana acara yang diadakan. Setiap maskot yang dibuat akan diberikan nama panggilan yang sesuai dengan karakter dari maskot itu sendiri.

Apa flora dan fauna identitas DKI Jakarta?

Sebagai flora atau tumbuhan identitas, provinsi DKI Jakarta memilih Salak Condet (Salacca edulis cognita) dan Elang Bondol (Haliastur indus) sebagai Flora dan Fauna Identitas Provinsi DKI Jakarta.

Maskot Jakarta ada dimana?

Beruntungnya, masih ada lahan yang menjadi lokasi pelestarian maskot buah kota Jakarta itu, yaitu Cagar Buah Condet. Di sana, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengelola lahan untuk budidaya salak dan duku Condet.

Elang bondol makan apa?

Elang bondol lebih mirip burung pemakan bangkai dibanding burung pemangsa, namun burung ini memangsa buruan kecil seperti ikan, kepiting, kerang, katak, pengerat, reptil, dan bahkan serangga.

Apakah burung elang bondol dilindungi?

Burung – burung tersebut belum diketahui secara pasti, sudah berapa lama terkurung di sangkar. Berdasarkan Peraturan Menteri LHK Nomor: P. 106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/20218 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi, julang emas, elang hitam, elang bondol, dan elang brontok merupakan jenis satwa liar dilindungi negara.

Elang bondol terdapat di pulau apa?

Di Indonesia, penyebarannya ada di Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Papua. Sedangkan di Indonesia dan India, dapat ditemukan di daerah pedalaman. Di Kalimantan sendiri, elang bondol dapat di temui di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Keberadaan elang bondol disana melimpah.

You might be interested:  Tanya pembaca: Psikiater Yang Bagus Di Jakarta?

Apa yang dimaksud dengan salak Condet?

JAKARTA, KOMPAS.com – Salak condet, bersama elang bondol ialah maskot Jakarta. Ali Sadikin lewat Keputusan Gubernur Nomor 1796 Tahun 1989, menetapkan keduanya sebagai maskot Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta. Patung elang bondol mencengkeram salak condet banyak dijumpai di beberapa sudut Ibu Kota.

Apa manfaat pohon salak?

Tak hanya enak, ini 10 manfaat buah salak untuk kesehatan

  1. Kesehatan mata. Manfaat salak rupanya cukup baik untuk kesehatan mata.
  2. Kesehatan pencernaan.
  3. Penguat daya ingat.
  4. Mengontrol kadar gula darah.
  5. Kesehatan kardiovaskular.
  6. Menjaga stamina.
  7. Mengurangi rabun jauh.
  8. Kaya nutrisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Mengapa Rakyat Medan Melakukan Aksi Melawan Sekutu Dan Nica?

Penyebab rakyat medan melakukan perlawanan dengan pasukan Sekutu adalah ketika Sekutu memasang papan-papan yang bertuliskan Fixed Boundaries Medan Area di berbagai sudut pinggiran kota Medan pada 1 Desember 1945. Para pemuda dan TKR mengepung Kota Medan hingga terjadi Pertempuran Medan Area. Contents1 Apa yang menyebabkan rakyat Medan marah terhadap Sekutu dan NICA brainly?2 Apa yang […]

Pelabuhan Yang Ada Di Medan?

Pelabuhan Belawan adalah pelabuhan yang terletak di kota Medan, Indonesia. Terletak di pantai timur atas Sumatera, Belawan merupakan salah satu pelabuhan tersibuk yang ada di luar Pulau Jawa. Salah satu alasannya adalah pangkalan ini sangat dekat dengan pelabuhan di Penang, Malaysia. BELAWAN, MEDAN Pelabuhan Belawan adalah pelabuhan laut di kota Medan, Indonesia. Berada di pesisir […]

Adblock
detector