(0265) 7501294 contact@gvpangandaran.com

Jika menyebut objek wisata di Pangandaran, mungkin sebagian dari Anda lebih familiar dengan objek wisata pantai maupun air terjunnya. Padahal, wilayah yang merupakan pemekaran Kabupaten Ciamis ini punya segudang wisata alam menarik lainnya yang tidak kalah menakjubkan, salah satunya Wonderhill Jojogan, sebuah ekowisata anyar yang patut untuk Anda kunjungi.

Jojogan Waterfall
Jojogan Waterfall

Lokasi Wonderhill Jojogan

Objek wisata yang sering disebut sebagai ‘surga kecil di Pangandaran’ tersebut berlokasi di Dusun Gunung Tiga, Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Wonderhill Jojogan berjarak kurang lebih 24 km dengan waktu tempuh 45 menit berkendara dari pusat kota Pangandaran. Ada dua alternatif untuk menuju tempat wisata ini, di antaranya :

  • Menggunakan kendaraan umum. Jika Anda berangkat dari arah Jabodetabek dan Bandung, Anda dapat menggunakan bus medium jurusan Cijulang/Cigugur dan turun di Cibenda, tepatnya di pertigaan Panyingkiran, dan dilanjutkan dengan ojek. Sementara, jika menggunakan kereta api, naik KA jurusan Jakarta-Yogyakarta dan turun di Stasiun Banjar, dilanjutkan menumpang bus medium ke Cijulang/Cigugur dan turun di Cibenda, tepatnya di pertigaan Panyingkiran, dan dilanjutkan dengan ojek.
  • Menggunakan kendaraan pribadi. Dari arah Pangandaran, cukup berkendara ke arah barat (Batu Hiu, Green Canyon, Batukaras, atau Citumang) hingga bertemu Desa Cibenda, lalu belok kanan di pertigaan Panyingkiran. Kemudian, lurus saja sampai bertemu pertigaan, dan belok kiri menuju Dusun Sukamanah. Di tempat ini, Anda akan melihat sebuah plang menuju Jojogan dan cukup mengikuti petunjuk tersebut.

Objek wisata ini sendiri berada di ketinggian sekitar ±1.000 meter dari permukaan laut. Pengunjung Wonderhill Jojogan bisa menikmati pemandangan alam pegunungan dan panorama laut Pangandaran atau Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah, sekaligus di tempat tersebut. Selain cocok sebagai tempat refreshing, Wonderhill Jojogan juga sangat tepat bagi mereka yang ingin mengadakan penelitian, terutama di bidang Ilmu Biologi, karena adanya taman bunga yang dilestarikan pemerintah setempat.

Mojang and Jajaka In Jojogan Destinations
Mojang and Jajaka In Jojogan Destinations

Panorama dan Kegiatan di Wonderhill Jojogan

Objek wisata Wonderhill Jojogan Jojogan menyuguhkan pemandangan lautan dari atas pegunungan. Bukan hanya itu, wisata ini juga memiliki alam yang masih perawan serta menawarkan berbagai kerajinan lokal dan kuliner yang bisa dijadikan buah tangan pengujung,” ujar Abdul, salah seorang pengelola tempat wisata ini. “Wisata Wonderhill Jojogan Jojogan merupakan kesatuan dari berbagai destinasi yang ada. Kami lengkapi pula supaya para pengunjung bisa menikmati arung jeram maupun body rafting. Tentunya para pengunjung yang datang ke sini didampingi para pemandu.”

Di tempat ini, para wisatawan dapat menikmati keindahan dan kesegaran Air Terjun Jojogan. Di samping itu, juga berkesempatan berkunjung ke Taman Farikota, yaitu seluruh taman yang berada di lokasi wisata Wonderhill Jojogan. Sementara, Farikota Heaven Side adalah sisi surga Taman Farikota yang menjadi spot cantik untuk mengambil foto dari taman yang tertinggi.

Selain bisa menikmati panorama alam yang menakjubkan, seperti sunset atau matahari tenggelam, para wisatawan juga dapat mencicipi berbagai wahana permainan yang seru dan menantang. Berikut beberapa wahana permainan yang bisa dicoba pengunjung dan dijamin mampu memompa adrenalin hingga titik tertinggi.

  • River Tubing. Ini adalah sebuah wisata air sungai dengan menggunakan ban untuk menyusuri sungai dalam perjalanan kurang lebih 15 menit untuk sekali jalan, melewati perbukitan Batu Bodas dan lembah yang masih asri. Total waktu yang diperlukan untuk wisata ini kurang lebih 2-3 jam, tergantung dari jumlah loncatan di akhir trek.
  • Body Rafting Jojogan. Ini adalah kegiatan olahraga mengarungi sungai dengan membiarkan badan terapung mengikuti arus sungai tanpa menggunakan raft atau perahu. Body Rafting Jojogan yang memiliki trek bervariasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu berjalan kaki menuju tempat start atau menggunakan Jeep off-road.
  • Jeep Off-road. Ini adalah menumpang kendaraan Jeep untuk melewati medan off-road yang terjal dan penuh tantangan, serta dihibur dengan panorama alam yang memanjakan mata.
  • Camping Ground. Jika wisatawan ingin menikmati keindahan malam dan alam di Wonderhill Jojogan yang ‘sebenarnya’, bisa mencoba berkemah di tempat ini.

Harga Tiket Masuk dan Paket Wisata

Untuk bisa berkunjung ke Wonderhill Jojogan, seperti objek wisata pada umumnya, para pengunjung dikenakan tiket masuk. Harga tiket masuk untuk pengunjung dengan kendaraan roda dua atau sepeda motor adalah sebesar Rp15.000, sedangkan tiket masuk untuk kendaraan roda empat atau mobil adalah Rp40.000. Harga tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir dan asuransi.

Sementara, jika ingin menikmati fasilitas lain, seperti River Tubing, Body Rafting, atau Jeep Off-road, wisatawan perlu membayar sejumlah biaya lagi. Berikut harga paket wisata di Wonderhill Jojogan, Pangandaran.

Paket Wisata Harga (Rp) Fasilitas
River Tubing 150.000 (10 orang) Tiket masuk, parkir, guide, transportasi Jeep, ban pelampung, jaket pelampung, makan siang dengan menu Nasi Liwet, kelapa muda
140.000 (20 orang)
Body Rafting 100.000 per orang Tiket masuk, peralatan body rafting, rompi pelampung, ban, senter di kepala (opsional), helm (opsional), dry bag, makan siang menu Nasi Liwet
Jeep Off-road 65.000 per orang (minimal 20 orang) Tiket masuk, asuransi, Jeep off-road, makan siang menu Nasi Liwet, rute keliling ke Air Terjun Jojogan, Taman Farikota, dan Farikota Heaven

Tempat wisata Wonderhill Jojogan sendiri beroperasi setiap hari untuk umum mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut mengenai objek wisata ini maupun reservasi, Anda bisa menghubungi nomor telepon (0265) 7501294/082231516599 atau e-mail ke contact@gvpangandaran.com.




Leave a Reply

Pangandaran Golden Visage

Official Site of Tourism Information, Trip, Travel, Tour and Journey based in Pangandaran Regency, West Java – Indonesia, Managed by Iwa Purwana Suganda (LWG) HPI and Team – experts from Indonesia Tours and Adventures who have worked in the Indonesian tourism industry for years and have an excellent track record in serving travelers from all over the world.

Profil Pariwisata Daerah Kabupaten Pangandaran
24 Maret 2021
Harga Tiket Masuk Pangandaran Terbaru 2021
24 Maret 2021
Goa Jepang Pangandaran
22 Maret 2021
Mau Investasi di Pangandaran ?
22 Maret 2021
Understanding and Difference Trip, Travel, Tour and Journey
19 Maret 2021


Ada Pertanyaan?

Jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami sangat senang untuk bisa berbicara dengan Anda.

+6282231516599

contact@gvpangandaran.com