Mengapa Presiden Soekarno Menentang Pembentukan Federasi Malaysia?

Presiden pertama Indonesia, Soekarno menganggap pembentukan Negara Federasi Malaysia atau Malaysia modern adalah proyek neokolonialisme Inggris. Dia merasa khawatir jika kawasan Semenanjung Malaya dan sekitarnya dijadikan pangkalan militer dunia Barat. Hal itu bisa mengganggu stabilitas Kawasan Asia Tenggara.

Mengapa pemerintah Indonesia pada saat itu menentang pembentukan Federasi Malaysia?

Pemerintah Indonesia pada saat itu menentang karena menurut Presiden Soekarno pembentukan Federasi Malaysia merupakan sebagian dari rencana Inggris untuk mengamankan kekuasaanya di Asia Tenggara. Pembentukan Federasi Malaysia dianggap sebagai proyek Neokolonialisme Inggris yang membahayakan revolusi Indonesia.

Bagaimana terjadinya demonstrasi besar-besaran menentang berdirinya Federasi Malaysia?

Demonstrasi besar-besaran menentang berdirinya Federasi Malaysia terjadi di Indonesia. Kedutaan besar Inggris dan sebanyak 21 rumah stafnya yang berada di Jakarta dibakar habis. Mobil-mobil dibakar, perkebunan-perkebunan Inggris di Jawa dan Sumatra disita dan kemudian pemerintah mengumumkan penyitaan atas semua milik Inggris di Indonesia.

Apakah Filipina dan Indonesia setuju untuk menerima pembentukan Federasi Malaysia?

Filipina dan Indonesia resminya setuju untuk menerima pembentukan Federasi Malaysia apabila mayoritas di daerah yang hendak dilakukan dekolonial memilihnya dalam sebuah referendum yang diorganisasi oleh PBB. Tetapi, pada 16 September, sebelum hasil dari pemilihan dilaporkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Mengapa Kamu Harus Mematuhi Tata Tertib?

Mematuhi tata tertib bertujuan agar kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi lebih rapi, nyaman dan tertib. Selain itu, dengan menaati tata tertib kita akan terhindar dari sanksi atau hukuman. Jawaban : Tata tertib dibuat memang untuk dipatuhi dengan tujuan menciptakan suatu keamanan dan kenyamanan. Dengan mematuhinya, kita turut menjaga kenyamanan dan keteraturan lingkungan. Contents1 Mengapa […]

Mengapa Manusia Perlu Menghemat Listrik?

Alasan Penting Mengapa Kita Harus Menghemat Energi Listrik 1. Lebih Menghemat Pengeluaran Biaya Seperti yang diketahui bahwa ketika Anda menggunakan energi secara teratur, maka akan membayar biaya listrik yang jauh lebih murah. 2. Kebaikan Untuk Masa Depan 3. Tidak Adanya Polusi 4. Listrik Merupakan Kebutuhan Manusia 5. Menghindari Kerusakan pada Atmosfer Semakin tinggi konsumsi daya […]

Adblock
detector