(0265) 7501294 contact@gvpangandaran.com

Dunia bagai bayangan di antara air yang mengalir sejuk, berjalan di antara langkah kaki seolah mengantarkan kita pada alam yang berbeda.

Pagi itu kaki ini melangkah menuju sebuah lokasi wisata, terlihat begitu ramainya destinasi yang satu ini CITUMANG salah satu lokasi wisata yang kini populer di Pangandaran di balik keindahan alamnya dengan salah satu Penginapan Kontainernya yang fenomenal lokasi ini memiliki sisi di balik cermin air yang begitu jernih.

Pertama kali kita akan melewati loket masuk, tiketnya cukup terjangkau terlihat dinding kiri dan kanan yang begitu exsotis dan menawan tour guide yang begitu ramah mengajak kita masuk dan menjelaskan beberapa rute yang kita lewati, pertama kita akan di ajak menuju ke dalam goa yang konon goa ini merupakan sumber mata air dan airnya ini di alirkan menuju PDAM di dua kecamatan yaitu Pangandaran dan Parigi dan airnya tidak pernah surut meski kemarau panjang sekalipun, airnya sungguh jernih hingga kita akan betah berada di sana, tersedia pula kini kolam kolam dengan ikan ikan kecil kita bisa terapi di sana, kaki kita akan terasa geli ketika ikan ikan kecil menggerumuti kaki kita dengan lahapnya memakan sel sel kukit mati di antara kulit kita.

Di rest area di depan goa kita akan di ajak pemanasan dulu agar otot otot tidak kram ppada saat berenang serta berdoa bersama, kita akan di suguhkan dengan tantangan melompat dari ketinggian 15 meter menaiki akar di samping kanan mulut goa, setelah melompat kita akan memasuki goa yang begitu gelap namun jangan khawatir tour guide akan seara tanggap menemani kalian memasuki goa sebari membawa penerangan dan hebatnya mereka dapat menjadi fotografer mendokumentasikan liburan di dalam goa sambil berenang menemani dan menjaga kita.

Setelah memasuki goa kita akan di ajak melompat dari air terjun setinggi 5 meter dari permukaan sungai serta bisa menyelam ke dalam air terjun, di balik air terjun tersebut terdapat goa yang begitu exsotis seolah kita berada di dunia yang berbeda di balik sebuah air terjun. Tidak hanya itu di samping kanan air terjun terdapat atraksi wisata di mana para wisatawan dapat melompat bergelayunan di sebuah tadi dan terjun ke sungai, sungguh menyenangkan.

Setelah puas bermain air kita akan lanjut untuk berenang dan paling seru kita membuat sebuah kereta manusia yang saling bergandengan satu sama lain melewati jeram jeram kecil sampai di air terjun yang kedua dengan ketinggian 3 meter, kita juga akan di ajak untuk melompat dan berenang menyusuri sungai. Di tengah perjalanan kita juga akan di ajak untuk melompat dari pohon dengan ketinggian 12 meter dari permukaan sungai hanya kalau sudah cape cukup melihat dan meneriaki teman kita yang melompat agar selin seru tentunya. Setelah cape melompat lompat dari pohon kita akan menyusuri sungai kembali sampai menuju bendungan air yang di buat pada jaman belanda, di situ kita akan membuat pola melingkar sambil bergandengan tangan sambil berteriak seruuu.

Rute terakhir kita akan di ajak menyusuri air BES, yaitu jalur perairan dari bendungan menuju perumahan warga sambil membuat kereta manusia. Setelah sampai di akhir jalur wisatawan dapat berbilas di kamar mandi dan toilet yang sudah di sediakan. Tour guide kita akan secara sigap menyediakan masakan kuliner khas yang begitu nikmat yaitu Nasi Liwet dengan Ayam ataupun Ikan bakar dengan sambal dan lalapan seru bukan.

Namun di balik cermin air yang begitu jernih di Citumang ada beberapa aturan adat yang tidak boleh di langgar di antaranya :

  1. Tidak Boleh Berenang pada saat Datang Bulan, kenapa tidak boleh konon Penghuni di bagian sungai setelah air terjun adalah bangsa dari Buaya Putih di mana bangsa tersebut tidak suka kalau airnya di kotori oleh orang yang sedang datang bulan karna mereka dalam keadaan tidak suci, dan alasan kedua larangan berenang bagi yang dengan datang bulan dikarnakan orang yang datang bulan bagi mereka wanginya seperti Nangka Asak ataupun Nangka Matang yang begitu manis sehingga menarik bangsa mereka untuk menggoda dan menikmati setiap darah yang menetes di sungai mereka yang pada akhirnya bilamana melanggar akan pulang dalam keadaan demam dan menggigil seperti sedang masuk angin.
  2. Minum minuman keras di lokasi, pada suatu hari ada seorang wisatawan meninggal pada saat mabuk setelah minum minuman keras di sungai citumang dan menjadi sebuah perbincangan hangat oleh karena itu kejadian ini di kait kaitkan dengan hal mistis hingga terdengan cerita bahwa penunggu sungai citumang tidak senang kalau tempatnya di kotori oleh orang orang yang mabuk mabukan dan berzina di sungai citumang hingga memakan korban “Barang Siapa yang mengotori sungaiku aku takan segan segan menenggelamkan mereka untuk menjadi sebuah pembelajaran agar manusia tidak seenaknya mengotori sungai citumang dengan minum minuman keras dan berzina dengan fikiran kotor mereka”.
  3. Berbicara kotor dan kasar, larang ketiga ini sudah sepatutnya kita sebagai orang timur untuk menjaga ucapan kita karena kita hidup berdampingan dengan dunia dan dimensi yang lain kita harus saling menghargai, tidak menantang ataupun berbicara kotor karna bilamana melanggar kita sendiri yang akan menganggung akibatnya.

Tiga larangan tersebut hanya sebuah MITOS, ataupun ada beberapa FAKTA yang terjadi semuanya atas kehendak yang maha kuasa, kita sebagai manusia dapat menikmati segalanya namun hargailah lingkungan sekitarmu bukan hanya bersenang senang karna hasrat dan nafsu namun karna keinginan untuk bertadzabur alam untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta dengan lebih mendekatkan diri pada ciptaannya yaitu Indahnya Alam Citumang yang di ciptakan oleh tuhan seraya tersenyum.

Selamat Berwisata dan Berakhir Pekan.

Leave a Reply

Pangandaran Golden Visage

Official Site of Tourism Information, Trip, Travel, Tour and Journey based in Pangandaran Regency, West Java – Indonesia, Managed by Iwa Purwana Suganda (LWG) HPI and Team – experts from Indonesia Tours and Adventures who have worked in the Indonesian tourism industry for years and have an excellent track record in serving travelers from all over the world.

Profil Pariwisata Daerah Kabupaten Pangandaran
24 Maret 2021
Harga Tiket Masuk Pangandaran Terbaru 2021
24 Maret 2021
Goa Jepang Pangandaran
22 Maret 2021
Mau Investasi di Pangandaran ?
22 Maret 2021
Understanding and Difference Trip, Travel, Tour and Journey
19 Maret 2021


Ada Pertanyaan?

Jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami sangat senang untuk bisa berbicara dengan Anda.

+6282231516599

contact@gvpangandaran.com